x

Progres Eks PSS Sleman Buat Lini Belakang Persis Solo Makin Aman

Selasa, 22 November 2022 10:33 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Asisten pelatih Persis Solo di Liga 1, Rasiman, memberikan pujian pada eks PSS Sleman, Rian Miziar.

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Persis Solo di Liga 1, Rasiman, memberikan pujian pada Rian Miziar. Eks palang pintu PSS Sleman dinilai terus menunjukkan progres selama pemusatan latihan di Malaysia.

Rian Miziar diberi tempat utama ketika Persis Solo uji coba melawan klub asal Singapura, Tanjong Pagar FC. Hal ini cukup mengejutkan mengingat Persis Solo masih punya Andri Ibo, saat Fabiano Beltrame diistirahatkan.

Namun ternyata, dalam laga bergengsi di Stadion Larkin, Johor Bahru, Rabu (16/11/22), Rian Miziar diduetkan dengan Jaimerson Xavier.

Duet ini terbilang cukup tangguh meski Persis Solo harus kebobolan dua gol. Gol dari peserta Singapore League harus terjadi karena kondisi lapangan dan ketidakberuntungan situasi.

Kesempatan yang diberikan pada Rian Miziar mengulang momen di Liga 1, ketika Rian Miziar dipasang 90 menit. Pemain yang cukup dekat dengan suporter itu diduetkan dengan Fabiano.

Baca Juga

Rasiman melihat bahwa selama pemusatan latihan di Malaysia, termasuk laga melawan Tanjong Pagar, Rian Miziar menunjukkan progres yang sesuai harapan.

"Rian mengulangi apa yang ditampilkan saat melawan PSS. Dia bermain cukup solid, hampir zero mistake," kata Rasiman.

Baca Juga

Rasiman menilai Rian Miziar memiliki keunggulan sebagai seorang bek tengah. Dia termasuk pemain yang bisa memberi komando lini belakang. Komando itu bisa diberikan karena sisi leadership Rian. Rasiman juga menyebut bahwa pembacaan bola Rian Miziar patut diacungi jempol.

"Sebelum ke Malaysia, kita lihat dalam beberapa uji coba di Indonesia, dia bisa organisasi bagus, baca taktik dengan baik, sehingga bisa membantu pemain lain fokus di bertahan," ujar Rasiman.

Namun, bukan berarti Rian Miziar tak punya hal yang perlu dibenahi. Mantan asisten pelatih Madura United ini melihat beberapa tugas yang akan difokuskan pada Rian Miziar. "Ada beberapa hal yang perlu kita benahi tentang agility dan short speed, tapi untuk organisasi lini belakang bagus sekali," papar Rasiman.

Baca Juga

1. Kondisi Terkini Ibo

Bek Persis Solo, Andri Ibo saat mengangkat piala friendly match melawan Persebaya Surabaya. (Foto: Persis Solo)

Di luar progres Rian Miziar, Rasiman memberikan kabar terbaru tentang Andri Ibo. Eks Persik Kediri itu hanya duduk di bangku penonton saat Persis Solo uji coba di Malaysia.

Rasiman pun memberikan penjelasan mengenai alasannya tak menurunkan Andri Ibo. Ternyata, dia belum dalam kondisi 100 persen untuk bermain.

"Kemarin Ibo ada backpain, tapi sekarang sudah sembuh semua. Tinggal suntik, bisa latihan seperti biasa," jelas Rasiman.

Selama di Malaysia, Rasiman juga menyebut bahwa Andri Ibo berlatih dengan normal. Namun, ia tak mau memaksakan Ibo bermain dalam kondisi tak 100 persen.

Baca Juga

"Di sana Ibo latihan terus, cuma belum dapat giliran bermain. Bagi kami, kalau mau bertanding, kondisi pemain harus benar-benar fit," ungkap Rasiman.

"Kalau belum benar-benar fit, kita tidak mau ada potensi bahwa cederanya bisa bertambah parah," lanjut pelatih berlisensi A AFC ini.

Baca Juga

Persis Solo sudah memulai latihan lagi setelah Rian Miziar dkk. diberi libur dua hari. Laskar Sambernyawa menjalani sesi latihan di Stadion UNS, Kentingan, Senin (21/11/22).

Rencananya, Persis Solo akan uji coba lagi jelang lanjutan Liga 1. Ada dua tim yang menjadi kandidat lawan, tetapi Persis Solo merahasiakan klub tersebut.

Baca Juga
Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Andri IboRasimanBerita Liga 1

Berita Terkini