x

Prediksi Starting XI Timnas Indonesia vs Vietnam di Semifinal Leg 1 Piala AFF 2022

Jumat, 6 Januari 2023 12:39 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Official training Timnas Indonesia jelang laga babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di stadion GBK, Kamis (05/01/23).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong bakal dihadang lawan kuat yakni jawara Grup B, Vietnam, di pertandingan semifinal Piala AFF 2022.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022 bakal tersaji dalam dua leg. Witan Sulaeman dkk berkesempatan bermain home terlebih dahulu.

Duel leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat (06/01/23) sore WIB ini.

Bermain di depan ribuan suporter, pasukan Shin Tae-yong tidak boleh mengulang kesalahan yang sama, seperti saat bersua Thailand di penyisihan grup.

Kala itu, Skuat Garuda muda terlihat bermain buruk, padahal Thailand sempat bermain dengan 10 orang pemain. Alhasil, mereka harus puas bermain dengan hasil imbang 1-1.

Baca Juga

Skor tersebut membuat Timnas Indonesia akhirnya kalah agregat gol dari Thailand dan harus rela finiss di posisi kedua Grup A, meski memiliki poin sama.

Sementara itu, Vietnam sendiri tampil luar biasa di babak penyisihan grup. Pasukan Park Hang-seo finis di posisi pertama Grup B setelah meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Baca Juga

Doan Van Hau dkk menjadi satu-satunya tim peserta Piala AFF 2022 yang belum pernah kemasukan gol. Sedangkan barisan depan mereka juga tajam karena sudah mencetak 12 gol dalam empat laga.

Sama-sama belum terkalahkan di fase grup, duel Timnas Indonesia menjamu Vietnam diprediksi bakal berjalan panas pada sore nanti.

Berikut INDOSPORT telah merangkum prediksi starting XI Timnas Indonesia vs Vietnam di semifinal leg pertama Piala AFF 2022:

Baca Juga

1. Kiper dan Lini Belakang

Official training Timnas Indonesia jelang laga babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam di stadion GBK, Kamis (05/01/23).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sempat menyatakan kalau dirinya tidak ingin menggunakan taktik bertahan dalam duel melawan Vietnam.

Kesempatan bermain di kandang lebih dulu membuat Timnas Indonesia diprediksi bermain menyerang. Ia kemungkinan bakal menggunakan formasi 4-2-3-1.

Untuk posisi pejaga gawang, Nadeo Argawinata sepertinya bisa dimainkan oleh Shin Tae-yong. Ia memang sempat menderita cedera saat Skuat Garuda melawan Brunei Darussalam.

Namun update terbaru, ternyata kiper andalan Bali United tersebut hanya mengalami memar otot. Meski begitu, Shin Tae-yong masih memiliki pilihan memainkan Syahrul Trisna dan M. Riyandi.

Lini Belakang

Untuk posisi empat bek, Asnawi Mangkualam siap untuk mengisi sisi kanan. Meski ada sosok Yakob Sayuri yang beberapa kali mendapat pujian karena performa apiknya, namun Asnawi tetap layak mengisi posisi ini.

Baca Juga

Bukan tanpa alasan, dalam duel krusial melawan Vietnam di semifinal Piala AFF, jam terbang pemain sangat penting. Asnawi sendiri sudah berpengalaman dalam menghadapi duel penting bersama Timnas Indonesia.

Untuk posisi dua bek tengah, Fachruddin Aryanto dan Jordi Amat bakal menjadi dual tembok kokoh. Jordi Amat siap comeback membela Timnas Indonesia, setelah sebelumnya absen akibat akumulasi kartu.

Baca Juga

Sedangkan untuk posisi bek kiri, sudah jelas ada sosok Pratama Arhan yang membuat media Vietnam ketar-ketir. Pemain Tokyo Verdy ini memiliki mobilitas luar biasa dalam ikut bertahan dan menyerang.

Pratama Arhan juga memiliki kemampuan tidak biasa, yakni bisa melakukan lemparan ke dalam cukup jauh dari garis pinggir lapangan. Hal ini sempat membuat pelatih Vietnam, Park Hang-seo ketar-ketir.

Baca Juga

2. Lini Tengah dan Depan

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Kamboja laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Untuk posisi tengah, dua pemain Persib Bandung yakni Mark Klok dan Rachmat Irianto diprediksi bakal mengisi slot sebagai gelandang jangkar.

Marc Klok terkenal sebagai pengatur ritme dan aliran bola Timnas Indonesia. Sedangkan Rachmat Irianto juga memiliki kemampuan untuk bisa meredam agresivitas Nguyen Quang Hai dan Nguyen Hoang Duc.

Untuk posisi winger kanan, Saddil Ramdani sepertinya lebih layak untuk dimainkan ketimbang Egy Maulana Vikri. Mereka berdua memang sedang menjadi sorotan atas penampilan buruk, karena dianggap terlalu bermain egois.

Kemudian ada Marselino Ferdinan yang layak bermain sebagai playmaker atau gelandang serang. Meski masih berusia 18 tahun, ia mampu tampil gemilang dengan sudah mencetak satu gol dan satu assist.

Di sektor winger kiri, Witan Sulaeman cocok mengisi slot ini. Pemain yang berkarier di Liga Slovakia ini memiliki skill individu cukup bagus dan beberapa kali mampu melakukan umpan-umpan berbahaya.

Selanjutnya di posisi unjung tombak atau striker tunggal, sepertinya Dendy Sulistyawan cocok mengisi slot ini ketimbang Spaso. Pasalnya, Dendy Sulistyawan bisa dijadikan tembok, dan tidak seperti Spaso yang hanya menjadi striker murni. 

Berikut Starting XI Timnas Indonesia untuk menghadapi Vietnam:

4-2-3-1: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Marc Klok, Rachmat Irianto; Saddil Ramdani, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Shin Tae-yong.

VietnamTimnas IndonesiaEgy Maulana VikriSaddil RamdaniWitan SulaemanMarc KlokPark Hang SeoShin Tae-yongDoan Van HauJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini