x

Momen Ikonik Kedua Piala Dunia 2022: 8 Menit, Jepang Permalukan Jerman

Kamis, 24 November 2022 07:05 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Selebrasi para pemain Jepang usai Takuma Asano menjebol gawang Jerman di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 kembali ciptakan kejutan dengan menempatkan tim raksasa Jerman yang secara tak terduga dipaksa menyerah dengan skor 1-2 dari tim Asia, Jepang dalam pertandingan pertama Grup E Piala Dunia 2022.

Menyandang status salah satu yang difavoritkan sebagai kandidat tim favorit juara di Piala Dunia 2022, Jerman yang diunggulkan atas Jepang dan juga di Grup E nyatanya tak bisa berbuat banyak pada laga perdana mereka.

Siapa yang sangka? Memiliki kualitas pemain dan teknik permainan yang jauh lebih baik dari Jepang, mereka justru dipaksa berlutut dari negara asal Asia tersebut.

Baca Juga

Harus diakui, tim-tim dari Asia memang kerap kurang diunggulkan jika dihadapkan dengan negara-negara unggulan di Piala Dunia, terlebih jika menghadapi raksasa Eropa, Jerman.

Di sepanjang laga, Tim Der Panzer sebenarnya mampu menguasai jalannya pertandingan dengan baik.

Mereka bahkan sempat unggul lebih dulu di menit ke-33 melalui Ilkay Gundogan dari titik putih penalti.

Gol dari Gundogan membuat Jerman semakin mendominasi jalannya pertandingan, sementara Jepang yang sempat dibuat bekerja keras, nyatanya mampu bermain sigap dan bisa menggencarkan serangan balik mematikan.

Baca Juga

Siapa yang sangka? Tim Samurai Biru nyatanya bisa mengembalikan kedudukan hanya dalam waktu delapan menit melalui gol Ritsu Doan di menit ke-75 dan gol Takuma Asano di menit ke-83.

Di menit akhir, Jerman terus menggencarkan serangan, namun Jepang juga tak mau kemenangan mereka di depan mata berakhir sia-sia, mereka tetap menjaga lini pertahanan dengan solid dan juga mampu menggencarkan serangan balik.

Hingga akhirnya peluit akhir dibunyikan, Jepang sukses menang dengan skor 2-1 atas Jerman di laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022.

Dengan demikian, Jepang mengikuti jejak tim raksasa Asia lainnya, Korea Selatan yang mampu memberikan momen ikonik di Piala Dunia dengan menggagalkan lawan yang sama, Jerman di Piala Dunia 2018 Rusia lalu untuk lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga

1. Momen Ikonik Kedua di Piala Dunia 2022

Selebrasi Arab Saudi Salem Al-Dawsari merayakan gol kedua mereka dengan rekan setimnya. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Sukses Jepang mempermalukan Jerman di Piala Dunia 2022 membuat mereka berhasil mencatatkan momen ikonik kedua di Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, tim asal Asia lainnya, yakni Arab Saudi lebih dulu menciptakan momen ikonik pertama di Piala Dunia 2022 dengan mengempaskan tim favorit juara lainnya, yakni Argentina.

Skenario yang tercipta pun terbilang sama. Arab Saudi juga tertinggal lebih dulu 0-1 dari titik putih penalti yang diciptakan oleh Lionel Messi pada menit ke-10.

Baca Juga

Meski terus mendapat gempuran dari skuat bertaburan bintang dari Timnas Argentina, Arab Saudi berhasil menutup rapat lini pertahanan mereka.

Tak mau terus-menerus diserang, Arab Saudi kemudian bangkit di awal babak kedua. Mereka bahkan bisa mengembalikan kedudukan di bawah lima menit.

Gol penyama kedudukan tercipta dari Saleh Al-Shehri di menit ke-49 dan Salem Al-Dawsari di menit ke-53. Setelah itu, mereka bermain ultra defensif sambil sesekali melepaskan serangan balik.

Baca Juga

Meski tak mampu menambah gol, setidaknya Arab Saudi mampu membuat para pemain Argentina frustasi karena tak mampu mengembalikan kedudukan di akhir laga.

Momen ikonik atau kejadian unik pastinya memang selalu tercipta di ajang besar manapun, tak terkecuali Piala Dunia.

Ajang empat tahunan ini memang selalu hadirkan momen ikonik yang kerap diingat sepanjang masa.

Mulai dari Gol Tangan Tuhan Diego Maradona ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986, Tandukan Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi di Piala Dunia 2006 , Tendangan Karate Nigel de Jong ke perut Xabi Alonso di Piala Dunia 2010, Gol Flying Dutchman dari Robin van Persie ke gawang Spanyol di Piala Dunia 2014, dan masih banyak lagi.

Piala Dunia 2022 masih berlanjut hingga 18 Desember mendatang, kira-kira momen ikonik apa lagi yang akan tercipta? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga
JepangArgentinaJermanPiala DuniaPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini