Indonesia Sabet Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi, Merah-Putih Masih Belum Bisa berkibar

Sabtu, 11 Desember 2021 19:11 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© NOC Indonesia
Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah. Copyright: © NOC Indonesia
Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah.

INDOSPORT.COM - Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah sukses mengharumkan nama Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021. Sayangnya bendera Merah-Putih belum bisa berkibar.

Bertanding di Kejuaraan Dunia Angkat Besi yang dilangsungkan di Uzbekistan, Rahmat Erwin sukses menyabet dua medali emas, Jumat (10/12/21).

Dua medali emas tersebut diraih Erwin pada angkatan clean and jerk dan total angkatan dalam persaingan kelas 73 kg putra.

Dalam perebutan medali angkatan clean and jerk, lifter 21 tahun itu menjadi yang terbaik setelah pada angkatan ketiga mengangkat beban 192 kilogram. Erwin berhasil mengungguli lifter Albania, Calja Briken (186Kg), dan lifter Korea Selatan, Jeong Hanson(181Kg).

Secara keseluruhan atau gabungan dari angkatan snacth dan clean and jerk, Rahmat Erwin Abdullah memastikan medali emas dengan total angkatan 343 kg.

Sayangnya ada yang kurang dalam pencapaian prestasi Erwin kali ini. Seharusnya lifter berusia 21 tahun itu bisa mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya sambil melihat bendera Merah-Putih berkibar.

Akan tetapi kali ini bendera Merah-Putih kali ini tidak bisa berkibar lantaran Indonesia masih terjerat sanksi WADA. Sanksi tersebut diberikan karena ketidakmampuan Indonesia memenuhi rencana jumlah tes doping tahunan.

Sebagai gantinya saat Rahmat Erwin Abdullah menaiki podium tertinggi, berndera IWF (International Weighlifting Federation) yang berkibar.