x

Piala Dunia 2022: Jepang Sang Penakluk Juara Dunia, Kroasia Patut Waspada!

Jumat, 2 Desember 2022 06:41 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Susana Vera).

INDOSPORT.COM - Sadar atau tidak, Timnas Jepang telah mengalahkan dua juara dunia selama bermain di fase grup Piala Dunia 2022.

Jepang seakan menjadi kekuatan dan harapan bagi Benua Asia untuk bisa berbicara banyak di ajang sepak bola empat tahunan tersebut.

Hal itu dilihat dari kiprah mereka selama bermain di Grup E Piala Dunia 2022. Tergabung bersama dua negara yang tak hanya diunggulkan lolos grup, tetapi juga menjadi kandidat juara di Qatar.

Baca Juga

Mereka adalah Jerman dan Spanyol yang secara tak terduga dipaksa menyerah oleh Jepang dengan skor yang sama 2-1.

Saat drawing Piala Dunia 2022 dilakukan pada bulan April lalu, Grup E yang dihuni oleh Jerman, Jepang, Spanyol, dan Kosta Rika langsung memunculkan banyak perkiraan tim mana yang lolos ke babak penyisihan.

Jika dilihat di atas kertas, tak hanya pengamat sepak bola, para penggemar juga tentunya banyak yang sepakat, jika Jerman dan Spanyol jauh lebih diunggulkan jika dibandingkan dengan Jepang dan Kosta Rika,

Uniknya, Jepang mampu membungkam anggapan tersebut. Pada laga pertama, Tim Samurai Biru berhasil menang dengan skor 2-1 atas Jerman.

Dalam laga tersebut, mereka sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Ilkay Gundogan dari titik putih penalti di menit ke-33.

Baca Juga

Meski tertinggal, Jepang tak menyerah. Sebaliknya, mereka semakin trengginas dan berhasil mengembalikan kedudukan dalam waktu delapan menit menjadi 2-1 melalui gol Ritsu Doan di menit ke-75 dan Takuma Asano di menit ke-83.

Selesai pertandingan, tentu tak sedikit yang menilai kemenangan Jepang memang menjadi kejutan, namun mereka dinilai hanya beruntung.

Terlebih, pada pertandingan kedua mereka tumbang dari Kosta Rika dengan skor 0-1. Anggapan mereka hanya menang hoki dan tak akan lolos pun kembali terbesit, terlebih dalam laga akhir, Jepang menghadapi Spanyol.

Siapa yang sangka, lagi-lagi Jepang justru membungkam bagi mereka yang menanggap remeh dengan meraih kemenangan atas Spanyol.

Sempat tertinggal lebih dulu melalui Alvaro Morata pada menit ke-12, Jepang tidak menyerah begitu saja.

Mereka sukses mengembalikan kedudukan menjadi 2-1 hanya dalam tempo waktu tiga menit, melalui Doan di menit ke-48 dan Ao Tanaka di menit ke-51.

Hasil ini pun membuat Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan menempati puncak klasemen Grup E.

Baca Juga

1. Mengalahkan Dua Juara Dunia, Kroasia Patut Waspada

Selebrasi para pemain Timnas Jepang usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Dylan Martinez).

Meski belum dipastikan menjadi juara, namun siapapun yang menjadi lawan Jepang patut waspada, termasuk Kroasia yang bakal mereka hadapi di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Pasalnya, Jepang yang dari awal tak terlalu diunggulkan justru berhasil mengalahkan dua juara dunia hanya dalam satu event saja.

Tim besutan Hajime Moriyasu ini sukses mengalahkan Jerman sang juara Piala Dunia 2014 dan Spanyol juara Piala Dunia 2018.

Baca Juga

Ya, Jerman pernah menjadi penguasa dunia pada tahun 2014 lalu di Brasil. Kala itu, mereka berhasil menjadi juara Piala Dunia 2014 setelah kalahkan Argentina dengan skor 1-0 melalui gol Mario Gotze.

Sementara Spanyol sukses menjadi juara Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan usai menang atas Belanda dengan skor 1-0 melalui gol Andres Iniesta.

Kini, Jerman dan Spanyol masih memiliki nama-nama yang berlabel bintang di Piala Dunia 2022, tetap saja mereka tak mampu mengalahkan permainan sengit dari Jepang.

Hasil ini pun membuat Jepang mencatatkan dua momen ikonik di Piala Dunia sekaligus dan pastinya, Kroasia harus benar-benar mempelajari teknik permainan dari Tim Samurai Biru.

Baca Juga

Kroasia sendiri di atas kertas pastinya lebih diunggulkan dibanding Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Terlebih, mereka memiliki salah satu playmaker terbaik di dunia, yakni Luka Modric yang memliki akurasi umpan tingkat tinggi, termasuk Mateo Kovacic dan Ivan Perisic yang kualitas teknik permainannya juga sudah tak perlu diragukan lagi.

Berkaca dari pertandingan yang telah dilalui oleh Jepang, pastinya Kroasia benar-benar harus tampil maksimal.

Karena jika tidak, bukan tidak mungkin Jepang kembali menciptakan kejutan dengan menjungkalkan Kroasia di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga
KroasiaSpanyolJepangJermanPiala DuniaPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini