x

Drama 5 Gol Kalahkan Persis Solo, Pelatih PSM Makassar Bicara Peran Suporter

Senin, 6 Maret 2023 13:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Persis Solo di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (05/03/23). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, memuji peran suporter dalam kemenangan atas Persis Solo 3-2 pada lanjutan Liga 1 2022/2023.

Kehadiran ribuan suporter membuat semangat Wiljan Pluim dkk. berapi-api di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (05/03/23).

Para suporter PSM tak henti-hentinya memberi dukungan meski PSM sempat dua kali tertinggal. Ya, dalam laga ini Persis Solo dua kali unggul melalui gol Ryo Matsumura menit ke-32 dan Fernando Rodriguez menit ke-66.

Dalam situasi tak menguntungkan, PSM mampu mencetak dua gol penyama kedudukan lewat gol Yakob Sayuri menit ke-62 dan Wiljan Pluim menit ke-69.

Puncak dari kualitas PSM, mereka justru berbalik unggul setelah Everton Nascimento mencetak gol menit ke-77. Sundulan Everton memanfaatkan umpan Ramadan Sananta sukses menjebol gawang Persis Solo yang dikawal Gianluca Pandeynuwu.

Baca Juga

Bernardo Tavares tak sekadar bicara mentalitas timnya dalam hasil ini. Pria yang pernah masuk staf kepelatihan FC Porto ini berbicara peran suporter dalam mendongkrak kondisi fisik para pemain.

Dibandingkan dengan Persis Solo, PSM memiliki waktu istirahat yang lebih sebentar. Praktis dari segi pemulihan kondisi fisik tak bisa berjalan maksimal.

Baca Juga

"Lawan-lawan kita selalu memiliki dua hari lebih untuk memulihkan diri dari satu pertandingan ke pertandingan lain, tak terkecuali hari ini," kata Tavares usai pertandingan.

"Jadi, kalau bukan gara-gara dukungan suporter, kemungkinan kita akan mendapatkan hasil yang berbeda. Saya mengucapkan terima kasih pada suporter yang datang ke stadion hari ini," lanjut Tavares.

Baca Juga

1. Merayakan Bersama Suporter

Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Persis Solo di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (5/3/23). (Foto: Persis Solo)

Hal sama pun turut diungkapkan Everton Nascimento. Usai mencetak gol penentu kemenangan, Everton melakukan selebrasi emosional.

Gol kedelapan yang dicetak pada Liga 1 2022/2023 ini dirayakan dengan memanjat pagar tribun. Ia merayakan gol bersama para suporter yang memerahkan stadion.

Everton menghargai suporter yang datang pada laga ini. Dia merasakan sendiri betapa melelahkannya perjalanan selama tiga jam dari Makassar ke Parepare.

Baca Juga

"Terima kasih pada suporter yang sudah datang mendukung kita selalu. Tidak mudah melakukan perjalanan tiga jam dari Makassar untuk selalu mendukung kita. Saya ucapkan terima kasih pada suporter," ucap Everton.

Berkat kemenangan ini, peluang PSM Makassar untuk menjuarai kompetisi Liga 1 2022/2023 sangat besar.

Baca Juga

Tambahan tiga poin membuat PSM Makassar sudah unggul sepuluh poin dari Persib Bandung yang ada di peringkat kedua, serta sebelas poin dari Persija Jakarta di peringkat tiga.

Setelah ini, PSM Makassar akan menjalani laga pekan ke-29 Liga 1 2022/2023 dengan menghadapi Persikabo 1973 di Stadion Pakansari, Bogor, Kamis (09/03/23).

Baca Juga
PSM MakassarPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Bernardo Tavares

Berita Terkini