x

Caleb Okoli, Harta Karun Timnas Italia yang Dilirik Paolo Maldini untuk Bek Tengah AC Milan

Jumat, 14 Oktober 2022 15:26 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Klub Liga Italia (Serie A), sedang dikaitkan dengan pemain Atalanta dan Timnas Italia, Caleb Okoli. Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini.

INDOSPORT.COM - Mengenal Caleb Okoli, pemain muda Timnas Italia yang kabarnya dilirik Paolo Maldini untuk mengisi daftar bek tengah Liga Italia (Serie A), AC Milan.

AC Milan sampai saat ini dikabarkan masih terus mencari calon rekrutan baru untuk bermain di posisi tersebut.

Baca Juga

Berdasarkan laporan La Repubblica, salah satu kandidat yang berhasil mencuri perhatian mereka ialah seorang pemain muda yang saat ini membela Atalanta dan Timnas Italia, Caleb Okoli.

Sepak terjang La Dea yang cukup mengesankan di Liga Italia 2022-2023 ternyata berbuntut manis bagi bek berusia 21 tahun tersebut.

Menjadi penghuni papan atas klasemen, eksistensi para pemain La Dea pun berhasil meraup atensi publik, tidak terkecuali Caleb Okoli.

Baca Juga

Setelah masa peminjamannya di Cremonese berakhir, pemain kelahiran Vicenza tersebut mendapat kesempatan untuk tampil di starting XI Gian Piero Gasperini.

Dalam laporan Sempre Milan dari La Repubblica, Paolo Maldini kabarnya meminati Caleb Okoli untuk ia datangkan di bursa transfer.

Kabarnya, legenda Rossoneri itu secara langsung memantau perkembangan sang calon rekrutan yang saat ini juga tercatat sebagai pemain Timnas Italia U-21.

Baca Juga

Masih dalam laporan yang sama, sembari melakukan observasi Paolo Maldini juga menanti sinyal dari Atalanta terkait bujet transfer yang mereka inginkan.

Lantas, siapa sebenarnya Caleb Okoli, pemain yang mungkin diboyong AC Milan sebagai bek tengah mereka kelak?


1. Siapa Caleb Okoli?

Klub Liga Italia (Serie A), sedang dikaitkan dengan pemain Atalanta dan Timnas Italia, Caleb Okoli. Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini.

Dengan usia yang masih muda, belum banyak klub yang tercatat di CV Caleb Okoli. Sejauh ini, ia hanya tercatat sebagai pemain Atalanta yang dulu pernah bermain di Vincenza.

Pemain kelahiran 13 Juli 2001 ini bergabung dengan Atalanta U-19 pada 2018-2019 setelah menimba cukup ilmu di akademi mereka selama beberapa tahun.

Baca Juga

Semasa bermain di level U-19, ia sudah beberapa kali dipanggil ke tim senior namun belum mendapat kesempatan bermain.

Ia juga turut berpartisipasi di ajang UEFA Youth League 2019-2020, di mana Atalanta sukses mencapai 16 besar.

Sayangnya, perjuangan mereka di kompetisi ini harus berakhir di tangan Olympique Lyon lewat extra time dan adu penalti.

Baca Juga

Sebagai pemain muda yang masih harus mengumpulkan pengalaman dan menit bermain, Caleb Okoli pun dipinjamkan ke SPAL pada 2020.

Tidak cukup sampai di situ, ia kemudian pergi ‘bersekolah’ lagi ke Cremonese pada tahun berikutnya, sebelum kembali ke pelukan Atalanta.

Harta karun Timnas Italia ini pun telah melakukan debut di tim senior La Dea pada bulan Agustus lalu di pertandingan kontra Sampdoria.

Baca Juga

Caleb Okoli diketahui memiliki darah keturunan Nigeria, namun memilih membela Gli Azzurri, timnas negara tempat ia dilahirkan.

Panggilan pertamanya untuk tugas bela negara adalah tahun 2019. Kariernya kemudian berlanjut ke level usia, yakni U-20 dan kini U-21.

 

2. Mengenal Lebih Dekat Caleb Okoli

Pemain Atalanta, Caleb Okoli, berusaha merebut bola dari pemain Udinese, Beto. Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini.

Caleb Okoli bermain sebagai bek tengah berkaki kanan, dengan postur fisik yang membuatnya unggul untuk duel-duel udara.

Selain itu, ia memiliki kecepatan yang membuatnya cukup mudah melakukan recovery, serta mampu membaca permainan dengan baik.

Baca Juga

Dalam situasi set piece ofensif, ia selalu melompat ke area pemain lawan, mengandalkan tinggi badan dan kekuatan fisiknya untuk melakukan duel udara.

Meski begitu, masih ada banyak hal dalam hal skill yang harus dibenahi Caleb Okoli demi menjadi pemain yang lebih baik lagi ke depannya.

Dua di antaranya adalah pengelolaan bola dan umpan. Namun Atalanta dan mungkin Paolo Maldini serta AC Milan tidak perlu khawatir karena itu semua bisa dipelajari seiring berjalannya waktu.

Baca Juga

Optimisme tinggi pun sempat diutarakan kapten Atalanta, Rafael Toloi, yang menilai juniornya itu bisa jadi pemain sukses Atalanta pada masa mendatang.

Dan benar saja, ia juga menyoroti fisik sang pemain yang dinilainya sangat mumpuni, terlepas dari skill yang masih harus diasah.

“Secara fisik dia sangat kuat. Dia sudah berkembang pesat,” ucapnya kepada L’Eco dalam sebuah kesempatan wawancara.

Baca Juga

Sementara itu di kubu AC Milan, Stefano Pioli untuk sekarang memiliki Simon Kjaer, Pierre Kalulu, dan Fikayo Tomori di stok bek tengah.

Daftar ini sedikit menyusut setelah AC Milan melepas Alessio Romagnoli ke Lazio pada bursa transfer musim panas lalu.

AC MilanPaolo MaldiniAtalantaLiga ItaliaAC Milan NewsBerita Liga ItaliaOne Football

Berita Terkini