Mohammad Hamada, Atlet Palestina yang Cetak Sejarah di Olimpiade Tokyo 2020

Rabu, 21 Juli 2021 21:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© gdnonline/REUTERS
Mohammad Hamada, Lifter asal Palestina di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © gdnonline/REUTERS
Mohammad Hamada, Lifter asal Palestina di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM – Mohammad Hamada, atlet angkat berat asal Palestina yang berhasil mencetak sejarah di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi harapan besar terutama untuk sejumlah atlet yang berasa dari negara konflik, untuk membuktikan bahwa mereka mampu dan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat negaranya meski di tengah peperangan yang tak kunjung berakhir.

Salah satunya ialah Mohammad Hamada, atlet angkat besi asal Palestina yang memiliki mimpi besar di Olimpiade yang berlangsung pada 24 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

Hamada yang tampil di kelas 96 kg putra sukses mencatatkan sejarah baru, yakni menjadi atlet angkat besi pertama yang dikirimkan oleh Palestina di Olimpiade.

Sebelumnya Palestina tak pernah mengirimkan Lifter berbakatnya di pesta olahraga terbesar di dunia tersebut. Maka momen ini akan menjadi pengalaman bersejarah untuk Palestina.

Melansir dari laman The Bridge, Hamada, yang baru berusia 19 tahun sudah bekerja keras dengan berpartisipasi dalam enam ajang kualifikasi internasional sejak 2019 demi bisa ikut ke Olimpiade.

"Ketika saya sampai di Tokyo, saya akan melakukan hal yang mustahil dan saya akan melakukan segala cara untuk menjadi berbeda. Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana perasaan saya bisa lolos ke Olimpiade Tokyo," kata Hamada.

Mohammad Hamada sendiri telah berangkat bersama Hussam, saudara kandung sekaligus pelatih tim angkat berat tim Palestina pada Selasa (21/07/21) kemarin.