x

3 Alasan Juventus Bukan Mustahil Akan Terdegradasi dari Liga Italia Musim Ini

Rabu, 1 Februari 2023 15:53 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Leonardo Bonucci dkk dalam laga Serie A Liga Italia antara Torino vs Juventus

INDOSPORT. COM - Juventus pernah pada masanya merupakan tim terkuat dan selalu mampu jadi juara Liga Italia dalam bermusim-musim. Ironisnya di Liga Italia musim ini, Juventus justru kini tengah terancam terdegradasi sejak mengalami berbagai masalah.

Masalah serius sedang menghinggapi Juventus musim ini di Liga Italia dengan fakta mereka bisa saja terdegradasi. Saat ini Juventus tengah tertahan di papan tengah Liga Italia musim ini dengan berada pada posisi ketiga belas.

Juventus berada di posisi ketiga belas setelah hanya bisa mengumpulkan 23 poin saja. Juventus bahkan berada posisinya di bawah sejumlah tim semenjana Liga Italia macam Bologna, Empoli bahkan hingga Monza.

Baca Juga

Pelatih Massimiliano Allegri bahkan sampai jadi cemas bahwa Juventus bisa saja terdegradasi dari Liga Italia musim ini. Pasalnya jarak poin Juventus unduk terdegradasi saat ini sangatlah dekat dan memungkinkan membuat mereka turun kasta.

Juventus praktis hanya unggul lima poin saja dari Spezia yang berada pada posisi aman yaitu peringkat ketujuh belas. Bahkan dari posisi kedelapan belas yang merupakan tempat terdegradasi yang sekarang ditempati Hellas Verona, Juventus hanya unggul 10 poin saja.

Dengan fakta itu, pantas saja Juventus terancam terdegradasi dari Liga Italia musim ini. Apalagi ada tiga alasan yang membuat Juventus benar-benar terancam terdegradasi dari Liga Italia musim ini, apa saja?


1. Pengurangan 15 Poin Akibat Manipulasi Laporan Keuangan

Aksi Angel Di Maria di laga Liga Italia antara Juventus vs Monza, Minggu (29/01/23) malam WIB.

Pertama adalah mengenai pengurangan 15 poin yang diterima oleh Juventus di Liga Italia musim ini. Juventus alami pengurangan 15 poin akibat manipulasi laporan keuangan yang dilakukan oleh manajemen sebelumnya terkait bursa transfer. 

Kecurangan yang dilakukan Juventus mengenai nominal bursa transfer berdampak pada hukuman pengurangan 15 poin. Pengurangan 15 poin sangatlah besar hingga membuat Juventus turun dari papan atas jadi tim menengah ke bawah dan terancam terdegradasi.

Sebenarnya dengan pengurangan 15 poin, Juventus masih tertahan di papan menengah ke bawah yang artinya belum terdegradasi.  Tapi ada alasan lain yang membuat Juventus bisa saja turun ke papan bawah dan bertarung menghindari zona degradasi.

Baca Juga

Performa Menurun Sejak Sanksi

Yaitu mengenai performa menurun sejak ada sanksi yang menimpa Juventus. Sebelum ada sanksi 15 poin, Juventus sempat dibantai oleh Napoli dengan skor sangat mencolok 1-5, itu menjadi pembuka menurunnya performa Si Nyonya Tua.

Ternyata setelah itu sanksi pengurangan 15 poin datang hingga membuat Juventus performanya hancur lebur. Dimulai dari ditahan imbang Atalanta dengan skor ketat 3-3 hingga puncaknya dipermalukan Monza dengan skor 0-2.

Jika performa terus menurun seperti yang diperlihatkan seperti lawan Monza terulang, maka bisa saja Juventus benar-benar terdegradasi. Apalagi ada masalah serius lain yang benar-benar bisa membawa Juventus pada jurang degradasi. 


2. Pemain Penting Cedera

Laga Liga Italia antara Juventus vs Atalanta, Senin (23/01/23) dini hari WIB. REUTERS/Massimo Pinca

Alasan terakhir adalah masalah cederanya pemain penting yang tak kunjung selesai. Sebenarnya pemain kunci seperti Dusan Vlahovic sudah berakhir tapi kemudian pemain kunci lainnya malah gantian cedera.

Yaitu Arkadiusz Milik yang alami cedera sehingga membuat Juventus tak pernah bisa turun dengan kekuatan penuh. Padahal di situasi Juventus sedang membutuhkan poin penuh agar bisa lepas dari ancaman terdegradasi, mereka membutuhkan semua pemain penting fit.

Baca Juga

Tapi yang terjadi malah para pemain kunci secara bergantian alami cedera, tentu itu adalah pertanda buruk. Dan bisa saja menyebabkan Juventus benar-benar terdegradasi dari Liga Italia musim ini, tentu itu adalah kiamat bagi Si Nyonya Tua.

JuventusMassimiliano AllegriLiga Italia

Berita Terkini