Indonesian Basketball League

Raih Tiga Kemenangan Beruntun, Satya Wacana Kian Dekat ke Play Off

Rabu, 6 April 2016 19:53 WIB
Editor: Charles Emanuel Dominggus
© Dana Purba/INDOSPORT
Andre Adriano cetak 17 poin untuk kemenangan Satya Wacana. Copyright: © Dana Purba/INDOSPORT
Andre Adriano cetak 17 poin untuk kemenangan Satya Wacana.

Tempo permainan berjalan lambat pada kuarter pertama. Bimasakti sebenarnya banyak mendapat peluang untuk mencetak angka di kuarter pembuka ini. Namun, sayangnya hal itu tak diikuti dengan eksekusi yang baik dari para pemainnya. Kuarter pertama berakhir dengan skor 12-10 untuk keunggulan tim asal Kota Malang.

Kehadiran Ragil yang masuk pada akhir kuarter sebelumnya, memberikan angin segar bagi permainan Satya Wacana. Ia mampu menarik perhatian para pemain lawan untuk menjaganya. Hal itu membuat shooter Satya Wacana lainnya, Andre Adriano mendapat ruang tembak yang lebih luas.

Alhasil, Satya Wacana pun berhasil unggul 24-18 pada pertengahan kuarter kedua. Para pemain Bimasakti pun lebih leluasa melakukan penyerangan, hingga akhirnya mereka berbalik unggul 26-24 sebelum jeda half time.

Strategi defense yang dijalankan oleh Satya Wacana berjalan dengan baik di kuarter ketiga. Memanfaatkan fastbreak, tim asal Salatiga itu pun berhasil merebut 15 poin beruntun, untuk berbalik unggul 39-28.

Akan tetapi, Bimasakti bangkit di sisa waktu kuarter ketiga. Mengandalkan skill individu dari kapten Yanuar Dwi Priasmoro, Bimasakti memperkecil ketinggalan di akhir kuarter ketiga menjadi 38-44.

Situasi mengkhawatirkan menimpa Satya Wacana di kuarter keempat. Bigman mereka, Musthofa Ramadhan terkena foul out pada pertengahan kuarter. Selain itu, center andalan mereka, Firman Dwi  Nugroho turut mendapat foul trouble. Satya Wacana tetap bisa menjaga margin keunggulan, hingga akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan 51-44.


Budi Sucipto menjadi otak permainan Satya Wacana Saltiga.

Dengan kemenangan ini, maka Satya Wacana sudah unggul 2-1 dalam rekor head to head melawan Bimasakti. Sebelumnya, mereka kalah 53-67 di seri II dan menang 47-41 di seri IV.

Satya Wacana naik ke posisi keenam dengan raihan 38 poin. Bimasakti berada di posisi kesepuluh dengan 30 poin.

Hasil ini menjadi modal bagus bagi Satya Wacana untuk menghadapi M88 Aspac Jakarta pada hari Jumat (08/04). Sementara itu, Bimasakti akan melakoni duel melawan Garuda Bandung, Kamis (07/04).

1