x

Banyak Pihak Dirugikan, Bomber Persib David da Silva Berharap Liga 1 Segera Dilanjutkan

Jumat, 4 November 2022 20:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Striker Persib Bandung, David da Silva, berharap kompetisi Liga 1 2022-2023 segera bergulir kembali, setelah dihentikan sejak awal Oktober 2022. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Striker Persib Bandung, David da Silva, berharap kompetisi Liga 1 2022-2023 segera bergulir kembali, setelah dihentikan sejak awal Oktober 2022.

Menurut pemain asal Brasil ini, kompetisi diharapkan tidak berhenti lama, pasalnya banyak pihak yang bekerja dan mengandalkan pendapatannya dari sepak bola.

Baca Juga

Sebagai informasi, kompetisi Liga 1 hingga Liga 3 musim 2022-2023 dihentikan sementara setelah Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober lalu.

Saat itu, usai pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya, terjadi kerusuhan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa lebih dari 130 orang dan menjadi catatan kelam bagi sepak bola Indonesia.

"Sepak bola jangan berhenti, karena semua harus memikirkan juga mereka yang bekerja di bidang ini, termasuk kalian (wartawan) yang tentunya punya pekerjaan untuk dilakukan," kata David da Silva.

Baca Juga

Pemain yang sempat memperkuat Persebaya Surabaya ini menuturkan, saat kompetisi Liga 1 2022-2023 bergulir kembali, diharapkan sepak bola Indonesia bisa lebih baik lagi dan tidak terjadi lagi tragedi yang menelan korban jiwa.

"Kami harus melanjutkan ini dan memastikan apa yang terjadi di Malang tidak terjadi lagi," ujar David da Silva.

"Semua harus memikirkan bahwa sepak bola itu adalah sumber kehidupan dan tidak bisa dihentikan. Menurut opini saya, kami harus kembali bermain dan memikirkan keluarga," ungkapnya menambahkan.

Baca Juga

Sebagai pemain sepak bola, David da Silva mengaku sedih dengan tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, bahkan tragedi tersebut menjadi duka bagi sepak bola dunia.

"Tentu saya merasa sedih karena terjadi insiden seperti ini, ini duka sepakbola di dunia. Tapi semua juga tahu, sebelumnya covid membunuh banyak orang, tapi pekerjaan harus terus dilanjutkan, semuanya perlu bekerja," ujarnya.

"Semua harus memikirkan keluarga, semua butuh makan dan semua yang perlu uang atau upah tentunya harus terus bekerja," jelasnya.


1. Timbulkan Masalah Baru

Selebrasi gol David da Silva ke gawang Barito Putera.

Pemain yang menggunakan nomor punggung 19 ini menuturkan, jika tidak ada kepastian mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023, maka akan menimbulkan masalah baru.

"Saya rasa liga dihentikan dan harus ada pemotongan gaji tentunya itu akan menjadi masalah besar, bukan hanya untuk pemain tapi untuk semua klub. Menurut opini saya, kehidupan harus dilanjutkan," kata David da Silva.

Baca Juga

Sementara itu, menurut pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, tim pelatih tetap fokus mempersiapkan skuad Maung Bandung dan masih berpatokan kompetisi Liga 1 2022-2023 bakal bergulir kembali pada akhir November 2022.

Yaya menuturkan, sejauh ini dari informasi yang didapatnya rencananya kompetisi Liga 1 2022-2023 bakal bergulir kembali pada akhir November. Info tersebut, didapat dari Manajemen Persib.

Sehingga, berbekal informasi tersebut, tim pelatih Persib kembali fokus mempersiapkan skuad Maung Bandung, agar saat kompetisi berlanjut pemain sudah dalam kondisi siap bertanding.

Baca Juga

"Sementara ini, kita dapat informasi dari Manajemen bahwa liga akan bergulir di tanggal 25 atau 26 (November) sesuai dengan informasi dari hasil bentukan tim transformasi," kata Yaya Sunarya setelah memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (31/10/22).

Baca Juga

Yaya menambahkan, tim pelatih masih berpikir positif kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 bakal bergulir kembali pada akhir November 2022. Sehingga, David da Silva dkk akan tetap fokus mempersiapkan diri. "Jadi kita coba berpikir positif untuk mempersiapkan tim ke sana," ujar pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya.

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1David da SilvaBerita Liga 1

Berita Terkini