x

Bedah Formasi Timnas Argentina di Piala Dunia 2022: Lionel Messi Jadi Poros, Kandidat Juara?

Sabtu, 12 November 2022 14:44 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Lionel Messi Argentina REUTERS-Peter Cziborra

INDOSPORT.COM – Resmi memanggil 26 pemain ke Piala Dunia 2022, berikut prakiraan formasi timnas Argentina dengan Lionel Messi sebagai porosnya.

Seperti diketahui, timnas Argentina telah mengumumkan 26 pemain yang dipanggil untuk laga Piala Dunia 2022 di Qatar pada pekan depan.

Nama-nama yang masuk dalam daftar pemain milik Lionel Scaloni memang tidak asing dan kerap kali masuk tim Tango dalam jeda internasional.

Seperti yang sudah diprediksikan pula oleh INDOSPORT, Lionel Messi dan Lautaro Martinez akan diandalkan oleh timnas Argentina dalam laga Piala Dunia 2022 nanti.

Selain itu, beberapa nama yang tengah bersinar juga ikut dipanggil ke timnas Argentina, seperti bek Manchester United, Lisandro Martinez, bintang muda baru Manchester City, Julian Alvarez, dan gelandang Brighton, Alexis MacAllister.

Baca Juga

Kejutan terjadi di posisi penyerang, ketika Lionel Scaloni ternyata memberikan slot pada penyerang AS Roma, Paulo Dybala dan gelandang gaek Juventus, Angel Di Maria..

Kedua pemain ini sejatinya sempat diragukan tampil karena terkena cedera, sehingga membuat mereka absen lama dari klub.

Baca Juga

Untuk Angel Di Maria sendiri, sang pemain sudah turun dalam laga Liga Italia antara Juventus vs Hellas Verona pada Jumat lalu, sehingga cukup wajar jika dipanggil oleh Lionel Scaloni ke timnas Argentina.

Sedangkan Paulo Dybala disebut belum akan tampil bersama AS Roma demi menjaga kebugaran jelang laga Piala Dunia 2022 bersama Argentina yang bakal terjadi di pekan depan.

Berikut prakiraan formasi timnas Argentina garapan Lionel Scaloni di Piala Dunia 2022 dengan Lionel Messi sebagai porosnya.

Baca Juga

1. 4-2-3-1, Lionel Messi Gelandang Serang

Lionel Messi Argentina REUTERS-Peter Cziborra

Seperti diketahui, eks bintang Barcelona, Lionel Messi merupakan pemain yang bisa berperan di banyak posisi, asalkan bermain sebagai pemain depan.

Sama halnya di timnas Argentina, La Pulga dimungkinkan menjadi poros permainan dan cenderung akan banyak mengatur serangan.

Hal ini terjadi karena usia Messi yang mulai menua, dan Piala Dunia 2022 kali ini disebut merupakan Piala Dunia terakhirnya sebagai seorang pemain sepak bola.

Kondisi ini diyakini membuat pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni akan menurunkan Messi di formasi 4-2-3-1 yang menjadi pondasi tim belakangan ini.

Dari 26 pemain yang dipanggil, kiper Aston Villa, Emiliano Martinez jelas akan menjadi kiper inti, dengan dibentengi oleh empat bek.

Baca Juga

Empat bek timnas Argentina akan diisi oleh Nahuel Molina (Atletico Madrid), Nicolas Otamendi (Benfica), Lisandro Martinez (Manchester United), dan Nicolas Tagliafico (Lyon).

Formasi empat bek ini sudah cukup kuat untuk menangkal serangan yang datang ke pertahanan timnas Argentina.

Baca Juga

Sedangkan double pivot akan diisi oleh Rodrigo De Paul (Atletico Madrid) dan Leandro Paredes (Juventus) yang bertipe perebut bola dan box to box demi bisa membuat timnas Argentina bertahan dan menyerang secara seimbang.

Lionel Messi akan jadi pengatur serangan pada formasi ini, sehingga akan tampil sebagai gelandang serang di belakang penyerang dengan dibantu Angel Di Maria di sayap kanan dan Julian Alvarez di sayap kiri.

Formasi 4-2-3-1 timnas Argentina akan dilengkapi oleh Lautaro Martinez sebagai penyerang tunggal, atau menggunakan target man dalam strategi Lionel Scaloni di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. 4-3-3, Lionel Messi Sayap Kiri

Lionel Messi merayakan trofi dan rekan setimnya setelah memenangkan Finalissima bersama Argentina REUTERS-David Klein

Formasi 4-3-3 dengan Lionel Messi sebagai sayap kiri sempat digunakan dalam beberapa partai penting, seperti kualifikasi Piala Dunia 2022 pada November 2021 lalu.

Argentina kemungkinan akan kembali menerapkan formasi ini, mengingat materi pemain di Piala Dunia 2022 yang tak jauh berbeda dengan laga tersebut.

Namun demikian, Tim Tango kehilangan satu pemain penting, yaitu gelandang Villarreal, Giovani Lo Celso yang tak dipanggil ke Piala Dunia 2022 karena cedera.

Dengan kondisi ini, maka Argentina harus mengganti satu pemain di posisi gelandang dengan pemain yang sesuai, mengingat 10 pemain lainnya dalam kondisi prima.

Dalam formasi tersebut, Argentina menurunkan Emiliano Martinez (Aston Villa) sebagai penjaga gawang dengan formasi empat bek yang berbeda.

Baca Juga

Namun demikian, materi pemain yang dibawa oleh Lionel Scaloni kali ini akan menurunkan Nahuel Molina (Atletico Madrid), Cristian Romero (Tottenham Hotspur), Lisandro Martinez (Manchester United), dan Nicolas Tagliafico (Lyon) sebagai empat bek sejajar.

Posisi lowong di lini tengah kini menjadi masalah, mengingat Lo Celso merupakan pemain penting di formasi timnas Argentina ini.

Baca Juga

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menempatkan Angel Di Maria (Juventus) sebagai gelandang tengah, didampingi oleh rekan satu timnya, Leandro Paredes yang berperan sebagai perusak, dan gelandang Atletico Madrid, Rodrigo De Paul sebagai box to box.

Dengan pergeseran Angel Di Maria ke lini tengah, otomatis lini depan timnas Argentina pun akan berubah dan telah diisi oleh Lionel Messi sebagai penyerang sayap kiri dan Lautaro Martinez sebagai penyerang.

Penyerang AS Roma, Paulo Dybala-lah yang akan turun di posisi penyerang sayap kiri timnas Argentina garapan Lionel Scaloni di Piala Dunia 2022 nanti.

Baca Juga
ArgentinaLionel MessiPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini