x

Marselino Ferdinan Gabung Klub Belgia, Persebaya Langsung 'Ultimatum' Timnas Indonesia

Kamis, 2 Februari 2023 10:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Marselino Ferdinan gabung klub Belgia, KMSK Deinze.

INDOSPORT.COM – Persebaya Surabaya memberikan pesan ultimatum kepada Timnas Indonesia menyusul kepindahan Marselino Ferdinan ke klub Belgia, KMSK Deinze.

Tepat di hari penutupan bursa transfer Liga Belgia, klub divisi 2 KMSK Deinze resmi mengumumkan kedatangan wonderkid Indonesia, Marselino Ferdinan.

KMSK Deinze dengan bangganya mengumumkan kedatangan Marselino Ferdinan. Tak hanya itu, sang pemain direkrut dengan kontrak hingga Juni 2024 ditambah opsi perpanjangan satu tahun.

Persebaya Surabaya, di sisi lain, turut senang dan bangga jika salah satu bintang muda andalan mereka mengepakkan sayapnya ke Benua Biru bersama KMSK Deinze.

Manajer Persebaya, Yahya Alkatiri, mengatakan awalnya klub tidak ingin Marselino Ferdinan namun tetap harus melepas demi masa depan Marsel sendiri.

Baca Juga

“Kami di Persebaya ikut bangga akhirnya Marsel menuntaskan negosiasi di KMSK Deinze. Sebenarnya kami berat hati melepasnya, bagaimana pun Marsel sangat dibutuhkan tim. Namun, kami pada akhirnya sadar, harus merelakan Marsel,” kata Yahya Alkatiri lewat keterangan resmi Persebaya.

Yahya Alkatiri juga menambahkan bahwa klub meyakini masa depan Marselino Ferdinan akan akan cerah di Eropa. Ini juga menjadi pembuka pintu bagi pemain Persebaya lain menyusul jejak Marsel.

Baca Juga

“Kami yakin arek Tandes ini tidak numpang lewat di Eropa. Ia akan membuka banyak jalan bagi pemain Surabaya dan Indonesia pada umumnya untuk ke Eropa,” tambahnya.

Persebaya Surabaya juga berpesan agar Marselino Ferdinan tidak cepat pulang ke Persebaya. Pesan ini menunjukkan harapan besar Persebaya agar Marselino betah merumput di Eropa.

Dalam keterangan resmi tersebut, Persebaya juga menitipkan secuil pesan untuk PSSI dan Timnas Indonesia setelah Marselino Ferdinan berlabuh ke KMSK Deinze. Apa itu?

Baca Juga

1. Persebaya Larang Timnas Indonesia Panggil Marselino Ferdinan

Aksi Marselino Ferdinan di laga Timnas Indonesia U-19 vs Brunei pada lanjutan Piala AFF U-19 2022, Senin (04/07/22).

Mungkin saja, setelah KMSK Deinze, Marselino punya kesempatan bermain di Inggris, Italia atau Spanyol jika dia memiliki catatan apik di klub pertamanya itu.

“Jangan cepat pulang ke Persebaya Marsel. Kami mendoakanmu punya karir panjang di Eropa. Setelah Belgia, kejarlah Italia, Inggris, dan kiblat sepak bola lainnya,” pungkas Yahya Alkatiri

Dengan Marselino Ferdinan bergabung ke klub Belgia, KMSK Deinze, sang pemain pun tentu butuh waktu untuk beradaptasi dengan kehidupan barunya di Eropa.

Oleh karenanya, Persebaya Surabaya meminta agar PSSI dan Timnas Indonesia jangan terlalu sering memanggil Marselino Ferdinan pulang ke tanah air.

“Teruslah lapar Marsel, ini baru awal babak barumu. Fokus. PSSI, mohon jangan terlalu mengganggu Marsel dengan undangan TC jangka panjang yang tidak perlu,” kata Yahya Alkatiri.

Baca Juga

Pesan Persebaya ini jadi sebuah peringatan bagi Timnas Indonesia, khususnya Timnas U-20 yang akan jalani pemusatan latihan (TC) menyambut Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Padahal, nama Marselino Ferdinan sebelumnya termasuk dalam daftar 30 nama yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC di Jakarta pada 1-28 Februari 2023.

Baca Juga

Pemain 19 tahun ini memang kerap jadi andalan di Timnas Indonesia. Sejak debutnya di level U-23 pada 26 Oktober 2021 silam. Dia juga diandalkan di level Timnas U-20 dan skuad senior

Secara keseluruhan, Marselino sudah mengemas 23 caps untuk timnas dengan 4 gol. Sementara di level senior, dia sudah mencatat 12 penampilan dan mencetak dua gol.

Menarik untuk dinantikan apakah Marselino Ferdinan nantinya bakal tetap bersama KMSK Deinz ataukah akan memenuhi panggilan Timnas Indonesia tampil di kedua turnamen akbar itu?

Baca Juga
Persebaya SurabayaTimnas IndonesiaBola InternasionalMarselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaKMSK Deinze

Berita Terkini