IBL Indonesia

Tundukkan Bimasakti, Bandung Utama Jaga Peluang ke Playoffs

Selasa, 26 April 2016 09:07 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© IBL
Kapten tim JNE Bandung Utama Gian Gumilar mencetak 10 angka pada pertandingan versus Bimasakti. Copyright: © IBL
Kapten tim JNE Bandung Utama Gian Gumilar mencetak 10 angka pada pertandingan versus Bimasakti.

Bintang Bandung Utama, Surliyadin menjadi pencetak terbanyak dalam laga tersebut dengan 14 poin, diikuti oleh rekannya, Untung Maryono yang juga tampil impresif dengan menghasilkan torehan 11 poin dan 9 rebounds untuk Bandung Utama. Di Bimasakti, Alan As’adi memberikan sumbangsih 14 poin.

Perolehan angka kedua tim berlangsung ketat di kuarter pertama. Bandung Utama mencoba meredam tekanan dari tim lawan dengan mempersolid pertahanan. 

Mereka pun berhasil memaksa Bimasakti untuk melakukan tujuh kali turnovers, sekaligus dapat mengonversinya menjadi tujuh poin. Sementara itu, Bimasakti mengandalkan tembakan tiga angka untuk meraih poin. Bandung Utama unggul 14-12 pada akhir kuarter pertama.

Tim asuhan Ocky Tamtelahitu ini mampu melebarkan keunggulan 20-14 di awal kuarter kedua. Melihat situasi tersebut, Bimasakti mencoba bermain lebih agresif. Alhasil, skuad polesan Coach Oei A Kiat berhasil mengejar, hingga berbalik memimpin 24-22.

Surliyadin dan rekan-rekannya melebarkan keunggulan 50-38 pada paruh pertama kuarter keempat. Namun, Bimasakti bangkit di sisa lima menit terakhir, hingga menipiskan ketinggalan menjadi 49-52. Meski sudah berjuang maksimal, Bimasakti tetap tak lolos dari kekalahan. Bandung Utama akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor kemenangan 56-51.

“Anak-anak cukup kelelahan di pertandingan ini, hingga banyak melakukan kesalahan. Tapi, kami bersyukur dapat meraih kemenangan atas Bimasakti. Mungkin anak-anak sedikit terbebani dengan tekanan untuk menang, tapi tekanan itu juga sangat berguna supaya kami dapat berkembang. Seperti yang saya katakan, di seri ini tema kami adalah bermain basket. Saya tidak mau anak-anak terlalu kepikiran untuk lolos ke play offs. Yang jelas, kami akan terus berusaha untuk menampilkan yang terbaik di tiap pertandingan,” ujar pelath Bandung Utama, Octaviarro “Ocky” Tamtelahitu seperti rilis IBL yang diterima INDOSPORT.

Dengan kemenangan ini, Bandung Utama berada di peringkat sembilan dengan mengoleksi 39 poin. Mereka berada di belakang Satya Wacana dan Hangtuah Sumsel yang masing-masing mengoleksi 42 dan 41 poin. Peluang Bandung Utama untuk lolos ke babak playoffs pun masih terbuka.