x

Erick Thohir Ingin Selamatkan Mimpi Hokky Caraka dan Timnas Indonesia U-20

Rabu, 29 Maret 2023 15:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Salah satu agenda Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bertolak ke Doha, Qatar, untuk bertemu FIFA adalah menyalamatkan mimpi Hokky Caraka dan Timnas Indonesia U-20. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM – Salah satu agenda Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bertolak ke Doha, Qatar, untuk bertemu FIFA adalah menyalamatkan mimpi Hokky Caraka dan Timnas Indonesia U-20.

Dalam Story pada akun resmi Instagram, Selasa (28/03/23), Erick Thohir bertemu dengan Hokky Caraka dan kolega di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Pertemuan tersebut terjadi sesaat ketika mereka sama-sama menyaksikan pertandingan FIFA Matchday leg kedua antara Burundi vs Timnas Indonesia yang berakhir imbang 2-2.

Setelah pertandingan tersebut, Erick Thohir juga dijadwalkan langsung menuju bandara untuk terbang ke Doha, Qatar menemui para petinggi FIFA.

Pertemuan dengan FIFA ini sejatinya tak lepas untuk mencari solusi terkait permasalahan perhelatan Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia.

Baca Juga

Di sisi lainnya, Erick Thohir juga berjuang menyelamatkan mimpi Timnas Indonesia U-20 tetap bisa bertanding untuk pertama kalinya di ajang Piala Dunia U-20.

“Hokky, selama saya masih ada, insya Allah tidak akan ada yang bisa menghancurkan mimpi kamu, mimpi saya, mimpi kita semua. Semoga lancar ikhtiar ini dan membawa hasil yang baik,” tulis Erick Thohir.

Erick Thohir ingin selamatkan mimpi Hokky Caraka dan Timnas Indonesia U-20.
Baca Juga

Pesan Erick Thohir itu sendiri berangkat dari unggahan pesan menohok dari Hokky Caraka di Instagram sehari sebelumnya dalam menanggapi polemik Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Menurut pemain PSS Sleman tersebut, jika Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia sama saja membunuh mimpi anak-anak bangsa.

Lewat unggahan tersebut, Hokky Caraka tampaknya ingin menunjukkan keinginannya agar bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023 seperti yang direncanakan.

Baca Juga

1. Indonesia Dihantui Sanksi FIFA

Erick Thohir hadir dalam laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di stadion Patriot, Selasa (28/03/23).

Dalam sebulan terakhir, Indonesia memang sedang dalam masalah besar jelang Piala Dunia U-20 2023, karena isu penolakan Timnas Israel dari berbagai tokoh dan institusi Tanah Air.

Penolakan terhadap Israel paling mengejutkan datang dari Gubernur Bali, Wayan Koster, yang kemudian disusul oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Timnas Israel U-20 sendiri lolos ke Piala Dunia U-20 2023 setelah berhasil mencapai semifinal kualifikasi zona Eropa Euro U-19 2022 yang digelar di Slovakia, 18 Juni-1 Juli 2022.

Menyusul polemik penolakan Timnas Israel U-20 bermain di Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia, FIFA kemudian  mengambil langkah tegas.

Yang pertama FIFA memberikan peringatan dengan membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali pada 31 Maret mendatang.

Baca Juga

Namun, pembatalan drawing ini juga memunculkan kegelisahan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan juga para penggawa Timnas Indonesia U-20.

Salah satunya, mereka khawatir polemik ini bisa membuat Indonesia dibekukan oleh FIFA alias timnas Indonesia tidak bisa mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan kalender FIFA.

Baca Juga

Itu artinya, Timnas Indonesia U-20 tidak diperbolehkan mengikuti Piala Dunia U-20 2023, sekali pun tuan rumah benar-benar dipindahkan ke negara lain.

Meski ada kemungkinan tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 2023 bisa berpindah ke negara lain, namun Indonesia melalui PSSI akan memperjuangkan hak mereka.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sudah mendelegasikan ketua umum PSSI, Erick Thohir untuk bertemu FIFA guna mencari solusi dari permasalahan ini.

Baca Juga
FIFAErick ThohirBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Timnas Indonesia U-20Hokky Caraka

Berita Terkini