x

Sebelum SEA Games, Lifter Windy Cantika Punya Misi Rebut Gelar Kejuaraan Dunia

Kamis, 7 April 2022 07:47 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor:
Sebelum bertanding di ajang SEA Games 2021 pada Mei mendatang, lifter muda Windy Cantika Aisah akan terjun pada Kejuaraan Dunia Junior 2022.

INDOSPORT.COM - Sebelum bertanding di ajang SEA Games 2021 pada Mei mendatang, lifter muda Windy Cantika Aisah akan terjun pada Kejuaraan Dunia Junior 2022. 

Sebagaimana diketahui, turnamen SEA Games 2021 pada Mei mendatang di Hanoi, Vietnam. Angkat besi merupakan satu di antara cabang olahraga yang dilombakan di pesta olahraga Asia Tenggara itu. 

Baca Juga

Salah satu atlet yang diturunkan Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) di ajang SEA Games 2021 adalah lifter muda Windy Cantika Aisah. 

Hal yang menarik, sebelum melakoni SEA Games, Windy Cantika akan diasah mentalnya dengan berkompetisi pada Kejuaraan Dunia Junior 2022. 

Kejuaraan Juara Dunior Angkat Besi 2022 akan digelar di Heraklion, Yunani pada 2-10 Mei 2022. 

Baca Juga

"Sebelum ke SEA Games, lima orang akan kami kirimkan ke Kejuaraan Dunia Junior 2022, termasuk Windy Cantika dan Rizki Juniansyah," tutur Wakil Ketua PB PABSI Djoko Pramono, dilansir dari Antara. 

"Setelah dari sana akan kembali ke Indonesia, lalu satu pekan kemudian langsung berangkat ke Vietnam (mengikuti SEA Games)," imbuhnya. 

Kejuaraan tersebut bakal menjadi pembuktian Windy untuk mempertahankan status juara dunia junior kelas 49kg putri yang diraih 2021 lalu. 

Baca Juga

Peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu merebut medali emas Kejuaraan Dunia Junior setelah mencatat angkatan snatch 86kg, clean and jerk 105kg, dan total angkatan 191kg.

Di Kejuaraan Dunia 2022, Windy Cantika mendapat keuntungan karena dua pesaing beratnya di Olimpiade Tokyo yaitu lifter peraih emas asal China, Hou Zhihui dan peraih pekak Mirabai Chanu Saikhom (India) kemungkinan tidak ikut karena usianya sudah memasuki atlet senior. 


1. Windy Cantika Berpeluang Gondol Gelar Kejuaraan Dunia

Aksi Windy Cantika di Olimpiade Tokyo 2020.

Seorang lifter bisa dikatakan masuk kategori junior apabila masih dalam rentang usia 17-20 tahun. Windy saat ini berusia 19 tahun, sedangkan Hou 25 tahun, dan Saikhom 28 tahun.

"Kita melihat Windy untuk (juara) dunia (senior) masih kalah. Di Olimpiade dia nomor tiga. Tinggal yang nomor satu dan dua itu ikut kejuaraan dunia junior atau tidak," kata Djoko.

Baca Juga

"Tapi kalau saya lihat mereka usianya sudah tua, jadi ya mudah-mudahan Windy bisa juara," pungkas dia.

Windy saat ini memiliki total angkatan terbaik 194kg dengan rincian snatch 84kg dan clean and jerk 110kg yang dibuatnya dalam Olimpiade Tokyo.

Sementara itu di ajang SEA Games 2022, Indonesia akan menerjunkan 13 atlet, termasuk Windy Cantika Aisah dan Eko Yuli Iriawan. 

Baca Juga

Wakil Ketua Umum PB PABSI Djoko Pramono optimis 13 lifter mampu menyumbang medali, mengulang kesuksesan yang ditorehkan pada SEA Games 2019 di Filipina. 

Kala itu,  Indonesia berada di posisi kedua dengan perolehan empat emas, satu perak, dan lima perunggu, di bawah Vietnam yang meraih 4 emas, 5 perak, dan 1 perunggu.

Djoko menuturkan bahwa pihaknya juga tidak mau sesumbar menyebut berapa medali yang bisa diraih Indonesia di SEA Games, tetapi ia memastikan bahwa para lifter yang diturunkan akan memberikan hasil terbaik.

Baca Juga

“Saya tidak berani mengatakan target medali. Kita buktikan saja,” ucapnya.

“Saat rapat di Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bersama dengan tim verifikasi, mereka tidak mau memberikan target kepada kami. Saya dan kawan-kawan hanya berjanji kami akan memberikan yang terbaik,” sambung dia.


2. Vietnam Ketar-ketar Satu Grup dengan Indonesia di SEA Games 2021?

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Terlihat pemandangan unik pasca drawing babak penyisihan grup SEA Games 2022 tadi. Pelatih Timnas U-23 Vietnam, Park Hang-seo memperlihatkan gestur 'menunduk'.

Pemandangan langka itu terlihat saat drawing grup cabang olahraga sepak bola SEA Games 2022 selesai dilakukan di sebuah hotel di Hanoi Vietnam, Rabu (06/04/22) siang tadi.

Selain Park Hang-seo, terlihat dia ditemani oleh pelatih sepak bola putri Vietnam, Mai Duc Chung dalam acara undiang grup sepak bola putra dan putri SEA Games 2022 pertengahan tahun ini.

Selain itu, dalam acara tersebut juga banyak pejabat FA Vietnam dan negara Asia Tenggara yang hadir. Dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) diwakili oleh Presiden Federasi, Tran Quoc.

Baca Selengkapnya: Satu Grup dengan Timnas Indonesia di SEA Games, Pelatih Vietnam Tunjukan Gestur Ketar-ketir

SEA GamesEko Yuli IrawanKejuaraan Dunia Angkat BesiWindy Cantika

Berita Terkini