x

Sering Ribut dengan Banyak Pelatih, Mungkin Ronaldo Hanya Sayang Sir Alex Ferguson

Rabu, 16 November 2022 15:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo, memiliki catatan menarik dengan sejumlah pelatih sepak bola, termasuk Sir Alex Ferguson. Foto: Reuters/Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo, memiliki catatan menarik dengan sejumlah pelatih sepak bola, termasuk Sir Alex Ferguson.

Sebagai pesepak bola yang sudah lama malang melintang di dunia si kulit bundar, pentolan Timnas Portugal ini pun telah singgah di berbagai klub di Inggris, Spanyol, dan Italia.

Pengalaman-pengalaman tersebut pun membuatnya harus bekerja sama dengan banyak juru taktik - yang tentu saja berbeda isi hati dan kepalanya satu sama lain.

Beberapa waktu belakangan, Cristiano Ronaldo sempat menggemparkan publik setelah menyenggol Erik ten Hag dan Ralf Rangnick, serta Manchester United.

Akan tetapi, pada kenyataannya bukan hanya dua orang tersebut yang memiliki hubungan buruk dengan CR7.

Baca Juga

Jika harus menyebut beberapa lagi, nampaknya tidak sulit untuk memasukkan nama Paulo Bento dan Jose Mourinho ke dalam daftar.

Akan tetapi, di tengah pelatih-pelatih tersebut, terselip sosok Sir Alex Ferguson yang memiliki kisah manis bersama Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

Bahkan, hubungan keduanya sudah bak bapak-anak laki-laki yang sangat mesra baik di dalam maupun luar ruangan.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa Ronaldo pernah menjadi bagian kesuksesan Manchester United saat periode pertamanya di klub Liga Inggris ini.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari jasa Sir Alex Ferguson yang membawanya dari Sporting Lisbon pada 2003 lalu.

Baca Juga

1. Sir Alex Ferguson Sosok Penting bagi Cristiano Ronaldo

Sir Alex Ferguson punya peran besar dalam karier Cristiano Ronaldo. Foto: Ash Donelon/Manchester United via Getty Images.

Untuk sekilas mengingat, Sir Alex Ferguson memang sudah jatuh cinta dengan Cristiano Ronaldo saat pemain yang satu ini masih berusia sangat muda.

Cerita tentang bagaimana manajer legendaris yang akrab disapa Fergie tersebut mendatangkan CR7 pun telah diketahui banyak orang.

Salah satunya dikisahkan oleh mantan pemain Manchester United sekaligus saksi hidup saat itu, Rio Ferdinand.

Saat berjumpa Sporting Lisbon di pertandingan pramusim, CR7 memang tampil cukup mencolok dan impresif, sampai-sampai membuat Fergie terpana.

“Kami baru saja kehilangan kesempatan mendatangkan Ronaldinho saat musim panas, jadi kami masih terus menanti kehadiran seorang superstar,” ucapnya, seperti pernah diwartakan Daily Star.

Baca Juga

Rio Ferdinand dan rekan-reknnya pun tidak pernah menyangka, bahwa sosok superstar itu ternyata ada dalam diri remaja Portugal masih berusia 18 tahun.

Setelah pertandingan, Sir Alex Ferguson langsung menemui pihak Sporting Lisbon untuk melancarkan negosiasi mendatangkan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

Sang pemain pun akhirnya berhasil didatangkan Manchester United dengan nilai transfer 12,24 juta poundsterling, menjadikannya remaja termahal sepanjang sejarah sepak bola Inggris.  

Di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, Cristiano Ronaldo tumbuh sebagai pemain hebat yang mencapai kesuksesan besar bersama Manchester United.

Tidak ayal, CR7 menyimpan rasa hormat dan terima kasih yang luar biasa kepada Fergie. Tanpa sosok hebat tersebut, ia mungkin tidak akan pernah berseragam Manchester United.

Baca Juga
 

2. Kehangatan Ronaldo dan Alex Ferguson

Cristiano Ronaldo di Manchester United. FOTO: REUTERS/Craig Brough.

Hubungan Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson pun membawa kehangatan tersendiri bagi publik sepak bola Liga Inggris, dan bahkan dunia.

Saat mengalami masa-masa sulit di Real Madrid, kekasih Georgina Rodriguez tersebut juga mencari sang ‘ayah’ sepak bolanya untuk bercerita dan berkeluh kesah.

Sir Alex Ferguson juga sosok yang sangat mendukung Cristiano Ronaldo, baik di lapangan maupun off the pitch.

Ia bahkan memberi izin anak asuhnya tersebut menjenguk ayahnya yang sedang sakit. Hal tersebut masih terus dikenang oleh Ronaldo, karena kepedulian Fergie yang sangat tinggi padanya.

“Saya ingat suatu hari, ayah saya berada di rumah sakit dan saya sangat terpukul. Kami berbicara dan dia [Fergie] berkata, ‘Tidak apa-apa, pergilah satu atau dua hari’,

Baca Juga

“Saya adalah pemain kunci saat itu, tapi katanya, ‘Memang akan sulit, tapi aku memahami situasimu, pergilah dan kunjungi ayahmu’,” kenang Ronaldo, dikutip dari Give Me Sport.

Lalu belum lama ini, kebersamaan pasangan ayah-anak sepak bola ini kembali terlihat ketika Fergie menyerahkan penghargaan kepada Ronaldo yang meraih 700 gol sepanjang kariernya di level klub.

Baca Juga

Penghargaan tersebut diberikan saat Manchester United menjamu Newcastle United di Old Trafford pertengahan Oktober lalu.

Bahkan dalam wawancara dengan Piers Morgan yang viral tempo hari, Cristiano Ronaldo menyebut Manchester United tidak berevolusi setelah ditinggal Sir Alex Ferguson.

Bukan hanya itu. Ia juga menyebut Sir Alex Ferguson sudah tahu Manchester United yang sekarang sedang tidak baik-baik saja. 

Baca Juga

Sumber: Daily Star, Give Me Sport

Manchester UnitedCristiano RonaldoSir Alex FergusonLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini