x

Local Pride! 5 Pelatih Asli Italia yang Bisa Dilirik AC Milan Jika Memecat Stefano Pioli

Senin, 6 Februari 2023 14:12 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Stefano Pioli saat laga Liga Italia antara AC Milan vs Inter Milan

INDOSPORT.COM - Posisi Stefano Pioli sebagai pelatih AC Milan memang sedang dipertanyakan. Pasalnya, Rossoneri sedang dalam performa yang terus memburuk. 

Terbaru, Rafael Leao dkk harus menelan kekalahan dari Inter Milan di laga lanjutan Liga Italia pada Senin (06/02/23) dini hari tadi. 

Baca Juga

Skor 1-0 hasil gol tunggal Lautaro Martinez cukup jadi pembeda di derby Inter Milan vs AC Milan di San Siro. 

Sukses membirukan Giuseppe Meazza dan kota Milan membuat I Nerazzurri kini mantap naik ke peringkat kedua Liga Italia lagi dengan koleksi 43 poin dari 21 pertandingan.

Sementara AC Milan kini sudah puasa kemenangan di tujuh partai beruntun dan sekarang sang juara bertahan Liga Italia kian merosot saja di tabel perolehan angka sementara.

Baca Juga

I Rossoneri duduk di peringkat keenam dengan koleksi 38 poin. Beruntung bagi mereka karena tidak ada gap lebar dengan para pesaing di empat besar.

Tentu saja posisi Pioli sebagai pelatih kepala langsung menjadi kambing hitam. Banyak pengamat yang menyebut waktunya tidak banyak jika kondisi tidak juga berubah. 

Tanpa kemenangan dalam tujuh laga beruntun, secara spesifik lebih parahnya lagi, Milan menelan kekalahan beruntun dalam tiga laga terakhir mereka. 

Baca Juga

Situasi akan semakin sulit karena sebelum menghadapi leg pertama 16 besar Liga Champions kontra Tottenham, mereka sudah punya lawan kuat di Liga Italia. 

Yakni Torino yang berada tepat di bawah mereka di klasemen sementara, di urutan ke-7 dengan selisih 8 poin. Jika situasi tidak berubah, Pioli bisa saja dipecat, dan berikut 5 pengganti yang cocok. 


1. 1. Mauro Tassotti

Raffaele Palladino

Nama pertama adalah Mauro Tassotti, yang sangat familiar dengan AC Milan. Dia sudah membela klub selama 17 tahun ketika aktif sebagai pemain. 

Setelah pensiun di akhir musim 2001/02 pun, dia langsung bergabung dengan staf kepelatihan Rossoneri. Bahkan Carlo Ancelotti pernah menunjuknya sebagai asisten pelatih. 

Baca Juga

Setelah terakhir kali menjadi asisten pelatih Andriy Shevchenko di Genoa, Tassotti kini tanpa klub. Sudah berusia 63 tahun, mungkin ini saatnya dia melatih tim senior AC Milan. 

2. Daniele Bonera

Tidak perlu mencari orang baru untuk mengisi posisi pelatih kepala jika AC Milan akhirnya memecat Stefano Pioli. Daniele Bonera dirasa cukup tepat untuk menjadi penggantinya. 

Kini, Bonera menjabat sebagai salah satu pelatih teknik di AC Milan. Bahkan dia pernah memimpin skuat senior di pertandingan Liga Italia ketika Pioli kena Covid-19. 

Baca Juga

Rekam jejaknya dalam mengasuh Zlatan Ibrahimovic dkk di tiga pertandingan juga cukup bagus untuk pelatih debutan. 

AC Milan dibawanya tidak terkalahkan dengan dua kemenangan dan sekali imbang dari tiga pertandingan Liga Italia. 

3. Raffaele Palladino

Nama Raffaele Palladino memang baru saja ditunjuk pada September 2022 untuk menangani Monza yang kini berkiprah di Liga Italia. 

Baca Juga

Meski terbilang baru, Palladino berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai pelatih. Kini, Monza berhasil merangsek ke papan tengah klasemen sementara, alias peringkat ke-11. 

Dari total 14 pertandingan di Liga Italia bersama Monza, tim asuhannya berhasil mempersembahkan tujuh kemenangan, termasuk menang atas Juventus di laga kandang-tandang. 


2. 4. Ignazio Abate

Ignazio Abate, bek AC Milan.

Ignazio Abate merupakan salah satu yang setia di AC Milan. Dia berangkat dari akademi Milan dan pernah mengangkat trofi Liga Italia untuk klub. 

Dia pensiun pada 2019 dan langsung melanjutkan karir di dunia kepelatihan. Rossoneri juga mempercayakan dirinya untuk melatih tim U-16.

Abate juga dikatakan naik kelas karena Milan mempromosikannya sebagai pelatih tim U-19. Menurut trek yang sedang dijalani, dia paling cocok untuk melatih skuat senior jika Pioli pergi.

Baca Juga

5. Roberto Donadoni

Roberto Donadoni merupakan salah satu pelatih senior berkebangsaan Italia yang sedang menganggur sejak kontraknya usai di Shenzhen FC pada Agustus 2020 lalu. 

Pelatih yang sempat menukangi tim nasional Italia pada medio 2006-2008 ini, memang belum pernah melatih tim besar. 

Namun dia tidak asing untuk AC Milan, karena ketika aktif sebagai pemain, dia membela Rossoneri selama 10 tahun. Bahkan Donadoni juga punya kedekatan dengan Direktur AC Milan sekaligus legenda klub, Paolo Maldini.

AC MilanMauro TassottiStefano PioliRoberto DonadoniLiga ItaliaIgnazio Abate

Berita Terkini