x

AC Milan Lolos 8 Besar Liga Champions, Maldini Akui Terpukau Megahnya Kandang Tottenham

Kamis, 9 Maret 2023 13:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Direktur AC Milan, Paolo Maldini, mengaku terpukau kemegahan stadion Tottenham Hotspur saat timnya berhasil melaju ke perempat final Liga Champions 2022-2023.

INDOSPORT.COM – Direktur AC Milan, Paolo Maldini, mengaku terpukau dengan kemegahan stadion Tottenham Hotspur saat menjadi saksi keberhasilan timnya melaju ke perempat final Liga Champions 2022-2023.

AC Milan memastikan lolos ke perempat final turnamen paling elite di Eropa setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dalam laga away pada Kamis (09/03/23).

Bertanding di Stadion Tottenham, Rossonerri sejatinya hanya mampu bermain imbang tanpa gol alias 0-0 menghadapi pasukan Antonio Conte.

Namun, AC Milan sudah memiliki tabungan keunggulan 0-1 saat mereka memenangi laga leg pertama atas Tottenham Hotspur di San Siro.

Ini merupakan pertama kalinya bagi AC Milan tampil di babak delapan besar Liga Champions sejak terakhir kali mencapai fase yang sama pada musim 2011-2012.

Baca Juga

Paolo Maldini ikut menyaksikan perjuangan Theo Hernandez dan kawan-kawan memperebutkan tiket perempat final turnamen paling elite se-Eropa di kandang Tottenham Hotspur.

Selain ikut mendukung tim besutan Stefano Pioli, Maldini rupanya juga ingin merasakan kemegahan Stadion Tottenham Hotspur dengan fasilitas dan teknologi paling modern di Liga Inggris.

Baca Juga

Menurut Maldini, suasana Stadion Tottenham ini memberikan inspirasi bagi AC Milan yang saat ini tengah berjuang mendapatkan izin membangun stadion San Siro yang baru.

“Kami melihat keindahan stadion modern (pada Stadion Tottenham Hotspur),” ujar Maldini dilansir dari Football Italia. “Kami yang telah memainkan ratusan pertandingan di San Siro dan tahu rasanya bermain di stadion seperti itu juga menyadari sulitnya bersaing tanpa stadion modern, ini buktinya,” tambahnya.

Maldini menekankan bahwa di era sepak bola modern saat ini, klub harus memiliki anggaran kekuangan yang kuat untuk bisa bertahan di posisi empat besar liga domestik dan delapan besar Eropa.

Baca Juga

1. Pemasukan AC Milan Bertambah, Maldini Semringah

Brahim Diaz (tengah) merayakan golnya di laga AC Milan vs Tottenham Hotspur (15/02/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

“Di era modern, jika Anda tidak memiliki neraca yang kuat, secara matematis Anda tidak akan menjadi pemain reguler di empat besar di Italia dan delapan besar di Eropa.”

“Saya di sini bukan hanya untuk membantu Milan memiliki pendapatan tambahan, tetapi untuk mendapatkan hasil olahraga yang cocok untuk klub bersejarah. Kami harus ambisius di atas segalanya pada level olahraga.”

Sebagaimana diketahui, AC Milan memang tengah berencana membangun stadion baru setelah klub bersama tetanggga mereka, Inter Milan sepakat merobohkan San Siro dan Giuseppe Meazza.

Awalnya, AC Milan dan Inter Milan ingin membangun stadion bersama yang baru. Namun rumitnya birokrasi di Italia membuat kedua kubu terpecah belah.

AC Milan kini sedang mengerjakan proyek stadion baru tanpa Inter Milan. Stadion baru tersebut berkapasitas 60-70.000 di kompleks La Maura, di ibu kota Lombardy.

Baca Juga

Klub tentunya ingin membangun stadion indah, modern, dan fungsional di dunia, dan memasukan proyek regenerasi kota ramah lingkungan yang bermanfaat bagi warga sekitar Milan.

Proyek ini jelas membutuhkan dana yang besar. Tak ayal, lolosnya AC Milan ke perempat final dianggap Maldini bisa jadi modal bagi Milan  untuk melancarkan proyeknya tersebut.

“Itu akan menjadi hasil yang luar biasa. Sesekali, saya ingin mengingatkan orang-orang dari mana kami memulai, bagaimana kami sampai di sini, tanpa lolos ke Liga Champions selama tujuh tahun berturut-turut dan memiliki sumber daya yang sangat berbeda dengan Milan yang diingat semua orang,” tambah Maldini.

Baca Juga

Musim lalu AC Milan hanya mampu mengantongi sekitar 45 juta euro dari UEFA sebagai hadiah uang setelah hanya gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Namun pada musim ini, pemasukan AC Milan dari Liga Champions bertambah. Yakni 15 juta euro hanya dengan lolos kualifikasi, dan tambahan 17 euro dari ranking historis mereka.

Setelah berhasil menaklukkan Tottenham, AC Milan dipastikan mendapatkan tambahan pemasukan 10,6 juta euro, belum termasuk pemasukan penjualan tiket dan hak siar.

Baca Juga

Sumber: Football Italia

Liga ChampionsAC MilanTottenham HotspurPaolo MaldiniAC Milan News

Berita Terkini