Terkena Dampak Virus Corona, Lifter Indonesia Batal Ikut Kejuaraan Rumania

Selasa, 3 Maret 2020 01:55 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© ANTARA/HO/PB PABBSI
Kejuaraan angkat besi dunia junior di Rumania dikabarkan batal karena virus corona. Copyright: © ANTARA/HO/PB PABBSI
Kejuaraan angkat besi dunia junior di Rumania dikabarkan batal karena virus corona.

INDOSPORT.COM - Virus corona kembali memberikan dampak negatif di dunia olahraga. Terbaru, dikabarkan bahwa lifter Indonesia batal mengikuti kejuaraan angkat besi dunia junior yang dijadwalkan berlangsung pada 14-21 Maret di Bucharest, Rumania karena virus corona.

Sekadar informasi, virus corona sendiri memang tengah menjadi pusat perhatian seluruh masyarakat di dunia. Berawal dari Wuhan, China, virus corona kini bahkan telah menginfeksi 65 negara, termasuk Indonesia.

Hal tersebutlah yang membuat Federasi Angkat Besi Internasional membatalkan kejuaraan Asia di Bucharest, Rumania, yang mana berdampak pada dibatalkannya lima atlet junior Indonesia untuk dikirim ke Rumania.

"Hari ini saya dapat telepon dari IWF (Federasi Angkat Besi Internasional) bahwa untuk kejuaraan Asia yang rencana kita kirim lima atlet junior ke Rumania itu batal," ujar Wakil Ketua Umum PB PABBSI Djoko Pramono dikutip dari Antara.

Menurut Djoko, pembatalan itu tentunya akan berdampak kerugian untuk dirinya dan para atlet junior. Sebab kejuaraan tersebut menjadi salah satu ajang dan momen yang tepat untuk para lifter junior guna mengumpulkan poin menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

"Jadi saya merasa sedih karena (performa) anak-anak sedang bagus sekali. Ini sebenarnya momentum buat kita ke Olimpiade," katanya.

Sekadar informasi, IWF pada Sabtu (29/02/2020) lalu telah mengumumkan bahwa Kejuaraan Angkat Besi Dunia Junior 2020 di Rumania harus dibatalkan atas permintaan otoritas setempat serta permintaan Nicu Vlad, selaku Presiden Federasi Angkat Besi di Rumania.

Pembatalan tersebut tak lepas dari sebuah langkah preventif otoritas setempat akan kekhawatiran penyebaran virus corona yang semakin meluas.

"Kami telah menyimpulkan berdasarkan diskusi dengan Presiden Federasi Angkat Besi Rumania Nicu Vlad, Dewan Eksekutif IWF menerima keputusan pembatalan Kejuaraan Dunia Junior 2020 di Bucharest, Rumania," demikian pernyataan IWF.

Di sisi lain, virus corona sebelumnya juga telah membuat perhelatan Kejuaraan Asia yang dijadwalkan digelar pada 16-25 April di Kazakhstan mau tak mau harus dipindahkan menuju Tashkent, Uzbekistan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%