x

5 Pemain Manchester United yang Melempem Usai Direkrut pada Bursa Transfer Januari

Senin, 7 November 2022 21:57 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Alexis Sanchez tertunduk lesu usai ditaklukan Man City di Old Trafford pada 24 April 2019. Shaun Botterill/Getty Images

INDOSPORT.COM - Manchester United punya pengalaman buruk dengan bursa transfer Januari. Pasalnya, pemain yang direkrut sering gagal bersinar sehingga harus dijual.

Sebagaimana diketahui, bursa transfer Januari 2023 sebentar lagi akan terjadi. Ini adalah kesempatan Man United untuk merekrut pemain incarannya.

Baca Juga

Namun, klub raksasa Inggris ini wajib waspada lantaran mereka sering mendapati pemain 'zonk' di lantai bursa Januari.

Kini, pihak Setan Merah harus benar-benar harus belajar dari pengalaman agar kejadian tersebut tak terulang lagi di Januari tahun depan.

Berikut lima pemain Man United yang gagal bersinar usai direkrut pada bursa transfer Januari.

Baca Juga

Alexis Sanchez 

Berkat penampilan apiknya di Arsenal, Man United berani melakukan barter dengan menukar Henrikh Mkhitaryan ke Alexis Sanchez pada Januari 2018.

Sayangnya, Alexis justru melempem di Man United. Jumlah golnya sangat minim jika dibandingkan saat masih berseragam Arsenal.

Striker asal Chili ini juga harus berjuang ekstra mendapat tempat di skuad utama di bawah kepelatihan Jose Mourinho.

Situasi buruk ini membuat pihak klub meminjamkannya ke Inter Milan pada Agustus 2019 dan melepasnya secara permanen ke Inter pada September 2020.


1. Wilfried Zaha

Wilfried Zaha, pemain Crystal Palace. Foto: REUTERS/Peter Cziborra

Wilfried Zaha didatangkan pada Januari 2013 di penghujung era Sir Alex Ferguson. Kehidupannya di Man United tidak berjalan mulus karena sering jadi pemain pinjaman.

Setelah sampai di Old Trafford, dia langsung dipinjam ke klub lamanya, Crystal Palace hingga Mei 2013. Setelah berganti ke David Moyes pun, Zaha juga jarang dimainkan di MU.

Baca Juga

Bahkan, striker asal Pantai Gading ini hanya diberi kesempatan dua kali bermain saja di Liga Inggris dan membuatnya dipinjamkan ke Cardiff.

Setelah masa peminjaman Cardiff berakhir, Palace kembali meminjam Zaha dari Man United pada Agustus 2014 hingga Februari 2015.

Keesokan harinya, Zaha resmi dibeli oleh Palace dengan harga sangat murah, berbanding terbalik saat Man United membelinya dari Palace pada 2013 lalu.

Baca Juga

Diego Forlan 

Pada Januari 2002 lalu, Man United mendatangkan striker potensial Diego Forlan dari klub asal Uruguay, Independiente.

Sayangnya, performanya di Man United tidak semegah saat Forlan masih bermain untuk Independiente.

Baca Juga

Dari 98 penampilannya bersama Setan Merah, Forlan hanya mampu mencetak 17 gol saja. Dia pun dilepas Villarreal pada Agustus 2004.

Namun setelah bermain di klub Spanyol tersebut, Forlan justru tampil memukai dengan memenangkan penghargaan Pichichi 2004-2005 dan Sepatu Emas Eropa.


2. Dong Fangzhao

Pemain Manchester United Scott McTominay merayakan gol pertamanya bersama Cristiano Ronaldo, Marcus Rashford dan Diogo Dalot. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Man United rupanya pernah merekrut pemain asal China pada Januari 2004 lalu, yaitu Dong Fangzuo. Entah apa tujuan klub berani merekrutnya pada saat itu.

Benar saja, karier Fangzhao di Man United benar-benar mengecewakan. Dia bahkan nyaris tidak pernah dimainkan selama bersagam Setan Merah.

Pasalnya, saat itu klub masih memiliki bintang seperti Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, hingga Ole Gunnar Solskjaer. Wajar jika Sir Alex Ferguson lebih memilih mereka.

Baca Juga

Situasi ini membuatnya pulang ke China dan bergabung dengan DL Shide pada Agustus 2008. Setelah dua musim di Shide, Fangzhao juga bahkan tak kunjung mencetak gol.

Zoran Tosic

Sebelum kehilangan Cristiano Ronaldo ke Real Madrid pada Juli 2009, Man United lebih dulu mengamankan Zoran Tosic dari Partizan Belgrade pada Januari 2009.

Setelah Ronaldo pergi, Tosic justru gagal jadi pengganti ideal karena winger asal Serbia ini hanya tampil di dua laga Liga Inggris.

Tosic kemudian dipinjam ke klub Jerman, FC Koln. Setelah enam bulan peminjaman, Man United resmi melepas Tosic secara permanen ke klub Rusia, CSKA Moscow, pada Juli 2010.

Bursa TransferManchester UnitedAlexis SanchezLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini