x

AFF Gagal Total, 3 Pelatih Lokal yang Cocok Gantikan Shin Tae-yong Besut Timnas Indonesia

Senin, 16 Januari 2023 13:51 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Usai gagal bawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2022, banyak orang mulai kumandangkan pergantian pelatih Shin Tae-yong. Tagar STY Out pun menghiasi media sosial dalam seminggu terakhir.

Padahal Piala AFF 2022 merupakan ajang Piala AFF kedua bagi Shin Tae-yong memimpin Timnas Indonesia. Sebelumnya, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia masuk final Piala AFF 2020.

Dengan komposisi skuad hampir mirip, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong diharapkan bisa berbicara banyak pada ajang Piala AFF 2022. Namun sayang, Timnas Indonesia bahkan tidak bisa masuk babak final Piala AFF 2022.

Baca Juga

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong harus tersingkir dari babak semifinal Piala AFF 2022. Bertanding 0-0 dengan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Timnas Indonesia akhirnya benar-benar tersingkir karena kalah 0-2 saat bertandang ke markas Vietnam. Dengan agregat 0-2, Timnas Indonesia harus tersingkir dari Piala AFF 2022.

Hal itu yang kemudian membuat banyak suporter Timnas Indonesia kecewa dan wacana minta Shin Tae-yong diganti pun berkumandang. Jika Shin Tae-yong diganti, siapa kira-kira pelatih lokal yang cocok untuk menggantikannya?


1. Seto Nurdiantoro

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro. Foto: PSS Sleman

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro rasanya layak untuk diberi kesempatan untuk melatih Timnas Indonesia. Memang prestasinya sebagai pelatih sejauh ini baru sebatas di PSS Sleman saja.

Akan tetapi PSS Sleman di bawah asuhannya benar-benar bermain dengan gaya modern. Di Liga 1 musim ini, PSS berani membangun serangan dari bawah dengan permainan pendek kaki ke kaki.

Hal itu yang membuat banyak pengamat sepak bola banyak yang impresif atau tertarik dengan ide permainan yang dibangun Seto Nurdiantoro. Salah satunya dari Justinus Lhaksana.

Eks pelatih Timnas Futsal Indonesia itu bahkan mendukung jika Seto Nurdiantoro diberi kesempatan latih Timnas Indonesia beberapa tahun lalu. Menarik jika Seto Nurdiantoro benar-benar dikasih kesempatan ke Timnas Indonesia.

Baca Juga

Aji Santoso

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (12/06/22), jelang pertandingan Piala Presiden 2022 menghadapi Bhayangkara FC.

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso juga bisa menjadi sosok yang cocok gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Dengan pengalamannya, Aji Santoso memang bisa disebut bisa sebagai calon kuat.

Jika Timnas Indonesia dilatih oleh sosok pelatih lokal. Apalagi Aji Santoso di Liga 1 musim lalu menyandang status sebagai pelatih terbaik dengan mengalahkan banyak nama asing.

Persebaya Surabaya juga dibawa Aji Santoso jadi runner up Liga 1. Tak hanya itu, saat melatih Arema FC, Aji Santoso juga bawa Singo Edan jadi juara Piala Presiden 2017.

Selain itu, Aji Santoso juga pernah jadi pelatih Timnas Indonesia U-23. Dengan pengalaman sebanyak itu, Aji Santoso rasanya cocok jika harus gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. 


2. Widodo Cahyono Putro

Pelatih Bhayangkara FC, Widodo Cahyono Putro, saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (12/06/22), jelang pertandingan Piala Presiden 2022 menghadapi Persebaya.

Terakhir, Widodo Cahyono Putro yang saat ini menangani Bhayangkara FC juga bisa dikatakan cocok untuk gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Widodo Cahyono Putro saat masih jadi pemain, sempat gemparkan jagat Asia. 

Pasalnya ia sempat cetak gol spektakuler untuk Timnas Indonesia saat lawan Kuwait di Piala Asia. Kini jadi pelatih, Widodo Cahyono Putro memiliki banyak pengalaman.

Baca Juga

Salah satu prestasinya adalah membawa Bali United jadi runner up Liga 1 2017. Saat itu, Bali United hanya kalah dari Bhayangkara FC yang menjadi kampiun Liga 1 2017.

Selain itu, Widodo Cahyono Putro juga sempat menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia dalam 2 periode berbeda. Jadi mungkin ini saatnya Widodo Cahyono Putro naik ke jadi pelatih Timnas Indonesia.

Timnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yong

Berita Terkini