x

PSV vs AC Milan, Ujian Berat Stefano Pioli di Tengah Krisis Penyerang

Kamis, 29 Desember 2022 23:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Stefano Pioli harus meracik susunan pemain terbaiknya untuk laga uji coba PSV vs AC Milan. Foto: REUTERS/Antonio Bronic.

INDOSPORT.COM – Pertandingan uji coba antara PSV vs AC Milan bakal menjadi tantangan tersendiri bagi Stefano Pioli.

Duel dua klub raksasa berbeda liga ini rencananya bakal digelar pada Sabtu (31/12/22) mulai pukul 00.15 WIB.

Baik PSV Eindhoven maupun AC Milan sedang sama-sama mempersiapkan diri menyambut kembali bergulirnya liga setelah Piala Dunia 2022.

Namun sebelum menghadapi Sparta Rotterdam dan Salernitana di liga masing-masing, kedua tim akan terlebih dulu memanaskan mesin mereka dalam sebuah laga uji coba.

Tidak berbeda jauh, PSV Eindhoven dan AC Milan saat ini bertengger di papan atas klasemen dan belum beranjak dari lantai tiga besar.

Baca Juga

Untuk mempertahankan raihan apik ini, Stefano Pioli selaku juru taktik Rossoneri harus menerapkan strategi yang tepat dalam meramu timnya.

Seperti diketahui, raksasa Serie A Liga Italia ini belakangan dihantam krisis penyerang, di mana salah satu andalan mereka yakni Zlatan Ibrahimovich cedera.

Baca Juga

Stefano Pioli memang masih memiliki Olivier Giroud, namun sang pemain baru saja menyelesaikan tugasnya bersama Timnas Prancis di Piala Dunia 2022.

Meski liga belum resmi bergulir lagi, pelatih asal Italia tersebut harus menyiapkan tim menghadapi PSV dengan opsi ‘seadanya’ di lini serang.

Zlatan Ibrahimovich masih butuh pemulihan, OIivier Giroud sedang beristirahat, sedangkan Divock Origi juga tidak dapat dimainkan.

Baca Juga

1. Apa Strategi Stefani Pioli?

Stefano Pioli harus meracik susunan pemain terbaiknya untuk laga uji coba PSV vs AC Milan. Foto: REUTERS/Antonio Bronic.

Melawan PSV Eindhoven, Stefano Pioli mungkin akan menggunakan false nine di tengah keterbatasan pilihan pemain di skuadnya.

Nama utama yang mungkin jadi andalannya adalah Ante Rebic, yang bermain sebagai ujung tombak di pertandingan kontra Udinese di Liga Italia pada bulan Agustus.

Saat itu, AC Milan bermain dengan susunan 4-2-3-1, namun dengan Ante Rebic sebagai pemimpin barisan serang.

Hasilnya pun tidak mengecewakan. Ia berhasil mencetak dua gol di pertandingan tersebut, membantu AC Milan menang dengan skor 4-2.

Jika dipasang di laga PSV vs AC Milan dan tampil apik, bukan tidak mungkin pemain asal Kroasia ini akan dipilih Stefano Pioli sebagai tumpuan di laga selanjutnya melawan Salernitana.

Baca Juga

Olivier Giroud yang saat ini tengah menikmati momen rehatnya selepas Piala Dunia 2022, kabarnya bakal kembali ke skuad pada 30 Desember mendatang.

Hanya saja, menimbang kondisi fisik dan kebugaran sang pemain setelah tampil bersama timnas,  Stefano Pioli mungkin akan meletakkannya di bangku cadangan.

Baca Juga

Oleh sebab itu, kehadiran Ante Rebic sangat dibutuhkan AC Milan di laga melawan PSV Eindhoven, meski sifatnya hanya agenda uji coba.

Namun selain Ante Rebic, Stefano Pioli juga bisa mengandalkan rekrutan anyarnya yang baru dating dari Club Brugge musim panas lalu, Charles De Ketelaere.

Pemain yang satu ini pun cukup familier dengan peran false nine saat dulu masih bermain untuk klub lawasnya.

Baca Juga
 

2. Menerawang Susunan Pemain AC Milan Melawan PSV

Stefano Pioli harus meracik susunan pemain terbaiknya untuk laga uji coba PSV vs AC Milan. Foto: REUTERS/Antonio Bronic.

Tidak ayal, namanya pun mencuat sebagai opsi kedua setelah Ante Rebic apabila Olivier Giroud betul absen di laga PSV vs AC Milan.

Di sisi lain, masih ada satu nama potensial yakni Marko Lazetic, yang saat ini masih mengumpulkan pengalaman dan menit bermain di AC Milan Primavera.

Meski ada peluang dipanggil Stefano Pioli, pemain muda asal Serbia ini kemungkinan besar belum akan dimasukkan ke lapangan untuk bermain bersama tim utama.

Jelang PSV vs AC Milan

Sebelum menghadapi PSV Eindhoven, AC Milan melakoni sejumlah pertandingan di ajang Dubai Super Cup 2022.

Di kompetisi tersebut, mereka berjumpa Arsenal dan Liverpool, serta meraih hasil ‘gado-gado’ kontra dua wakil Inggris tersebut.

Baca Juga

Lalu berbicara soal ketersediaan pemain, Stefano Pioli nampaknya dibuat cukup pusing lantaran para orang penting yang ada di skuad masih belum bugar.

Sebut saja: Mike Maignan, Simon Kjaer, Alessandro Florenzi, Junior Messias, Zlatan Ibrahimovic, Rade Krunic, dan Divock Origi.

Baca Juga

Dengan hasil yang terbilang tidak terlalu impresif di Dubai Super Cup 2022, Stefano Pioli pun harus memutar otak lagi agar pihaknya benar-benar siap menyambut kembali Liga Italia bulan depan.

Prediksi starting line up AC Milan untuk menghadapi PSV Eindhoven:

Tatarusanu; Calabria, Kalulu, Tomori, Bozzolan; Bennacer, Tonali; Saelemaekers, Ketelaere, Leao; Rebic.

Baca Juga
AC MilanPSV EindhovenStefano PioliBola InternasionalAC Milan NewsOne Football

Berita Terkini