x

Melihat Karir 6 Pemain yang Dibuang Barcelona di Musim Panas 2022, Lord Braithwaite Jadi Bintang?

Senin, 2 Januari 2023 17:19 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Martin Braithwaite, pemain baru Barcelona.

INDOSPORT.COM - Barcelona lumayan banyak melepas pemain di musim panas 2022 kemarin. Lantas bagaimana nasib mereka di klub barunya? Apakah mampu jadi bintang?

Barcelona adalah klub raksasa yang memang sedang dilanda krisis finansial, jadi melepas sejumlah pemain tentu dilakukan di setiap bursa transfer. 

Baca Juga

Seperti pada musim panas 2022 kemarin, mereka melepas sebanyak 19 pemain belum termasuk Gerard Pique yang memutuskan pensiun jelang Piala Dunia 2022 kemarin. 

Kebanyakan dari pemain yang dilepas di musim panas 2022 kemarin memang dengan status pinjaman. Namun itu berguna untuk mengurangi beban gaji klub. 

Lantas siapa saja yang ‘dibuang’ Barcelona di musim panas 2022 kemarin dan bagaimana nasib mereka termasuk Lord Braithwaite?

Baca Juga

6. Nico Gonzalez

Nico Gonzalez merupakan jebolan La Masia yang belum dapat tempat di skuat utama seperti Gavi dan Pedro. Dia pun dipinjamkan ke Valencia selama semusim ke depan. 

Pada paruh pertama musim ini, Nico ternyata cukup diandalkan oleh Los Che dengan catatan 13 penampilan dan satu gol. Tapi sayang, dirinya kini mengalami cedera dan baru pulih pada Maret 2023 mendatang. 

5. Dani Alves

Menjadi andalan Barcelona selama delapan tahun, Dani Alves sempat hengkang ke Juventus pada musim 2016/2017. Namun di Turin, hanya semusim dan karirnya menurun sejak saat itu.

Baca Juga

Hingga pada akhirnya senyuman Dani Alves kembali mekar, karena mendapat panggilan dari rekan lamanya, Xavi Hernandez untuk pulang ke Camp Nou pada musim panas 2021.

Namun sayang, dia hanya memainkan 13 laga sekembalinya ke Barcelona di musim 2021/2022. Yang pada musim panas 2022, klub melepasnya ke klub Meksiko UNAM Pumas.


1. 4. Martin Braithwaite

Lionel Messi memeluk Martin Braithwaite dalam laga Barcelona vs Eibar

Kabar Barcelona bakal membuang Martin Braithwaite sebenarnya sudah bergelora di menit-menit akhir bursa transfer musim panas 2022 kemarin. 

Namun, hari-hari menjelang ditutupnya bursa transfer musim panas 2022, Barcelona dan Braithwaite akhirnya sepakat untuk menandatangani pengakhiran kontrak.

Baca Juga

Striker 31 tahun itu pun tampaknya belum kehabisan tajinya bersama Espanyol dengan sudah mencetak tiga gol dan satu assist dari 10 laga di Liga Spanyol sejauh musmi ini. 

3. Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang memang terus santer dikabarkan harus meninggalkan Barcelona di musim panas 2022 kemarin. 

Benar saja, pemain asal Gabon itu akhirnya gabung Chelsea dengan mahar sebesar 13,9 juta euro atau setara Rp192 miliar. 

Baca Juga

Biaya tersebut jauh di bawah permintaan Barcelona yang berada di kisaran 30 juta euro atau setara Rp444 miliar.

Namun sejauh paruh pertama musim 2022/2023 bergulir, dia belum begitu menjanjikan. Dengan baru tiga gol dan satu assist dari 14 penampilan di semua kompetisi bersama Chelsea.

2. Miralem Pjanic

Meski bursa transfer musim panas 2022 waktu itu sudah ditutup, namun Barcelona pada akhirnya tetap bisa melepas kepergian Miralem Pjanic. 

Baca Juga

Gelandang asal Bosnia-Herzegovina tersebut diizinkan untuk bergabung bersama klub kasta teratas Uni Emirat Arab, Sharjah FC.

Pjanic yang juga sempat jadi bintang AS Roma dan Juventus, kini dinilai cukup gemilang di Timur Tengah. Dengan mencatat tiga gol dan tiga assist dari 12 penampilan di semua kompetisi.


2. 1. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho, pemain Aston Villa. Foto: REUTERS/Lee Smith

Akhirnya Barcelona berhasil melepas Philippe Coutinho secara permanen. Niatan melepas gelandang serang asal Brasil itu memang sudah lama ingin direalisasikan Blaugrana. 

Hingga pada musim panas 2022 kemarin, Aston Villa menjadi klub yang rela menggelontorkan 20 juta euro untuk tanda tangan Coutinho. 

Dengan nama besarnya, gelandang 30 tahun itu seharusnya bisa jadi pemain bintang Aston Villa di Liga Inggris musim ini. 

Baca Juga

Meski pernah bermain di tanah Inggris membela Liverpool, performa terbaiknya tidak kunjung kembali bersama The Villans. 

Sejauh paruh pertama Liga Inggris 2022/23 bergulir, Coutinho mampu mencatat 14 penampilan dengan hanya lima kali starter.

Dani AlvesBarcelonaPhilippe CoutinhoLiga SpanyolMartin BraithwaiteNicolas Gonzalez

Berita Terkini