x

3 Rekor Hebat yang Tercipta dari Pertandingan Liga Champions Ajax vs Liverpool

Kamis, 27 Oktober 2022 09:16 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sejumlah rekor impresif berhasil tercipta di pertandingan matchday 5 grup Liga Champions antara Ajax vs Liverpool. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Sejumlah rekor impresif berhasil tercipta di pertandingan matchday 5 grup Liga Champions antara Ajax vs Liverpool.

Duel yang digelar pada Kamis (27/10/22) dini hari WIB tersebut berakhir dengan kemenangan anak-anak asuh Jurgen Klopp 3-0.

Baca Juga

Ini adalah kali kedua The Reds berhasil menekuk wakil Ajax di putaran grup musim ini, usai menang di pertemuan pertama dengan skor 2-0.

Meski masih terseok-seok di awal musim, Mohamed Salah dkk masih cukup ‘beruntung’ dengan hasil positif mereka di Eropa.

Berkat kemenangan kontra Ajax, mereka pun merebut tiket ke 16 besar Liga Champions 2022-2023, menyusul sang penguasa Grup A yang sejauh ini menyapu bersih seluruh kemenangan, Napoli.

Baca Juga

Dengan satu matchday tersisa, Liverpool telah meraih 12 poin yang sudah tidak lagi bisa dikejar Ajax. Wakil Belanda ini, sedang berada di zona degradasi Liga Europa dengan raihan 3 poin saja.

Selain tiket 16 besar The Reds, laga antara Ajax vs Liverpool juga mencatatkan sejumlah rekor menarik yang sayang dilewatkan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya.

Jurgen Klopp

Kurang lebih tujuh tahun menangani Liverpool, sudah banyak rekor fantastis yang berhasil diciptakan pelatih asal Jerman ini untuk The Anfield Gank.

Baca Juga

Memburuknya rapor para pemain di awal musim ini pun tidak menghalangi sang manajer mencetak rekor untik dirinya sendiri.

Setelah pertandingan Ajax vs Liverpool semalam, ia berhasil membawa The Reds lolos fase grup Liga Champions selama enam musim beruntun sejak 2017-2018.


1. Rekor Selain Jurgen Klopp

Sejumlah rekor impresif berhasil tercipta di pertandingan matchday 5 grup Liga Champions antara Ajax vs Liverpool. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Menurut data OptaJoe, kesuksesan enam kali sejak musim 2017-2018 tersebut, adalah raihan terbaik alias terpanjang Liverpool dalam hal meloloskan diri dari fase grup Liga Champions secara beruntun.

Namun tidak hanya pelatih, sejumlah rekor ternyata berhasil pula diciptakan oleh para pemain The Reds, lho. Mereka adalah Mohamed Salah dan Harvey Elliott.

Baca Juga

Mohamed Salah

Pemain asal Mesir ini mencatatkan namanya sebagai salah satu pencetak gol di pertandingan Ajax vs Liverpool semalam.

Golnya pada menit 42 membuka keunggulan Liverpool 1-0, untuk kemudian digandakan oleh Darwin Nunez dan ditutup dengan sempurna oleh Harvey Elliott.

Namun bukan hanya gol, Mohamed Salah juga mengukir assist yang membuatnya bergabung dengan daftar pemain elite bersama Ryan Giggs dan Thierry Henry.

Baca Juga

Setelah pertandingan semalam, pesepak bola kelahiran Nagrig itu menasbihkan diri sebagai pemain ketiga sepanjang sejarah, yang berkontrbusi dalam 50+ gol untuk klub Inggris di ajang Liga Champions.

Dengan raihan 51 goal involvement-nya (39 gol dan 12 assist), Mohamed Salah ada di urutan ketiga untuk kategori tersebut, menyusul Ryan Giggs (69) dan Thierry Henry (52).

Harvey Elliott

Masih dari OptaJoe, Harvey Elliott menjadi remaja pertama yang mencetak gol secara beruntun untuk Liverpool di Liga Champions. Usianya semalam adalah 19 tahun 205 hari.

Baca Juga

Sebelum menorehkan nama di papan skor Ajax vs Liverpool, ia sempat ikut membabi buta saat laga kontra Rangers tempo hari.

Ya, ia salah satu pencetak gol kemenangan Liverpool atas wakil Skotlandia tersebut dengan skor horor 7-1.

 

2. Jurgen Klopp Bahagia Liverpool ke 16 Besar

Jurgen Klopp mengaku bahagia Liverpool bisa ke 16 besar Liga Champions 2022-2023. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Selepas laga Ajax vs Liverpool, Jurgen Klopp yang memberi keterangan kepada media pun tidak dapat menyembunyikan rasa bahagianya.

Menurutnya, lolos ke 16 besar Liga Champions bukan tugas yang mudah. Namun ia mengakui bahwa profil Ajax sebagai salah satu tim raksasa membuat keberhasilan Liverpool terasa makin berharga.

Baca Juga

“Kesuksesan ini jadi lebih manis karena Ajax adalah tim yang sangat bagus dan kami mengalahkan mereka dua kali,” ujarnya.

“Saat babak kedua, kami punya banyak kesempatan untuk membuktikan diri, dan kemudian berhasil mencetak dua gol serta mengontrol permainan, yang mana sangat sulit,” tambahnya lagi.

Bicara soal kondisi para pemain setelah pertandingan, Jurgen Klopp pun belum bisa bicara banyak. Akan tetapi, segalanya nampak baik-baik saja terlepas dari Jordan Henderson yang kemungkinan mengalami bengkak pada lutut.

Baca Juga

“Saya tidak menghabiskan banyak waktu di ruang ganti, tapi sejauh ini belum ada yang melapor ke saya bahwa ada hal-hal serius,” kata Jurgen Klopp lagi.

Setelah matchday 5 grup Liga Champions tengah pekan ini, Liverpool akan kembali melakoni jadwal mereka di Liga Inggris.

Kini terdampar di peringkat 8 klasemen, The Anfield Gank bisa menjadikan kemenangan kontra Ajax semalam sebagai booster.

Baca Juga

Dijadwalkan berjumpa Leeds United pada 30 Oktober, Mohamed Salah cs masih harus meladeni wakil Italia, di matchday terakhir Liga Champions.

Meski sudah sama-sama mengantongi tiket 16 besar, pertandingan keduanya diprediksi akan tetap menarik untuk dinikmati.

Sumber: OptaJoe

LiverpoolLiga ChampionsMohamed SalahAjax AmsterdamBerita Liga Champions EropaHarvey ElliottOne Football

Berita Terkini