Bola Internasional

3 Pesepakbola Wanita Berhijab yang Tampil di Ajang Internasional

Minggu, 28 Juli 2019 18:57 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
©
Ilustrasi wanita berjilbab bermain sepak bola. Copyright: ©
Ilustrasi wanita berjilbab bermain sepak bola.

INDOSPORT.COM – Cabang olahraga sepak bola umumnya identik dengan aktivitas laki-laki. Meski kini telah marak kompetisi sepak bola wanita, namun tetap saja ada keterbatasan yang menghalangi sejumlah wanita untuk aktif bermain sepak bola, salah satunya adalah soal berpakaian.

Di beberapa negara tertentu, khususnya negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam seperti Indonesia, pakaian sepak bola atau jersey belum memenuhi syarat untuk diperbolehkan secara agama, salah satunya adalah karena tidak sepenuhnya menutup aurat.

Namun hal tersebut bukan menjadi penghalang beberapa wanita pemberani yang justru tetap aktif di lapangan hijau dan bermain sepak bola dengan mengenakan hijab, bahkan menjadi sorotan internasional.

Siapa saja mereka? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com merangkumnya untuk Anda.

1. Debi Puspita Rani

Debi Puspita Rani adalah pemain sepak bola asal Sumatera Selatan yang aktif di lapangan hijau sebagai seorang kiper. Ia memperkuat klub Persimura (Musi Rawas) Wanita dan sempat dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018 lalu.

Pesepakbola kelahiran Juni 1997 itu juga peduli dengan pendidikannya, dan kini tengah menempuh pendidikan tinggi Program Studi Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Universitas Sriwijaya, Palembang.

Bakat sepak bola Debi Puspita Rani memang telah terlihat sejak kecil, tepatnya ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Meski tak pernah bergabung dalam Sekolah Sepak Bola (SSB) namun Debi langsung meniti karir dengan memperkuat tim Villa Star Palembang sebelum kemudian berlabuh ke Persimura.

2. Nur Syahindah

Pemilik nama lengkap Nur Syahindah Mohammad Kamal ini adalah seorang pesepakbola wanita asal negeri jiran Malaysia. Akrab dengan si kulit bundar saat berusia 17 tahun, Syahindah kemudian bergabung dengan klub Kelantan Sri Sdaro Glow Glowing FC.

Meski harus bermain di lapangan terbuka, namun penggemar berat Ronaldinho itu tak sekalipun melepas hijabnya. Selain mengenakan jersey, salah satu kelengkapan Syahindah saat bermain bola adalah manset dan legging agar tetap dapat menutup aurat.

3. Assmaah Helal

Masih tak jauh dari Indonesia, ada Assmaah Helal, pesepakbola wanita asal Australia yang identik dengan hijab dan skill mumpuni saat bermain di lapangan.

Beberapa waktu lalu dalam kunjungannya ke Indonesia, Assmaah mendukung penuh sepak bola wanita di Tanah Air, yang memang memiliki antusiasme tinggi dalam cabang olahraga sepak bola.

“Pesan saya kepada semua perempuan di Indonesia yang sangat bergairah dengan sepak bola untuk membangun inisiatif berani bermain, dan yang terbaik untuk dilakukan adalah dengan belajar lebih banyak,” ucapnya seperti dilansir dari Antara.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%