NBA

Russell Westbrook Catat Sejarah dengan Samai Rekor Big O

Minggu, 9 April 2017 12:10 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© twitter
Russell Westbrook, pemain Oklahoma City Thunder. Copyright: © twitter
Russell Westbrook, pemain Oklahoma City Thunder.

Russell Westbrook menjadi pemain kedua dalam sejarah NBA yang mencatat rata-rata triple-double sepanjang satu musim. Catatan itu ia torehkan saat mencetak delapan assists di pertandingan Oklahoma City Thunder vs Phoenix Suns, Sabtu (08/04/17). Sayangnya, meski sang point guard mencatat rekor, Thunder tetap takluk dari tuan rumah dengan skor akhir 99-120.

Rekor ini hanya pernah dilakukan satu kali dalam sejarah NBA oleh Oscar Robertson, atau yang dikenal dengan julukan Big O, pada 55 tahun lalu atau tepatnya pada musim 1961/62. Sejak itu, beberapa kali pemain top NBA berpeluang untuk menyamai rekor ini seperti Magic Johnson, Jason Kidd, dan LeBron James. Namun ternyata Westbrook-lah yang mampu melakukannya.

Rekor Westbrook ini tercipta tepatnya saat ia mencetak assist keenam di kuarter ketiga dalam pertandingan kontra Suns. Ia saat itu memberi umpan kepada Victor Oladipo. Westbrook bergabung dengan pencapaian Robertson yang mencetak rata-rata 30,8 poin, 12,5 rebounds, dan 11,4 assists di setiap laga pada musim 1961/62. Sementara Westbrook mencatat 31,7 poin, 10,7 rebounds, dan 10,4 assists.

"Saya tak akan pernah bilang dalam sejuta tahun bahwa saya berpikir hal itu mungkin dilakukan. Bagi saya, bisa melakukannya adalah sebuah berkat. Saya merasa terhormat bisa melakukannya, terutama di laga ini, di level tertinggi. Ini adalah berkat. Saya sangat bersyukur dan bahagia bisa melakukannya," ucapnya kepada ESPN.