x

Respons Pelatih Persis Solo Tentang Drama 5 Gol di Markas PSM Makassar

Minggu, 5 Maret 2023 21:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Persis Solo di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (5/3/23). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, memuji performa timnya dalam drama di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (05/03/23). PSM Makassar dinilai menunjukkan mentalitas yang bagus pada laga pekan ke-28 Liga 1 2022/2023.

Laskar Sambernyawa harus menerima kenyataan pulang tanpa poin meski dua kali unggul. Persis Solo sempat membuka harapan lewat gol Ryo Matsumura menit ke-32 dan Fernando Rodriguez menit ke-66.

Namun, mentalitas PSM sebagai kandidat kuat juara Liga 1 sangat terlihat. PSM bisa dua kali mengejar ketertinggalan lewat gol Yakob Sayuri menit ke-62 dan Wiljan Pluim menit ke-69.

Puncak dari kualitas PSM Makassar, mereka justru berbalik unggul setelah Everton Nascimento mencetak gol pada menit ke-77.

Sundulan Everton memanfaatkan umpan Ramadan Sananta sukses menjebol gawang Persis Solo yang dikawal Gianluca Pandeynuwu.

Baca Juga

Hasil ini membuat Persis Solo kalah dua kali beruntun. Sebelum dikalahkan PSM Makassar 2-3, Persis Solo juga baru saja dikalahkan Bali United 1-2 di Stadion Maguwoharjo.

Terkait hasil di Parepare, Leonardo Medina, cukup senang dengan jalannya pertandingan ini. Kedua tim sama-sama menunjukkan kualitas hingga akhir laga.

Baca Juga

"Ini pertandingan yang bagus. Para pemain bermain bagus dengan menjalankan instruksi pelatih, tapi PSM tim yang bagus dan bisa memenangkan pertandingan," kata Leonardo Medina usai laga.

Meski kalah, pelatih asal Meksiko ini melihat performa bagus dari timnya. Leonardo tak mau menyalahkan satu atau dua pemain saja dalam tiga gol lawan. Permainan tim merupakan hasil kolektivitas bersama.

"Para pemain bisa bermain dengan apa yang Persis Solo inginkan. Setelah ini kita harus fokus dan bisa memenangkan pertandingan selanjutnya," tutur Leonardo Medina.

Baca Juga

1. Pergantian Ryo Disorot

Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Persis Solo di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (5/3/23). (Foto: Persis Solo)

Dalam laga ini, keputusan Leonardo Medina untuk mengganti Ryo Matsumura setelah mencatatkan assist untuk gol Fernando Rodriguez turut jadi sorotan.

Persis Solo mengganti Ryo menit ke-67 dengan memasukkan Arapenta Poerba. Pergantian itu dinilai tidak efektif, terutama dalam upaya memperkuat sektor tengah.

Pasalnya, selang dua menit dari pergantian itu, Persis Solo justru kebobolan lewat sundulan Wiljan Pluim. PSM akhirnya berbalik unggul menit ke-77 setelah Everton Nascimento mencetak gol.

Leonardo pun kemudian menjelaskan keputusan tersebut. Ternyata, situasi di lapangan memaksa Ryo Matsumura harus keluar lebih cepat dari biasanya.

"Rio pemain yang bagus dan punya visi yang bagus. Makanya Ryo bisa mencetak gol untuk Persis, tapi karena Rio mengalami cedera, makanya harus diganti pemain yang lebih siap," jelas Leonardo.

Baca Juga

Ryo Matsumura tentu dibutuhkan Persis Solo bukan untuk partai melawan PSM Makassar saja. Winger pinjaman dari BG Pathum United itu juga dibutuhkan untuk partai-partai selanjutnya.

Terdekat, Persis Solo akan menjalani laga tandang lagi. Rombongan tim Persis Solo akan bertolak ke Bogor untuk melawan RANS Nusantara FC di Stadion Pakansari pada 10 Maret 2023.

Baca Juga

"Semoga Rio bisa kembali pada performa terbaiknya," ucap Leonardo.

Dengan hasil ini, Persis Solo masih tertahan di peringkat sebelas klasemen sementara Liga 1 2022/2023. Persis Solo mengoleksi 33 poin dari 28 pertandingan.

Sementara PSM Makassar sudah semakin tak terkejar di puncak klasemen Liga 1. PSM mengoleksi 62 poin atau unggul 10 poin atas tim peringkat kedua, Persib Bandung.

Baca Juga
PSM MakassarPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini