Mengundurkan Diri, Indonesia Berpeluang Gantikan Rusia di Ajang Piala Dunia

Sabtu, 25 November 2017 08:11 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Dilansir dari Japan News Time, Indonesia memiliki peluang untuk menggantikan Rusia, yang memutuskan untuk mundur dari pencalonan tuan rumah Piala Dunia Basket 2023. Pengunduran diri Rusia disampaikan langsung oleh Presiden Bola Basket Rusia (RBF), Andrei Kirilenko.

Kirilenko mengatakan bahwa penarikan tersebut dilakukannya terkait banyaknya sorotan negative yang tengah mengarah kepada atlet-atlet di negeri Tirai Besi. Sekadar informasi, banyak atlet Rusia yang kini menjadi sorotan media perihal penggunaan doping di berbagai kejuaraan dunia.

“Kami mempertimbangkan sikap negatif dunia kepada atlet-atlet kami dalam mengambil keputusan ini," ucap mantan bintang NBA tersebut pada Jumat (24/11/17) lalu.

Hal ini pun membuat persaingan untuk penunjukkan tuan rumah Piala Dunia Basket menyisakan satu pilihan, yakni dengan sistem kerja sama antarbeberapa negara di suatu kawasan tertentu.

© media.philstar
Suporter Timnas Basket Filipina. Copyright: media.philstarSuporter Timnas Basket Filipina.

Indonesia berpeluang tampil sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia Basket 2023, bekerja sama dengan Jepang dan Filipina sebagai wakil dari Asia. Sementara pesaingnya datang dari Amerika Selatan, dengan Argentina dan Uruguay sebagai tuan rumah.

Hal tersebut akan ditentukan langsung oleh Federasi Bola Basket Dunia (FIBA) dalam menentukan negara mana yang akan dipercaya sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023.