20 Pemain Asing Ini Siap Ramaikan Gelaran IBL 2018

Selasa, 3 Oktober 2017 22:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Sepuluh tim peserta Indonesia Basketball League (IBL) telah memutuskan pemain asing yang menjadi pilihan untuk memperkuat tim pada liga musim depan. Sekitar 18 wajah baru akan beraksi pada IBL 2018, ditambah dua muka lama yang sudah akrab dengan kompetisi basket Indonesia.

Sesuai peraturan, lima klub yang tak lolos playoff musim lalu berhak mendapat kesempatan memilih di urutan pertama pada IBL Draft 2017/18. Setelah dilakukan pengundian virtual, Satya Wacana mendapat kesempatan pertama.

Klub asal Kota Salatiga itu pun memilih nama De Angelo Hamilton sebagai nama asing pertama yang masuk di skuatnya musim depan. Selanjutnya giliran Bima Perkasa Jogja, Hangtauh Sumsel, NSH Jakarta, dan Siliwangi Bandung.

© http://mainbasket.com
Dominique Williams (aspac) Copyright: http://mainbasket.comDominique Williams (Aspac)

Sementara itu, lima tim yang lolos ke babak playoff secara berurutan kemudian memilih pemain incaran. Dimulai dari Garuda Bandung, Pacific Caesar, W88 News Aspac, Pelita Jaya, dan terakhir Satria Muda. Garuda pada putaran pertama draft memilih Roderick Flemings dan pada giliran kedua merekrut Ashton Gibbs. Kedua pemain tersebut dinilai sesuai kebutuhan tim dan sudah dipantau terlebih dahulu.

“Keduanya memang pilihan kami. Saya memilih lebih dahulu berdasarkan track record dan statistik pemain ,” kata pelatih Garuda, Andre Yuwadi.

Untuk kompetisi musim depan, setiap klub IBL memang berhak memakai dua pemain asing. Selain itu, masing-masing klub juga diperbolehkan mempertahankan minimal satu pemain asing yang dipakai musim lalu.

Kesempatan itu pun dimanfaatkan oleh Aspac Jakarta dan Pacific Caesar Surabaya yang mengambil opsi mempertahankan satu pemain asing sebelumnya. Aspac kembali memakai Dominique Nelson Williams, sedangkan Pacific tetap setia dengan David Seagers.

© mainbasket.com
David Seagers Copyright: mainbasket.comDavid Seagers

“Kami memilih mereka karena sudah kenal karakter bola basket Indonesia, dan kami juga sudah tahu permainan mereka. Tidak seperti membeli kucing dalam karung,” urai manajer Aspac, Gagan Rahmat.

Sebagai catatan, IBL musim 2018 nanti memang hanya diperkuat 10 tim menyusul mundurnya CLS Knights Surabaya lantaran tidak bisa memenuhi persyaratan panitia mengenai badan hukum klub. Pihak IBL menginginkan setiap klub berlandaskan Perseroan Terbatas (PT), namun CLS tidak bisa melepaskan status Yayasan. Teraktual, CLS dikabarkan akan ikut kompetisi Asean Basketball League (ABL).

Berikut adalah daftar pemain asing terpilih dalam Draft IBL 2017:

1. Satya Wacana Salatiga Salatiga
    a. De'angelo Hamilton
    b. Madarious Gibbs

2. Bima Perkasa Jogja
   a. Emilio Parks
   b. Anthony McDonalds

3. Hangtuah Sumsel 
    a. Nashon George
    b. Keenan Palmore

4. NSH Jakarta 
   1. Dominic Woodson. 
   2. Brachon Griffin.

5. Siliwangi Bandung
   a. Anthony Jones.
   b. Willie Kemp

6. Garuda Bandung
    a. Roderick Flemings.
    b. Asthon Gibbs

7. Pacific Caesar Surabaya
   a. David Seagers
   b. Kavon Lytch

8. W88.News Aspac Jakarta
   a. Dominique Williams.  
   b. Nate Barfield.

9. Pelita Jaya EMP Jakarta
   a. Wayne Bradford
   b. Merril Holden

10. Satria Muda Pertamina Jakarta 
     a.  Kevin Bridgewaters
     b. Dior Lowhorn