Kulsoom Abdullah, Atlet Angkat Besi Berhijab yang Bergelar Doktor Teknik

Selasa, 6 Agustus 2019 15:24 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kulsoom Abdullah, atlet wanita angkat besi berhijab yang dikenal tangguh dan cerdas, telah menginspirasi banyak orang, terutama kaum hawa.

Kulsoom menjadi sorotan dunia setelah menjadi orang pertama yang mewakili Pakistan di Kejuaraan Dunia, serta satu-satunya wanita muslim yang bersaing dalam tunrnamen angkat besi internasional menggunakan hijab.

Tak hanya berprestasi di bidang olahraga, Kulsoom juga merupakan sosok wanita cerdas dengan gelar PhD bidang teknik komputer Institut Teknologi Georgia, Amerika Serikat.

Melansir dari laman berita olahraga Metro Sports, mencatatkan prestasi di olahraga angkat besi dan juga di bidang akademis ternyata sempat menjadi tantangan tersendiri bagi perempuan Pakistan yang juga lihai di dunia taekwondo ini.

“Itu tantangan, ketika saya sekolah pascasarjana, saya mendalami taekwondo dan aktivitas yang saya lewati hanya tidur, makan, belajar, bekerja, berlatih, lalu tidur lagi,” kata Kulsoom.

“Lalu saya menjajal olahraga angkat besi dan ternyata menikmatinya, terutama untuk menjaga kesehatan mental dan fisik saya, jadi saya hanya melakukan angkat beban sebagai bagian dari rutinitas saya untuk mengurus diri sendiri,” tambahnya.

Meski sempat menerima penolakan untuk menjadi atlet angkat besi karena mengenakan hijab, namun Kulsoom tak pantang menyerah. Ia terus berusaha hingga pada akhirnya dapat mengikuti kompetisi angkat besi di Olimpiade sejak 2010.

Berkat tekad dan kerja kerasnya lah hingga saat ini Kulsoom Abdullah mampu mengukir prestasi baik di dunia olahraga yang digemarinya maupun di bidang akademis. Ia pun memiliki keluarga yang benar-benar mendukung kariernya ini.