x

Skuad Garuda Select 5 Away ke Italia hingga Jerman, Ada Jadwal Uji Coba Lawan AC Milan

Rabu, 4 Januari 2023 11:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Guna memperkenalkan bagaimana ketatnya persaingan di kancah Eropa, skuad Garuda Select 5 melakukan laga tandang ke Italia hingga Jerman. (Foto: Pers Garuda Select/Mola TV)

INDOSPORT.COM - Guna memperkenalkan bagaimana ketatnya persaingan di kancah Eropa, skuad Garuda Select 5 melakukan laga tandang ke Italia hingga Jerman.

Saat ini skuad Garuda Select 5 besutan Des Walker dan Dennis Wise sudah bertolak dari Inggris menuju Italia dan akan berlatih di markas tim Como 1907 milik Djarum Group.

Selama di Italia, Garuda Select dijadwalkan untuk berlatih tanding melawan beberapa tim muda Italia, mulai akademi AC Milan (8 Januari) hingga Inter Milan (19 Januari).

Perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso berharap dengan adanya program away ini, pemain Indonesia semakin memahami bagaimana kualitas dan persaingan para pemain Eropa.

"Tujuan Program Garuda Select adalah untuk menjadi akselerator pengembangan bakat muda terbaik Indonesia," jelasnya.

Baca Juga

"Jika ada bakat pemain Indonesia yang menonjol, kami harapkan perkembangannya bisa menjadi lebih pesat lewat program ini."

Terbukti, dalam empat musim sebelumnya, ada beberapa pemain yang dilirik. Bahkan dikontrak oleh tim Eropa, juga puluhan pemain yang sudah debut di Liga 1.

"Dalam empat musim sebelumnya, ada 4 pemain yang dapat kesempatan bermain di Eropa, dan lebih dari 35 pemain menjadi pemain profesional di Liga Indonesia."

Baca Juga

"Komitmen kami adalah akan menggelar program ini selama 10 musim. Diharapkan setidaknya satu pemain Indonesia, yang akan mampu bersinar di Eropa," ucapnya.

"Lalu ia membuka jalan bagi pemain Indonesia lainnya untuk menembus liga Eropa. Secara tidak langsung menyediakan materi yang semakin baik bagi Timnas kita."

"Seperti Maroko, di mana hampir semua pemain Timnas mereka berkompetisi di liga-liga Eropa," jelas Mirwan Suwarso.

Baca Juga

1. Kualitas Jebolan Garuda Select

Muhammad Rafly Ikram Selang, pemain Garuda Select 5. (Foto: Pers Garuda Select/Mola TV)

Dari musim-musim sebelumnya, tercatat ada empat pemain jebolan Garuda Select yang berhasil mendapat trial dan juga dikontrak oleh klub sepak bola Eropa.

Sebut saja Bagus Kahfi di FC Utrech (2019-2021) dan kini di Asteras Tripolis (2022-sekarang), juga David Maulana dan Brylian Aldama di HNK Rijeka (2020-2021).

Kemudian, ada Muhammad Rafli Asrul yang sempat menjalani trial selama satu bulan di klub asal Yunani, Atromitos FC.

Di ajang sepak bola nasional, dari total 60 pemain yang mengikuti program Garuda Select, 35 pemain kini mendapat kontrak dari tim-tim liga 1 Indonesia.

Perlu diketahui pula, ada delapan pemain mendapat panggilan mengikuti seleksi dan persiapan Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Baca Juga

Selain itu, sepuluh pemain berhasil menjadi skuad utama Timnas U-19 di ajang Piala AFF 2022, dan lima pemain aktif di Timnas U-19 untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Program Garuda Select memunculkan bakat-bakat emas dari seluruh Indonesia, termasuk dari wilayah timur Indonesia. Ada Braif Fatar asal Papua, serta Ferre Murari dan Rafly Selang asal Ternate. 

Baca Juga

Sekadar informasi, program Garuda Select Season 5 membawa 16 pemain Indonesia, termasuk empat pemain dari Timnas U-16 Indonesia.

Setelah menempa program di Italia, tim Garuda Select season 5 dijadwalkan untuk kembali ke Inggris, dan kembali melakukan away ke Jerman.

Sampai saat ini Garuda Select 5 sudah menjalankan dua partai uji coba yang berakhir dengan dua kemenangan, yaitu melawan Fleetwood (menang 2-1) dan Wallsall FC (menang 2-1).

Baca Juga
ItaliaJermanAC MilanInter MilanBola InternasionalBakat Muda IndonesiaGaruda SelectMola TVComo 1907Perjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini