x

Kisah Pencarian Liverpool Sebelum Alisson Becker. Jan Oblak dan Kiper Semenjana Masuk Daftar

Kamis, 27 Oktober 2022 12:17 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor:
Kiper Liverpool, Alisson Becker.

INDOSPORT.COM – Sebelum menjatuhkan pilihan pada kiper Brasil, Alisson Becker, ternyata raksasa Liga Inggris, Liverpool nyaris merekrut dua kiper lainnya. Siapa Saja?

Musim panas 2016 menjadi saat bagi pelatih baru Liverpool, Jurgen Klopp memulai proyek membangun tim dengan memilah pemain baru.

Baca Juga

Salah satu yang menjadi perhatian eks pelatih Borussia Dortmund itu adalah posisi kiper yang cukup krusial untuk sebuah tim.

Untuk permainan sepak bola moderen, posisi kiper sama krusialnya dengan posisi pengatur serangan, atau playmaker yang menjadi pondasi terbawah dari sebuah klub.

Tren ini sebenarnya dimulai dari beberapa waktu lalu, mengingat permainan dengan membangun serangan dari belakang kini menjadi penentu langkah sebuah klub dalam permainan.

Baca Juga

Langkah dimulai oleh Jurgen Klopp ketika Liverpool memboyong seorang kiper asal Jerman bernama Loris Karius dari klub Jerman, FSV Mainz di musim panas 2016.

Kala itu, Loris Karius membuat banyak pihak berekspektasi tinggi, mengingat pilihan Jurgen Klopp akan tepat untuk Liverpool.

Padahal kala itu, The Reds masih memiliki kiper asal Belgia, Simon Mignolet, yang tampil tidak terlalu buruk, meskipun membutuhkan pelapis sepadan untuk meningkatkan performa.

Baca Juga

Selain itu, Jurgen Klopp mendatangkan kiper senior, Alex Manniger demi melapis dua kiper inti ketika salah satunya mendapat cedera.

Namun demikian, langkah awal Jurgen Klopp tak berhasil, mengingat Loris Karius justru lebih banyak melakukan blunder.


1. Blunder Legendaris Karius, Liverpool Hadirkan Alisson Becker

Loris Karius tertunduk lesu usai dikalahkan Real Madrid.

Loris Karius sempat melakukan blunder legendaris di Liga Champions musim 2017/2018 yang membuat Liverpool gagal memenangi Liga Champions usai kalah dari Real Madrid.

Selepas kalah dari Real Madrid di final Liga Champions, Jurgen Klopp pun menyadari bahwa posisi kiper Liverpool tengah tak baik-baik saja.

Baca Juga

Namun demikian, seperti dilansir dari Liverpoolecho, Liverpool ternyata sempat mengamati Alisson Becker saat berlaga di pertandingan pra-musim di Amerika Serikat pada 2016 lalu.

Kala itu, Liverpool dikalahkan oleh AS Roma dengan skor 1-2 dalam laga pramusim yang digelar di Missouri, Amerika Serikat.

Melihat kemampuan kiper AS Roma asal Brasil bernama Alisson Becker, Jurgen Klopp yakin masa depan posisi kiper Liverpool sudah terlihat.

Baca Juga

“Kami bermain melawan AS Roma dalam laga persahabatan dan saya bercerita pada Jurgen Klopp bahwa Alisson Becker adalah kiper yang saya inginkan,” ujar pelatih kiper Liverpool, John Achterberg.

“Alisson adalah kiper Liverpool hari ini dan seperti yang saya duga bermain baik melawan kami, saya selalu memantaunya dan memberikan laporan dalam sistem soal dia,” imbuhnya.

Hanya dua tahun usai Liverpool mengamati Alisson Becker, Jurgen Klopp memutuskan untuk menggelontorkan dana besar, tepatnya 65 juta pound yang menjadi rekor dunia di posisi penjaga gawang.

Baca Juga

“Tentu saja, ada banyak orang yang mempelajari Alisson, sehingga kami membuat video soal hal tersebut dan dia sudah menunjukkan kepada kami,” ujar Achterberg.

“Pemandu bakat harus melihat dengan baik dan pelatih menyebutkan bahwa kami harus mendatangkan Alisson Becker dan ini sangat menentukan, jika ini tak dilakukan, maka kesuksesan tak akan terjadi,” imbuhnya.


2. Jan Oblak Jadi Kandidat Kiper Liverpool Selain Alisson

Jan Oblak, kiper Atletico Madrid.

Jauh sebelum mendatangkan Alisson Becker, Liverpool sempat memecahkan rekor untuk mendatangkan kiper Belanda, Sander Westerveld dengan harga 4 juta pound.

Harga tersebut merupakan rekor transfer untuk kiper di Liga Inggris dan Westerveld sempat bersuara soal sulitnya menjadi kiper mahal.

Baca Juga

Kendati demikian, sejatinya Liverpool sempat mencari kandidat kiper lain yang bakal direkrut menggantikan posisi Loris Karius sebelum menjatuhkan pilihan pada Alisson Becker.

Ada nama Jan Oblak yang saat itu moncer bersama Atletico Madrid dan Neto yang kini bermain bersama Bournemouth, yang kala itu bermain bersama Valencia.

Tim pelatih Liverpool mengaku banyak mempelajari beberapa kiper berbakat dan melakukan pemanduan bakat dengan melihat beberapa video.

Baca Juga

Menurut John Achterberg, Liverpool harus mampu mendatangkan kiper terbaik agar bisa tampil berbeda dari klub lawan di Liga Inggris.

“Kami mencoba mencari kandidat terbaik di sini, bukan hal mudah memang dan Alisson adalah salah satu dari kandidat itu dan mampu membuat perbedaan yang semuanya bisa lihat sekarang,” ujar Achterberg.

Kini, Alisson Becker sudah mencetak 200 penampilan bersama Liverpool dan catatan ini masih akan terus berlanjut, seiring usia sang kiper yang masih muda.

Baca Juga

Namun demikian, Liverpool harus lebih dulu memperbaiki penampilan, mengingat di Liga Inggris musim 2022/2023 penampilannya cenderung berantakan.

Liverpool kini menempati posisi ke-8 klasemen Liga Inggris dan sempat kesulitan di Liga Champions ketika kalah dari Napoli di matchday pertama.

LiverpoolLiga Primer InggrisNorberto NetoJan OblakLoris KariusLiga InggrisAlisson BeckerBerita Liga Inggris

Berita Terkini