x

Odysseas Vlachodimos, Dewa Pelindung Yunani yang Segera Depak David De Gea dari Manchester United

Senin, 10 Oktober 2022 03:19 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Manchester United menilai jika Odysseas Vlachodimos bisa menjadi suksesor tepat sekaligus upgrade bagi David De Gea.

INDOSPORT.COM - Manchester United terus dirumorkan tengah mencari kiper baru yang bisa menggusur posisi David De Gea dan kabarnya sudah menemukan sosok yang pas.

Ia adalah penjaga gawang timnas Yunani, Odysseas Vlachodimos, yang saat ini sedang membela Benfica.

Baca Juga

Namanya mungkin masih kalah beken dari para kandidat stopper baru United lainnya seperti Jan Oblak atau bahkan Jordan Pickford namun Vlachodimos bukan berarti kalah kualitas.

Meskipun memegang paspor Yunani, namun Vlachodimos lahir di Stuttgart, Jerman, 28 tahun silam dan juga dibesarkan di sana.

Maka tidak heran jika ia memulai karier di sana bersama akademi tim kota kelahirannya, VfB Stuttgart, dan bahkan memperkuat sangara Jerman di level junior.

Baca Juga

Sejak pertama kali dipanggil untuk tim U-15, Vlachodimos kemudian terus menjadi langganan Die Mannschaft hingga level U-21.

Prestasi terbaiknya bersama Jerman adalah ketika menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2017 lalu.

Baca Juga

Hanya saja ia tidak tertarik untuk meneruskan karier internasional bersama Jerman karena ketatnya persaingan di tingkat senior.

Akhinya sejak 2018 Yunani kemudian menjadi negara yang ia wakili dan kini sudah ada 27 caps yang dimiliki oleh Odysseas Vlachodimos.


1. Statistik Membuktikan

Penjaga gawang Manchester United, David De Gea.

Untuk karier di klub, Odysseas Vlachodimos bisa dinilai tidak terlalu spesial. Bersama VfB Stuttgart ia hanya mendapatkan tiga penampilan kompetitif saja selama dua tahun di tim utama.

Barulah setelah bergabung bersama Panathinaikos pada 2016, status sebagai starter reguler mulai ia dapatkan.

Baca Juga

Dalam durasi yang sama dengan semasa di Stuttgart, Vlachodimos sudah bisa mengumpulkan 63 pertandingan.

Meski gagal memberikan gelar apapun untuk Panathinaikos, namun performanya sudah cukup untuk menarik perhatian Benfica.

Sang raksasa Portugal kemudian menebusnya seharga 2,4 juta Euro saja dan hingga kini Vlachodimos masih bermain di Estadio Da Luz.

Baca Juga

Di semenanjung Iberia, perkembangan kiper jangkung 191 cm itu semakin terlihat terutama dalam hal menjadi penjaga gawang yang lebih modern.

Stopper masa kini seringkali dituntut untuk tidak hanya jago dalam menghalau peluang lawan namun juga terlibat lebih sering dalam build-up timnya sendiri.

Untuk itu kiper yang piawai dalam memanfaatkan kakinya alias mengumpan akan lebih dihargai ketimbang kiper dengan kemampuan save yang sama namun tidak bisa mendistribusikan bola dengan baik.

Baca Juga

Musim ini Odysseas Vlachodimos tidak hanya membukukan 6 nirbobol dari 9 pertandingan di Liga Portugal saja namun juga 15 umpan per 90 menit dengan akurasi 84,28% menurut data Squawka.

Bandingkan dengan David De Gea bersama Manchester United di 2022/2023 yang baru punya dua cleansheet dari 7 laga Liga Inggris plus 14,8 percobaan umpan denga ketepatan 56,59% saja.


2. Murah Berkualitas

Bendera Manchester United di Old Trafford

Untuk masalah operan jarak jauh, De Gea memang menang dalam jumlah volume yakni 16 percobaan tiap pertandingannya namun lebih sering salah sasaran karena hanya berakurasi 29,46%.

Sementara itu meski hanya menjajal 5,7 kali namun Vlachodimos bisa menjaga ketepatan sampai 58,82%.

Baca Juga

Untuk statistik lain seperti jumlah penyelamatan dimana Vlachodimos membuat 1,2 sedangkan De Gea bisa mencapai 3 bisa dilihat dari sudut pandang lain.

Benfica adalah kesebelasna dominan di Portugal dan kualitas pemain mereka tidak membiarkan kiper sampai harus berjibaku melakukan banyak penyelamatan.

Sedangkan Manchester United kendati masih terbilang tim besar namun tidak selalu bisa menyamai dominasi raksasa lain. Bahkan kualitas Liga Inggris yang cukup merata terkadang membuat para underdog dengan mudah mengalahkan para favorit.

Baca Juga

Vlachodimos bisa menjadi opsi murah jika United memang tengah mencari palang pintu terakhir pengganti De Gea.

Kontraknya bersama Benfica akan habis pada Juni 2023 dan harga pasaran berdasarkan Transfermarkt menunjukkan yang bersangkutan bisa ditebus dengan harga 15 juta Euro saja.

Jauh lebih murah ketimbang opsi lain yang lebih punya popularitas. Tidak perlu takut untuk merekrut pemain yang berada di bawah radar karena di tangan manajer Erik ten Hag mereka tetap bisa bersinar.

Baca Juga

Sebut saja Lisandro Martinez yang sempat diragukan apakah sanggup menjadi bek sentral di Liga Inggris dan kini telah membuktikan jika ia memang cocok bermain untuk Manchester United.

Odysseas Vlachodimos kemungkinan akan didekati serius mulai musim depan menurut info dari Media Foot dan kedatangannya ke Old Trafford bisa jadi tanda jika klub ingin selangkah lebih maju dalam pembangunan ulang skuat mereka.

Manchester UnitedBenficaDavid de GeaLiga InggrisOne Football

Berita Terkini