x

Rumput Laut, Superfood Kesukaan Ronaldo, Messi dan Benzema, Apa Manfaatnya?

Senin, 26 Desember 2022 13:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Lionel Messi mencium trofi Piala Dunia dan mendapat penghargaan Bola Emas Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM – Rumput laut menjadi salah satu resep kesuksesan karier Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Karim Benzema di sepak bola. Mengapa superfood satu ini dianggap penting oleh mereka?

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Karim Benzema sejauh ini masih menunjukkan kualitas mereka di level tertinggi meski sudah memasuki usia 30-an.

Khususnya, Cristiano Ronaldo yang sudah hampir berkepala empat namun memiliki kebugaran fisik yang oke dan performa sepak bola yang sudah tidak diragukan lagi.

Apalagi Lionel Messi, yang baru-baru ini menunjukkan kualitas terbaiknya mengantarkan Argentina memenangkan trofi Piala Dunia 2022 untuk pertama kalinya sejak 36 tahun.

Karim Benzema, meski tidak tampil di Piala Dunia 2022 karena cedera, tetap dianggap penyerang terbaik di level klub bersama Real Madrid.

Baca Juga

Musim ini dia mampu memasukkan 5 gol ke gawang lawan di sepanjang turnamen Liga Spanyol, memperpanjang torehannya sebagai salah satu top skor Real Madrid.

Kesuksesannya di dalam dan di luar lapangan ini rupanya dikarenakan rumput laut sebagai salah satu menu utama dalam program diet mereka.

Baca Juga

Menurut laporan surat kabar Marca dan Mundo Deportivo, ketiganya rutin mengonsumsi superfood  yang dikenal kaya manfaat.

INDOSPORT mengulas lebih mendalam mengapa rumput laut dijadikan makanan pokok para superstar sepak bola tersebut:

Baca Juga

1. Rumput Laut, Makanan Kaya Serat dan Zat Besi

Cristiano Ronaldo usai kekalahan Portugal di Piala Dunia 2022 REUTERS-Paul Childs

Rumput laut merupakan salah satu jenis keanekaragaman laut kerap direkomendasikan koki-koki pribadi bintang sepak bola di Liga Spanyo, salah satunya Alberto Mastromatteo.

Di Spanyol, rumput laut ini kebanyakan dikemas dengan Spirulina, yang memiliki jumlah protein 70 persan dan kaya akan vitamin seperti A, B, B2, C, D, E, dan K.

Di dalam rumput laun ini juga terdapat kandungan Chlorella. Zat ini mengandung protein sebesar 60 persen yang membantu memperlambat penuaan dini.

Selain itu, kandungan ini juga mempercepat metabolismie dan menghilangkan racun dari tubuh lebih cepat dari seharusnya.

Melansir dari BBC Good Food, rumput laut yang diolah jadi kering atau dinamakan nori, per 5 gram mengandung kira-kira:

Baca Juga

- 7 Kkal / 29 KJ

- 1,5g Protein

- 0,1g Lemak

- 3g Serat

- 22mg Kalsium

- 0,98mg Zat Besi

- 0,32 mg Seng

- 73,5mcg Yodium

- 1.4mcg Vitamin B12

“Mereka mengandung nilai gizi yang luar biasa,” ujar Alberto Mastromatteo.

Baca Juga

“Meski dikonsumsi dengan jumlah kecil, Anda mendapatkan banyak protein nabati, yang diserap tubuh lebih baik daripada protein hewani,” jelasnya.

“Saya sangat yakin dengan kandungan nutrisi mikroalga yang luar biasa, sumber asam lemak tak jenuh ganda omega 3 dan lipid sehat lainnya, vitamin, karotenoid, antioksidan, dan lain-lain.”

“Itulah mengapa saya biasanya menyertakan spirulina dan chlorella di semua hidangan saya,” tututpnya.

Baca Juga

2. 5 Manfaat Sehat Rumput Laut

Selebrasi Karim Benzema saat laga LaLiga Spanyol antara Real Madrid vs Barcelona

Melansir dari BBC Good Food, rumput laut memiliki lima manfaat kesehatan tang tak terduga. Apa saja itu?

- Membantu Kesehatan Tiroid

Seperti diketahui, kelenjar tiroid bertugas melepaskan hormon yang membantu pertumbuhan, energy, reproduksi, dan pemulihan tubuh setelah sakit.

Untuk melakukan tugas ini, tiroid membutuhkan sejumlah nutrisi, salah satunya yodium dan asam amino tirosin. Kedua nutrisi ini bisa ditemukan dalam rumput laut dengan kadar yang bervariasi tergantung jenisnya.

- Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut studi tahun 2011 yang diterbitkan American Journal of Agricultural and Food Chemistry, rumput laut dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat ini didapat berkat kandungan serat laut dan tingginya asam lemak omega-3 dalam rumput laut.

- Dapat Mendukung Kesehatan Usus

Rumput laut kaya serat makanan, yakni sekitar 25-75 persen dari berat keringnya. Sebagian besar serat ini dicerna dengan baik oleh bakteri di usus kita dengan cara serat bertindak sebagai prebiotik.

Dengan cara ini, serat rumput laut menciptakan lingkungan yang mendukung mikroba membantu membentuk respons kekebalan tubuh melalui produksi senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek.

- Meningkatkan Fungsi kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan rumput laut dapat meningkatkan kekebalan tubuh yakni menangkal dan mempersingkat durasi flu dan meminimalkan efek samping flu setelah sakit.

Studi yang lebih baru membuktikan adanya potensi rumput laut membantu pasien melawan Covid-19 (SARS-COV-2) selama karantina.

- Dapat Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Dengan memasukkan rumput laut ke dalam bagian diet sehat dan seimbang membantu Ronaldo, Messi dan Benzema mengatur gula darah dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Senyawa arotenoid, fucoxanthin di dalam rumput laut membantu mengurangi resistensi insulin dan mendukung kontrol gula darah yang lebih baik.

Real MadridCristiano RonaldoArgentinaLionel MessiKarim BenzemaPiala Dunia 2022Komunitas SehatSelebriti SehatTips Kesehatan

Berita Terkini