x

Ketum PSSI Akui Timnas Indonesia Tidak dalam Kondisi Ideal Jelang Piala AFF 2022

Jumat, 2 Desember 2022 18:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Timnas Indonesia saat latihan di . (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan Timnas Indonesia kini tidak dalam kondisi ideal jelang keikutsertaan di ajang Piala AFF 2022.

Menurut Ketum PSSI, sebagian pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia khususnya yang bermain di Liga Indonesia tidak berkompetisi selama dua bulan terakhir.

Hal itu karena kompetisi Liga 1 2022-2023 tengah distop sementara setelah adanya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang.

Hanya beberapa nama seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Saddil Ramdani yang bermain reguler di Liga Belgia dan Malaysia. Sedangkan Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Witan Sulaeman belum bergabung karena masih bela klubnya di Eropa. 

"Kita ketahui saat ini kondisi Liga 1 belum bergulir jadi pemusatan latihan Timnas Indonesia dimulai dari 28 
November kemarin," kata Mochamad Iriawan.

Baca Juga

"Memang kondisi tersebut tidak ideal tetapi hal ini harus dijadikan motivasi untuk meraih hasil terbaik di ajang Piala AFF 2022 nanti," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Kendati demikian, Ketum PSSI berpesan agar pemain bekerja keras di latihan. Iwan Bule, sapaan Iriawan berharap tidak ada masalah soal cedera, sehingga pemain bisa jalankan instruksi pelatih dengan baik.

"Kami harap pemain tetap fokus, disiplin dan terus berjuang maksimal selama pemusatan latihan di Bali. Apalagi tempat latihan di Bali (Bali United Training Center) lapangannya sangat bagus," ujarnya.

Baca Juga

1. Timnas Indonesia Fokus Benahi Fisik

Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Masalah kebugaran pemain memang jadi perhatian tim pelatih Timnas Indonesia. Karenanya, materi latihan dalam beberapa hari terakhir difokuskan pada latihan fisik.

Pelatih fisik Timnas Indonesia, Shin Sang-gyu menyampaikan fisik pemain harus ditempa dari awal.

"Memang fisik masih kurang ya, apalagi saat ini persiapan pendek. Saat ini kami berupaya meningkatkan fisik pemain," tutur Shin Sang-gyu.

Dari 28 pemain yang dipanggil ada beberapa nama yang belum hadir di TC di Bali seperti Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Witan Sulaeman yang masih ada di Eropa.

Baca Juga

Pada persiapan kali ini, Seperti diketahui, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil empat pemain naturalisasi. Awalnya hanya ada tiga pemain naturalisasi yakni Marc Klok, Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Tetapi, juru taktik asal Korea Selatan itu menambah satu nama yakni Ilija Spasojevic. Striker Bali United itu dipanggil untuk gantikan Dimas Drajat yang kabarnya tak bisa ikut pemusatan latihan Timnas karena cedera.

Baca Juga

Piala AFF 2022 akan dimainkan mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Kamboja jadi lawan pertama Sandy Walsh dan kawan-kawan pada 23 Desember, kemudian Timnas Indonesia tandang melawan Brunei Darussalam (26/12/22), menjamu Thailand (29/12/22) dan away ke Filipina (02/01/23).

Baca Juga
PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaMochamad IriawanShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini