Indonesia Basketball League

IBL Diharapkan Mampu Menjadi Tulang Punggung Bola Basket Nasional

Kamis, 19 November 2015 22:36 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT

IBL sendiri diharapkan dapat menjadi tulang punggung untuk kemajuan olahraga basket di tanah air. Dengan mengusung tagline 'reborn' diharapkan IBL nanti dapat memberikan kemajuan yang positif bagi pemain-pemain timnas Indonesia di ajang even internasional.

"Lahirnya kembali prestasi olahraga Basket Indonesia, harapan saya IBL jadi tulang punggung prestasi nasional terutama atlet muda. Kita berharap IBL bisa menjadi salah satu yang kita andalkan. Kami mendukung penuh kompetisi IBL di bawah operator yang baru yakni Starting5," jelas Ketua Umum Perbasi, Dani Kosasih dalam sambutannya.

Sebelumnya, Starting5 yang ditunjuk oleh PP Perbasi untuk menjalankan liga basket profesional Indonesia selama 5 musim kedepan dan akan menggelar terlebih dahulu preseason pada tanggal 24 sampai 29 November di C'tra Arena, Bandung.

Nantinya, kompetisi IBL sendiri akan dimulai pada 9 Januari sampai bulan Mei 2016, yang rencananya akan dimainkan di enam kota yakni, Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, dan Malang.

"Kami siap menjalankan kompetisi IBL dan WIBL, saya telah menyusun program future development seperti rookie draft yang akan bekerjasama dengan LIMA (liga mahasiswa). Juga ada salary cap dan penggunaan pemain asing supaya liga IBL semakin kompetitif," jelas Komisioner IBL, Hasan Gozali.

Selain itu, demi memberikan kepuasan yang mendalam kepada para pecinta bola basket tanah air. Starting5 selaku promotor juga bekerjasama dengan salah satu stasiun televisi swasta untuk menyiarkan secara langsung pertandingan ke-12 tim yang akan bersaing nanti.

4