x

Kisah Gael Kakuta, Jadi Wonderkid Gagal Chelsea Sampai Berkelana ke Negeri Cina

Jumat, 7 Oktober 2022 21:55 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Raksasa Liga Inggris, Chelsea, punya satu pemain yang sempat disebut sebagai wonderkid terbaik dunia, Gael Kakuta, yang kariernya kini mandek di Prancis.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris, Chelsea, punya satu pemain yang sempat disebut sebagai wonderkid terbaik dunia, Gael Kakuta yang kariernya kini mandek di Prancis.

Mantan pemain Chelsea, Gael Kakuta belakangan kembali jadi pembicaraan karena baru saja hengkang ke klub lain dan menjadi transfernya yang ke-15 selama kariernya.

Baca Juga

Gael Kakuta, yang kini berusia 31 tahun hengkang ke tim Divisi II Prancis, Amiens, untuk ketiga kalinya dalam karier bermain sepak bola.

Kakuta hengkang dari tim Ligue 1 Prancis, Lens dengan status bebas transfer beberapa waktu lalu, meskipun mantan timnya kini moncer di Divisi teratas.

Sebelumnya, Gael Kakuta sempat menjadi sensasi di Chelsea ketika didatangkan sebagai pemain akademi pada 2007.

Baca Juga

Dilansir dari Daily Star, kepindahan Kakuta ke Chelsea  kala itu menjadi sensasi karena sang pemain kemudian disanksi empat bulan dan denda sebesar 685 ribu pound karena aturan FIFA.

Aturan ini mengklaim bahwa Kakuta melanggar kontrak bersama Lens untuk bergabung ke The Blues yang kala itu dilatih oleh Jose Mourinho.

Sebagai dampaknya, Chelsea kemudian tak boleh mendatangkan pemain hingga Januari 2011 dan klub kemudian harus membayar denda sebesar 130 ribu pound.

Baca Juga

Sebelumnya, Chelsea sempat mengajukan banding ke pengadilan arbitrase olahraga pada Februari 2010 dan sanksi tersebut akhirnya diringankan.

Tak turun di lapangan, Kakuta kemudian lambat berkembang di akademi, meskipun lambat laun sang pemain mampu beradaptasi dengan baik dan menjadi pemain junior terbaik pada musim debutnya.


1. Gael Kakuta, Benderang di Usia Muda, Hancur di Usia Emas

Gael Kakuta sempat bela Chelsea

Gelar itu didapat usai Gael Kakuta setelah mencetak 12 gol dari 24 penampilan bersama Chelsea yang kemudian sempat beberapa kali membawanya ke tim inti.

Kendati demikian, sang pemain juga mendapat cedera serius pada masa muda, ketika berlaga bersama tim junior Chelsea melawan akademi Glenn Hoodle pada Februari 2009.

Baca Juga

Gael Kakuta mendapatkan patah ankle di dua kakinya yang kemudian membuat sang pemain tak bisa bermain untuk Chelsea dalam enam bulan.

Selepas sembuh dari cedera, justru Gael Kakuta mampu turun bersama tim senior Chelsea dalam laga Liga Inggris melawan Wolverhampton Wanderers sebelum menjadi pemain termuda untuk klub di Liga Champions.

Baca Juga

Gael Kakuta sendiri sempati dinominasikan sebagai Golden Boy di tahun 2010 dan sempat meneken kontrak profesional selama empat setengah tahun untuk Chelsea sebelum dipinjamkan ke Fulham selama enam bulan.

Gol pertama Gael Kakuta sendiri dicetak kala Chelsea menang daengan skor 3-0 dari Sunderland dan ini jadi gol terakhirnya bersama klub,


2. Gael Kakuta Coba Peruntungan di Liga China

Logo Chelsea.

Gagal tampil bersama Chelsea, Gael Kakuta kemudian melanglang buana dengan status pinjaman ke sejumlah klub, seperti Bolton, Dijon,, Vitesse Arnhem, Lazio, dan Rayo Vallecano.

Kakuta kemudian hengkang secara permanen bersama Sevilla yang menjadi klub besar berikutnya setelah Chelsea yang dibela.

Bersama Sevilla, Kakuta hanya mengemas dua penampilan di Liga Spanyol sebelum mencoba peruntungan di China bersama Hebei China Fortune pada Februari 2016.

Baca Selengkapnya: Sempat Diincar untuk Maksimalkan Paul Pogba, Man United Bakal Pungut Jangkar Terbuang Chelsea

ChelseaJose MourinhoLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini