x

FIFA Menangkan Gugatan Marko Simic, Persija Jakarta Harus Bayar Rp7 Miliar!

Kamis, 16 Maret 2023 15:10 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi pemain Persija Marko Simic usai mencetak gol ke gawang Persebaya di BRI Liga 1. Foto: Khairul Imam/Persija

INDOSPORT.COM – Kejutan terjadi manakala penyerang asal Kroasia, Marko Simic memenangi gugatan di FIFA atas mantan klubnya di Liga 1, yaitu Persija Jakarta.

Seperti diketahui, sengketa antara Marko Simic dan Persija Jakarta sempat terjadi pada April 2022 lalu dan berujung membuat sang pemain hengkang.

Kala itu, Marko Simic sempat menulis surat terbuka yang diunggah ke akun media sosialnya @markosimic_77.

“Dengan berat hati saya harus mengumumkan bahwa saya telah mengakhiri kontrak saya secara sepihak dengan Persija Jakarta karena telah melanggar kontrak saya usai tak membayar gaji selama satu tahun,” tulis Simic.

“Setelah 4,5 tahun pengabdian, 98 gol, 4 trofi, dan momen-momen tak terlupakan, penghargaan individu dan rekor yang saya pecahkan, ini adalah keputusan tersulit dalam hidup saya.”

Baca Juga

“Setelah berbulan-bulan janji tidak ditepati dan dibangkucadangkan hanya karena saya menagih hak, saya pikir kini saya perlu melangkah. Saya perlu melakukan yang terbaik untuk diri saya yang berhak saya dapatkan,” ujar Simic.

Selepas surat tersebut ditulis dan diunggah oleh Marko Simic, masalah kemudian meruncing, mengingat Marko Simic adalah pemain besar di Liga 1.

Baca Juga

Hengkangnya Simic karena tunggakan gaji kemudian memicu tanggapan banyak warganet dan kemudian menjadi masalah yang masif.

Hanya saja, FIFA kemudian memberikan tanggapannya nyaris setahun selepas kasus tunggakan gaji Marko Simic oleh Persija mengemuka.

Menilik dari rilis FIFA pada hari Kamis (16/03/23), disebutkan bahwa Persija Jakarta harus membayar kompensasi senilai 7 miliar rupiah (meliputi gaji dan bonus) karena masalah Marko Simic

Baca Juga

1. FIFA Berikan Hukuman pada Persija Jakarta

Pergerakan penyerang Persija Jakarta, Marko Simic ditempel ketat Marc Klok. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

Hal ini terjadi karena Macan Kemayoran kalah secara gugatan oleh Marko Simic dalam masalah sengketa gaji.

Tentu saja, FIFA memberikan tenggat waktu bagi Persija Jakarta  untuk membayarkan kompensasi tersebut, tepatnya selama 45 hari ke depan.

Keputusan FIFA ini setidaknya mengakhiri sengketa antara Persija Jakarta dengan Marko Simic, mengingat sudah nyaris setahun polemik ini terjadi.

Menariknya, Marko Simic belakangan kerap memberikan kode bahwa dirinya akan kembali ke Liga 1 dan disebut bakal bergabung dengan Bali United.

Beberapa waktu lalu, Marko Simic sempat mengunggah sebuah video acara musik yang akan digelar di Indonesia akhir tahun 2023 nanti.

Baca Juga

See you soon Indonesia,” tulis Marko Simic dalam unggahan Instagram Story tersebut.

Tentu saja, unggahan Marko Simic itu membuat banyak pihak menyangka bahwa sang pemain akan bergabung ke klub Liga 1.

Baca Juga

Terlebih lagi, Bali United disebut sudah sejak lama mengincar Marko Simic sejak ditangani oleh Stefano Cugurra.

Di luar tawaran itu, sang pemain kini tengah menganggur usai kontrak eks bomber Persija Jakarta itu tak diperpanjang oleh klub Serbia, Radnicki 1923.

Tentu saja, klub Liga 1 seperti Bali United berpotensi untuk menyodorkan kontrak baru kepada Marko Simic pada awal musim 2023-2024 nanti.

Baca Juga
Persija JakartaBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Marko SimicBerita Liga 1

Berita Terkini