x

Detik-Detik Temperamen Granit Xhaka 'Kumat', Mikel Arteta pun Kelimpungan

Rabu, 18 Januari 2023 15:46 WIB
Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mikel Arteta masih harus berkutat dengan temperamen pemain Arsenal, Granit Xhaka. Foto: Marc Atkins/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Granit Xhaka dan Mikel Arteta sempat jadi sorotan di laga Liga Inggris (Premier League), Tottenham Hotspur vs Arsenal, Minggu (15/01/23).

Terdapat beberapa drama menarik yang menegangkan saat jalannya pertandingan bertajuk Derbi London Utara ini, bahkan hingga pertandingan selesai.

Diawali dengan perselisihan antara pemain Tottenham Hotspur, Richarlison, dengan kiper Arsenal, Aaron Ramsdale, hingga terjadi cek-cok mulut antara keduanya.

Bahkan, Richarlison sampai menunjuk hingga mendorong Aaron Ramsdale, tetapi kiper berusia 24 tahun itu menanggapinya dengan dingin tanpa berusaha untuk membalasnya.

Lalu ada intrik panas lainnya seusai pertandingan Derbi London Utara, yaitu, tindakan nekat fans Tottenham Hotspur yang menyerang dan menendang pundak Ramsdale dari belakang.

Baca Juga

Dari rentetan kejadian tersebut, tidak hanya para pemain dari kedua tim saja yang mencoba memisahkan, tetapi steward di pinggir lapangan coba membantu melerai perselisihan itu.

Saat dua kejadian itu mulai mereda, pada pemain dan ofisial Arsenal mulai berangsur untuk merayakan kemenangan penting tersebut.

Baca Juga

Tetapi, drama Derbi London Utara belum selesai sampai di situ. Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, sempat berlari kencang ke arah gawang yang dijaga Ramsdale saat babak kedua.

Mantan asisten Pep Guardiola di Manchester City itu awalnya sedang berdampingan dengan Ramsdale usai perselisihannya denga Richarlison usai, tetapi saat melihat ke belakangnya, Arteta berlari terbirit-birit.

Arteta berlari untuk mengejar seorang pemainnya yang hendak berselisih lagi dengan pemain Tottenham Hotspur saat timnya mulai merayakan kemenangan itu.

Baca Juga

1. Temperamen Granit Xhaka 'Kumat'

Mikel Arteta masih harus berkutat dengan temperamen pemain Arsenal, Granit Xhaka. Foto: Marc Atkins/Getty Images.

Mikel Arteta berlari untuk mengejar Granit Xhaka yang mencoba menghampiri pemain Tottenham Hotspur sesaat usai perselisihan antara Ramsdale dengan Richarlison serta fans Spurs usai.

Arteta sebelumnya telah menarik Ramsdale dan beberapa pemainnya ke pinggir lapangan, tetapi di saat yang bersamaan, Granit Xhaka ke arah sebaliknya.

Pelatih asal Spanyol itu menyadari jika letupan emosi yang selama ini dimiliki Xhaka sangat berbahaya dan menyadari jika pemain Swiss tersebut berjalan ke arah sebaliknya untuk melakukan keributan kembali.

Emosi tempramental yang dimiliki Xhaka disadari betul oleh Mikel Arteta yang akan merugikan timnya untuk melakoni laga-laga lanjutan Liga Inggris.

Oleh karena itu, saat melihat Xhaka hendak menghampiri pemain Spurs, Arteta lari terbirit tunggang langgang untuk melerainya dan menjauhkan sang pemain ke tempat yang lebih menenteramkan untuknya.

Baca Juga

Xhaka yang jelas marah tampak menghela napas usai dihampiri Mikel Arteta dan mengikuti menurut dengan yang diarahkan oleh pelatihnya.

Xhaka berdebat dengan ofisial dan pemain Spurs sebelum dilerai Arteta, namun akhirnya, pelatih berusia 40 tahun itu mengantisipasinya karena dikhawatirkan pemainnya itu mendapat sanksi bertanding.

Baca Juga

Seusai pertandingan, Mikel Arteta mengungkapkan jika kemenangan ini selain mengamankan posisi Arsenal di puncak klasemen, juga menjadi kemenangan tandang spesial yang ditunggu-tunggu.

"Salah satu yang terbaik karena sudah lama sekali, saya pikir pada 2014 sejak kami terakhir memenangkan [derby tandang liga] dan kami membicarakannya sepanjang minggu,” ujarnya dikutip situs resmi Arsenal.

“Ini semua tentang fans kami, mereka adalah jiwa dari klub ini dan ketika Anda pergi [ke laga tandang] dan berbagi kesenangan, Anda melihat wajah mereka betapa berartinya bagi mereka,” imbuh Arteta.

Baca Juga
ArsenalTottenham HotspurMikel ArtetaGranit XhakaDerby London UtaraLiga Inggris

Berita Terkini