x

Plus-Minus Paris Saint-Germain Perpanjang Kontrak Lionel Messi

Selasa, 29 November 2022 22:09 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Lionel Messi di laga PSG vs Maccabi Haifa (26/10/22). (Foto: REUTERS/Sarah Meyssonnier)

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Prancis, Paris Saint-Germain disebut-sebut bisa saja memperpanjang kontrak Lionel Messi hingga 2024. Berikut plus dan minusnya.

Raksasa Liga Prancis, Paris Saint-Germain disebut-sebut bisa saja memperpanjang kontrak megabintang Argentina, Lionel Messi.

Sebelumnya, kontrak LioNel Messi dikabarkan akan habis bersama Les Parisiens pada 2023 dan akan jadi sasaran tim Major League Soccer, Inter Miami.

Namun demikian, Lionel Messi sebenarnya dikabarkan akan hengkang untuk mendapatkan klub lain selepas membela PSG.

Inter Miami memang merupakan klub yang dikabarkan akan mendatangkan La Pulga, mengingat mereka tengah membentuk skuat bintang di Amerika Serikat.

Baca Juga

Kendati demikian, Paris Saint-Germain memang berpeluang untuk memperpanjang kontrak Lionel Messi, mengingat klub inilah tempat bernaung sang pemain.

Selain itu, PSG memiliki sumberdaya yang cukup untuk memperpanjang kontrak Lionel Messi yang cukup mahal.

Baca Juga

Ada kesempatan lain yang sebenarnya bisa didapat oleh Lionel Messi, yaitu kembali ke Barcelona dan pensiun di klub tersebut.

Namun demikian, Paris Saint-Germain menjadi tim yang paling berpeluang untuk memperpanjang kontrak eks pemain muda milik Newell’s Old Boys ini.

Berikut plus dan minus keputusan Paris Saint-Germain jika memperpanjang kontrak megabintang Argentina, Lionel Messi.

Baca Juga

1. Plus

Lionel Messi, pemain Paris Saint-Germain. Foto: REUTERS/Stephane Mahe

Pondasi Permainan PSG Terbentuk

Salah satu nilai tambah dari PSG jika kontrak Lionel Messi diperpanjang adalah pondasi permainan tim yang akan terbentuk.

Setelah semusim bermain buruk di tim, Lionel Messi perlahan menjadi salah satu faktor membaiknya performa Paris Saint-Germain dalam beberapa waktu belakangan

Di bawah komando pelatih Christophe Galtier, Les Parisiens sebanarnya membaik dan mulai memiliki pondasi permainan yang jelas.

PSG memang mengandalkan trio penyerang, Kylian Mbappe, Neymar, dan Lionel Messi sebagai pondasi permainan.

Jika Lionel Messi menghilang, Paris Saint-Germain akan sulit membentuk pondasi permainan baru, meskipun masih memiliki.

Paris Saint-Germain Semakin Berprestasi

Baca Juga

Keuntungan berikutnya jika PSG memperpanjang kontrak Lionel Messi adalah prestasi yang mudah untuk diraih.

Belakangan, Lionel Messi kerap kali meraih prestasi puncak ketika membela Barcelona dengan meraih tiga trofi Liga Champions.

Baca Juga

Kondisi ini membuat Paris Saint-Germain sebenarnya bisa mendapatkan mental juara Lionel Messi untuk meraih banyak trofi.

Namun demikian, belum ada trofi tingkat Eropa yang didapat setelah Lionel Messi datang ke PSG, karena baru satu setengah musim membela klub.

PSG menjadi salah satu klub yang sebenarnya berpotensi mendapatkan trofi Liga Champions dan bisa saja berhasil jika bersama Lionel Messi.

Baca Juga

2. Minus

Aksi Lionel Messi di laga Benfica vs PSG (06/10/22). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Masa Bermain yang Tak Panjang

Kekurangan selanjutnya dari Paris Saint-Germain jika memperpanjang kontrak Lionel Messi adalah soal umur sang pemain yang sudah menua.

Sebagai pemain berusia 35 tahun, Lionel Messi hanya tinggal memiliki masa bermain yang pendek, sehingga tak menguntungkan bagi Paris Saint-Germain.

Tentu saja, PSG harus mencari siasat demi mendapatkan pemain baru dengan masa bermain yang lebih lama.

Kondisi inilah yang seharusnya dipikirkan oleh Les Parisiens untuk memperpanjang kontrak Lionel Messi dengan masa bermain yang lebih pendek.

Paris Saint-Germain sendiri akan berpikir lebih lanjut untuk memperpanjang kontrak pemain uzur, karena bisa memberikan posisi untuk pesepak bola yang lebih muda.

Gaji Mahal untuk Pemain Uzur

Baca Juga

Salah satu kekurangan dari keputusan Paris Saint-Germain memperpanjang kontrak Lionel Messi adalah gaji yang mahal.

Kini, Les Parisiens diisi oleh pemain bintang, seperti Neymar, Lionel Messi, dan Kylian Mbappe, sehingga menjadi beban untuk keuangan tim.

Baca Juga

Selain itu, PSG sebenarnya tengah dihadapkan dalam perpanjangan kontrak Neymar dan Kylian Mbappe, sehingga  akan jadi beban berat kalau memperpanjang kontrak Lionel Messi.

Kondisi ini sebenarnya menjadi dilema bagi PSG, mengingat Lionel Messi adalah bintang besar dan seharusnya dipertahankan.

Namun demikian, PSG lebih baik menginvestasikan dana untuk mendatangkan pemain muda, daripada memperpanjang kontrak Lionel Messi.

Baca Juga
Lionel MessiParis Saint-GermainLiga PrancisBerita Liga Prancis

Berita Terkini