x

Bedah Formasi Liverpool Usai Adrien Rabiot Hadir dari Juventus. Lebih Dinamis?

Sabtu, 26 November 2022 20:05 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Gelandang Juventus, Adrien Rabiot berusaha merebut bola dari pemain Verona di Liga Italia.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris, Liverpool, menjadi yang terdepan untuk menggaet pemain timnas Prancis, Adrien Rabiot, dari Juventus. Berikut prakiraan formasinya

Raksasa Liga Inggris, Liverpool dikabarkan akan merevolusi lini tengahnya dengan mendatangkan pemain baru di bursa transfer musim panas 2023 nanti.

Liverpool disebut akan mendatangkan pemain baru, yaitu Adrien Rabiot yang belakangan tak akan memperpanjang kontrak di Juventus.

Kabarnya, Rabiot disebut akan mencari karier baru selepas Juventus dikabarkan terlambat memberikan perpanjangan kontrak.

Sementara itu, Juventus juga tengah memiliki kerja sama dengan Liverpool yang meminjam salah satu gelandang, yaitu Arthur Melo. Namun, dia tak bisa dimainkan karena terkena cedera berat yang membuatnya harus absen.

Baca Juga

Tak kapok dengan Arthur Melo, Liverpool dikabarkan berminat dengan pemain Juventus, Adrien Rabiot yang belakangan disebut akan hengkang.

Rabiot diharapkan bisa menjadi pemain baru Liverpool yang diharapkan bisa mengisi lini tengah yang kerap ditinggal pemain karena cedera.

Baca Juga

Tercatat bahwa Liverpool beberapa kali kesulitan di lini tengah, karena pemain penting, seperti Thiago Alcantara dan Jordan Henderson terkena cedera.

Berikut kemungkinan formasi Liverpool jika mendatangkan Adrien Rabiot dari Juventus di bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga

1. Posisi Adrien Rabiot

Gelandang Juventus, Adrien Rabiot berusaha merebut bola dari pemain Verona di Liga Italia.

Mengutip Transfermarkt, Adrien Rabiot hanya bisa bermain di tiga posisi yang kerap dipasang di Juventus, yaitu gelandamg tengah, gelandang bertahan, dan gelandang kiri.

Kondisi ini, Liverpool akan memainkan Rabiot di posisi gelandang tengah dan gelandang bertahan, yang belakangan kerap jadi masalah.

Pasalnya, Liverpool kerap kali bermasalah di dua posisi ini, sehingga Rabiot diharapkan bisa mengisi posisi tersebut.

The Reds akan mendapatkan pengganti Jordan Henderson yang semakin menua dan Alex Oxlade-Chamberlain yang belakangan diisukan akan pindah.

Dengan datangnya Rabiot kemungkinan Liverpool dan sang pelatih, Jurgen Klopp tak akan banyak mengubah formasi.

Pakem 4-3-3

Baca Juga

Formasi 4-3-3 merupakan pola dasar yang kerap kali dimainkan Liverpool bersama dengan Jurgen Klopp yang berisi pemain yang tersedia.

Adrien Rabiot akan menambah kedalaman tiga gelandang, yang belakangan mengandalkan beberapa pemain, termasuk Curtis Jones dan Harvey Elliott.

Baca Juga

Pemain satu ini akan memperbaiki lini tengah dengan kemampuan gelandang timnas Prancis ini membagi bola dan mengirimkan umpan.

Tentu saja dengan kehadiran Adrien Rabiot, pemain muda Liverpool akan tergeser dan akan memperbaiki performa tim.

Posisi gelandang tengah Adrien Rabiot akan memperbaiki penampilan Liverpool dan mengangkat performa tim arahan Jurgen Klopp.

Baca Juga

2. Pakem 4-2-3-1

Gelandang Juventus, Adrien Rabiot berusaha merebut bola dari pemain Verona di Liga Italia.

Formasi lain yang menjadi variasi strategi Liverpool adalah 4-2-3-1 yang kerap kali menjadi andalan Jurgen Klopp yang kekurangan gelandang.

Dengan formasi ini, maka Adrien Rabiot akan mengisi posisi double pivot bersama dengan Fabinho yang bermain sebahai gelandang bertahan murni Liverpool.

Sementara, Liverpool akan mencari gelandang serang baru yang akan mengisi posisi di antara pemain sayap, sehingga lebih lancar dalam menyerang.

Namun demikian, The Reds bisa saja memainkan Thiago Alcantara sebagai gelandang serang sebagai pengumpan di belakang penyerang.

Kondisi ini membuat variasi penyerangan Liverpool lebih baik dengan menambah pemain di belakang penyerang.

Pakem 4-3-1-2

Baca Juga

Belakangan, Liverpool bisa memainkan formasi baru, dengan pola 4-3-1-2 yang sempat membawa tim memenangi pertandingan melawan Tottenham Hotspur.

Dengan kedatangan Adrien Rabiot, otomatis pola gelandang Liverpool pun menjadi berubah, karena peran dan fungsi yang berganti.

Baca Juga

Fabinho akan mengisi posisi gelandang bertahan murni, sementara Adrien Rabiot akan bermain sebagai gelandang box to box.

Sementara, Thiago Alcantara tetap menjadi pengatur serangan dan akan bekerja membagi bola di lini tengah untuk menggerakkan permainan.

Dengan masuknya Adrien Rabiot dari Juventus, tiga variasi formasi bisa dimainkan Jurgen Klopp dan permainan Liverpool lebih dinamis.

Baca Juga
LiverpoolJuventusLiga Primer InggrisAdrien RabiotLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini