Cetak Rekor Gila di SEA Games, Rahmat Erwin Abdullah: Biasa Aja, Harusnya Bisa 200 kg

Sabtu, 21 Mei 2022 16:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS
Rahmat Erwin Abdullah memamerkan medali emas yang didapatkannya di kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu (21/05). Foto: NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS Copyright: © NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS
Rahmat Erwin Abdullah memamerkan medali emas yang didapatkannya di kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu (21/05). Foto: NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS

INDOSPORT.COM - Cetak rekor fantastis di SEA Games 2021 cabang olahraga angkat besi, Rahmat Erwin Abdullah mengaku tak bisa mengekspresikan perasaan hatinya.

Rahmat Erwin Abdullah sukses menjaga gelar juara angkat besi di kelas 73kg putra, sekaligus mempertajam rekor yang pernah ia catatkan di SEA Games 2019 Manila lalu.

Bertanding di Hanoi Sports Training and Competition Center, Sabtu (21/5/22), Rahmat seolah tak terbendung di antara para rival.

Ia menjukkan kelasnya sebagai anak muda yang membawa pulang medali perunggu di Olimpiade 2020 Tokyo lalu, dan memang berada di level berbeda dengan para rival.

"Perasaan saya biasa aja, rasanya lebih berat yang kemarin (SEA Games 2019). Persaingan sekarang sudah jauh dari angkatan saya," kata Rahmat usai laga.

Rahmat mengawali angkatan snatch dengan beban seberat 142 kg, dan langsung berada di urutan teratas di antara enam lawannya.

Belum puas, Rahmat kemudian mencoba mempertajam rekor yang ia torehkan di SEA Games 2019 lalu, yakni 145 kg. Ia menambah 5kg pada angkatan tersebut dan berhasil.

Tak puas, Rahmat mencoba mengangkat beban snatch 155kg pada angkatan ketiga, berhasil lagi. Medali emas ia amankan lagi.

Capaian itu tak jauh berbeda dengan angkatan clean&jerk. Rahmat berhasil menjadi yang terbaik dan memecahkan rekor SEA Games dengan angkatan 190 kg.

Pada angkatan terakhir, Rahmat sempat mencoba mengangkat beban seberat 200 kg untuk memecahkan rekor dunia. Namun, upaya atlet 21 tahun itu belum berhasil.