x

Ide Aneh Investor Qatar, Beli Manchester United Sekaligus Ingin Kuasai Tottenham

Minggu, 19 Februari 2023 18:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi pemain Manchester United, Jadon Sancho merayakan gol keduanya saat Manchester United vs Leeds United. (Foto: REUTERS/Peter Powell)

INDOSPORT.COM – Investor Qatar ternyata memiliki ide gila dengan rencana mengakusisi dua raksasa Liga Inggris, Tottenham Hotspur dan Manchester United.

Belakangan, Manchester United disebut akan diakuisisi oleh investor Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani.

Investor Qatar ini kabarnya tengah bersaing dengan taipan Inggris, Sir Jim Ratcliffe yang berusaha mendapatkan saham The Red Devils.

Kabarnya, Sheikh Jassim tengah mengajukan tawaran senilai 4,5 miliar pound untuk mengakuisisi Manchester United.

Hanya saja, dilansir dari Daily Star, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani ternyata punya ide gila soal mengakusisi klub.

Baca Juga

Selain ingin membeli saham Manchester United, sang investor ternyata punya niatan membeli sedikit saham dari Tottenham Hotspur.

Melalui grup bisnisnya, Qatar Sports Investment (QSI), Sheikh Jassim menginginkan untuk membuat banyak proyek sepak bola.

Baca Juga

Tentu saja, Tottenham Hotspur dan Manchester United akan jadi bagian dari proyek itu, selain juga klub raksasa Liga Prancis, Paris Saint-Germain.

Seperti diketahui, QSI memiliki PSG dan 21,67 persen di klub Liga Portugal, Braga, Oktober lalu dan ingin merambah Liga Inggris.

Hanya saja, memurut peraturan UEFA, Sheikh Jassim tak bisa memiliki Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Baca Juga

1. Konflik Kepentingan

Selebrasi pemain Manchester United, Jadon Sancho merayakan gol keduanya saat Manchester United vs Leeds United. (Foto: REUTERS/Peter Powell)

Pasalnya, konflik  kepentingan antartim akan terjadi, mengingat ada dua tim yang dimiliki orang yang sama di satu kompetisi yang sama.

Hanya saja, Sheikh Jassim boleh memiliki 30 persen saham di tim kasta kedua Liga Inggris yang tentu akan jadi solusi lain.

Belakangan, Sheikh Jassim kabarnya tak akan berafiliasi dengan QSI dalam mengakuisisi Manchester United, mekainkan dengan beberapa investoe Qatar lainnya.

Tentu saja, jika sang taipan berhasil mengakuisisi Manchester United, tak ada kaitannya dengan Paris Saint-Germain maupun Braga.

Di sisi lain, Tottenham Hotspur yang juga santer akan dilepas kabarnya akan coba diakuisisi oleh pengusaha blasteran Iran-Amerika Serikat.

Baca Juga

Pengusaha tersebut adalah Jahm Najali yang kabarnya akan menggelontorkan dana 3,1 miliar Pound untuk membeli Tottenham Hotspur.

Hanya saja, pemilik The Lilywhites, Daniel Levy akan berkomitmen untuk menjaga klub dan berkomitmen untuk melanjutkan proyek.

Baca Juga

Di sisi lain, Manchester United sendiri belakangan coba berbenah dengan kemungkinan datangnya investor baru.

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag akan mendatangkan sejumlah pemain baru dengan investasi besar dari Qatar.

Salah satu target yang coba didatangkan Manchester United adalah gelandang Barcelona, Frenkie de Jong di bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga
Manchester UnitedTottenham HotspurLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini