x

Hasil Kualifikasi Euro 2024 Malta vs Italia: Retegui Cetak Gol Lagi, Gli Azzurri Terbang Tinggi

Senin, 27 Maret 2023 03:59 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Matchday kedua kualifikasi Euro 2024 Grup C antara Malta vs Italia pada Senin (27/03/23) di Ta'Qali National Stadium berkesudahan dengan skor 0-2. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

INDOSPORT.COM - Matchday kedua kualifikasi Euro 2024 Grup C antara Malta vs Italia pada Senin (27/03/23) di Ta'Qali National Stadium berkesudahan dengan skor 0-2.

Striker anyar kelahiran Argentina, Mateo Retegui, kembali keluar sebagai pahlawan Gli Azzurri dengan menyumbang salah satu gol kemenangan timnya.

Kini penggawa Tigre tersebut tercatat sudah punya dua gol dari dua caps untuk Italia. Capaian tersebut membuat Retegui menyamai catatan Riccardo Orsolini (2020), Enrico Chiesa (1996), dan Giorgio Chinaglia (1972) sebagai pemain yang bisa mewarnai dua partai perdana mereka untuk Si Biru dengan gol.

Tambahan tiga poin kini membuat Italia untuk sejenak bisa melupakan kekalahan dari Inggris di matchday pertama. Anak-anak asuh Roberto Mancini pun berhak duduk di tangga kedua klasemen Grup C kualifikasi Euro 2024.

Sementara itu Malta malah menjadi juru kunci dengan koleksi nol poin juga selisih gol -3.

Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Italia benar-benar mendominasi Malta pada babak pertama. Tim tamu bahkan bisa menembakkan tujuh peluang hasil menguasai 64% aliran bola.

Meski harus kehilangan Wiflreid Gnonto lebih cepat karena cedera sehingga harus digantikan oleh Vincenzo Grifo, namun dominasi Italia tetap tidak berubah. Bahkan mereka sudah bisa unggul di menit ke-15 lewat Mateo Retegui.

Baca Juga

Dalam prosesnya, Italia mendapatkan sepak pojok yang dihadapi oleh Sandro Tonali. Retegui yang sama sekali tidak terkawal di kotak enam yard kemudian dengan mudah menanduk masuk bola sekaligus mengklaim gol keduanya semenjak berkostum Gli Azzurri.

Di menit ke-27 Italia lagi-lagi bisa menggetarkan jala gawang Henry Bobello kali ini via Matteo Pessina yang menceploskan umpan silan dari Emerson Palmieri.

Hanya saja rekaman ulang menunjukkan jika bola lebih dulu menyentuh Matthew Guillaumier sebelum melewati garis gawang sehingga gol tersebut dihitung sebagai bunuh diri. Skor 0-2 bertahan hingga jeda.

Baca Juga

1. Babak Kedua

Skuat Italia di Kualifikasi Euro 2024. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

Di paruh kedua intensitas serangan yang Italia lancarkan ke pertahanan Malta masih sama.

Sejumlah kaki-kaki segar seperti Matteo Darmian, Gianluca Scamacca, dan Marco Veratti turut dimasukkan demi menambah tekanan namun sayangnya tidak ada gol yang bisa ditambahkan.

Baca Juga

Padahal Italia memiliki 67% penguasaan bola dan melepaskan delapan tembakan lagi namun tidak ada satupun yang bisa membuat Bonello kembali memungut bola dari gawangnya.

Laga pun berkesudahan dengan skor 0-2. Malta lagi-lagi harus memperpanjang rekor buruk mereka saat menghadapi Italia.

The Knights sejak 1986 sudah sembilan kali menghadapi negeri pizza di ajang resmi dan profesional namun tidak sekalipun pernah menang atau setidaknya menahan imbang mereka.

Baca Juga

Susunan Pemain Malta vs Italia

Malta (3-5-2): Henry Bonello, Ferdinando Apap, Steve Borg, Cain Attard, Joseph Mbong, Nikolai Muscat, Matthew Guillaumier, Yankam Yannick, Juan Corbalan, Alexander Satariano, Jodi Jones

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Giovanni Di Lorenzo, Giorgio Scalvini, Alessio Romagnoli, Emerson, Matteo Pessina, Bryan Cristante, Sandro Tonali, Matteo Politano, Mateo Retegui, Wilfried Gnonto

Baca Juga
ItaliaMaltaBola InternasionalEuro 2024Mateo Retegui

Berita Terkini