Eko Yuli Tak Masalah Jika Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda

Selasa, 24 Maret 2020 16:13 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© IWF.com
Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan mengaku bahwa dirinya tak masalah jika pesta olahraga Olimpiade Tokyo 2020 harus ditunda karena wabah virus corona Copyright: © IWF.com
Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan mengaku bahwa dirinya tak masalah jika pesta olahraga Olimpiade Tokyo 2020 harus ditunda karena wabah virus corona

INDOSPORT.COM – Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan mengaku bahwa dirinya tak masalah jika pesta olahraga Olimpiade Tokyo 2020 harus ditunda demi keselamatan para atlet lantaran terkena imbas dari virus corona (COVID-19).

Namun, Eko tetap berharap situasi akan cepat kondusif sehingga pesta olahraga terbesar di dunia itu bisa digelar sesuai jadwal, dan seandainya harus dijadwal ulang, pria 30 tahun itu berharap tidak diundur ke tahun depan.

Pasalnya, apabila Olimpiade Tokyo 2020 diundur ke tahun depan, kata Eko, itu bisa mengacaukan event olahraga yang memang sudah terjadwal berlangsung di 2021.

"Ya kalau bisa jangan sampai ditunda tahun depan, soalnya (Kalau tahun depan) pasti bentrok sama persiapan kejuaraan yang ada di tahun depan pastinya," kata Eko Yuli Irawan, dilansir dari laman Antara.

Meski nasib penyelenggaraan Olimpiade 2020 masih belum jelas, atlet peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 mengaku dirinya masih tetap fokus latihan untuk persiapan menuju Tokyo dan merebut medali emas.

Olimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan bergulir pada 24 Juli sampai dengan 9 Agustus mendatang. Namun hingga kini, pandemi virus corona tak kunjung reda. Kondisi tersebut membuat sejumlah komite olahraga di sejumlah negara menyerukan agar Olimpiade Tokyo ditunda demi keselamatan dan kesehatan para atlet.

Namun Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan panitia penyelenggara Tokyo 2020 masih berkeyakinan bahwa pesta olahraga terakbar di dunia itu bisa berlangsung sesuai jadwal.

Sebagai respons terhadap seruan penundaan yang semakin kencang, IOC dan panitia penyelenggara Tokyo 2020 yang awalnya bersikeras bahwa Olimpiade 2020 akan tetap digelar sesuai jadwal, kini sepakat untuk mulai membicarakan skenario alternatif, termasuk skenario penundaan.