Kapten Timnas Basket Indonesia Sebut Kekalahan dari India Memberikan Pelajaran Penting

Sabtu, 10 Februari 2018 02:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Test Event Asian Games Cabor Basket Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Test Event Asian Games Cabor Basket

Kapten Timnas basket putra Indonesia, Christian Ronaldo Sitepu, mengakui jika ia dan rekan-rekannya kalah kelas usai ditekuk India pada ajang test event di Hall Basket, Senayan, Jakarta, Jumat (09/02/18). Meski telah berjuang keras, Indonesia kalah dengan skor 55-66. Hasil itu dinilai menjadi pelajaran penting bagi para pemain sebagai persiapan menuju Asian Games 2018.

"Kita main ada role-nya masing-masing, cuma pada akhirnya kita kalah dan sekarang teman-teman harus fokus gimana caranya bisa bangkit.  Ini pelajaran untuk kita terutama untuk para pemain baru," ucap pemain yang juga dipercaya sebagai kapten tim.

Sama halnya dengan pelatih Fictor Roring, Ronaldo menilai persiapan yang mepet menjadi salah satu alasan pemain tidak bisa tampil maksimal. Meski demikian, kekalahan dari India setidaknya meninggalkan kesan bahwa Indonesia harus lebih banyak belajar dan berbenah apalagi Asian Games tinggal hitungan beberapa bulan ke depan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pebasket Nasional, Cristiano Ronaldo Sitepu. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPebasket Nasional, Cristiano Ronaldo Sitepu.

"Persiapannya pasti harus lebih matang dan kami akan memberikan yang terbaik. Kesempatan bertanding dengan lawan yang levelnya di atas cukup jarang, jadi ini sangat berharga buat para pemain. Kemudian untuk kebutuhan tim, saya ras penting juga ada naturalisasi," urainya.

Meski kalah, harapan Indonesia untuk tampil di partai final masih terbuka. Akan tetapi, dan kawan-kawan harus menang pada laga melawan Thailand, Sabtu (10/02/18). Hal itu juga dinilai tidak akan mudah, pasalnya tim Negeri Gajah Putih kerap memberikan perlawanan ngotot saat bertemu Skuat Merah Putih seperti hanya pada SEA Games 2017 lalu.