Heboh! Laga Filipina vs Australia Dinodai dengan Tawuran antar Pemain

Selasa, 3 Juli 2018 15:58 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Laga basket Filipina vs Australia di Kualifikasi FIBA 2019 dinodai dengan kericuhan. Copyright: © Getty Images
Laga basket Filipina vs Australia di Kualifikasi FIBA 2019 dinodai dengan kericuhan.

Kericuhan terjadi dalam pertandingan antara Australia melawan Filipina di ajang kualifikasi Piala Dunia Basket 2019 zona Asia yang berlangsung pada Senin (02/07/18) di Manila, Filipina.

Kejadian tersebut bermula saat waktu menyisakan 4 menit di kuarter ketiga. Saat itu pemain Australia, Chris Goulding harus terjatuh setelah disikut oleh salah satu pemain Filipina, Roger Roy-Pogoy.

Mengetahui temannya dijatuhkan, pemain Australia yang merasa kesal, mendorong Roger dan sesaat setelah itu langsung pecahlah keributan yang melibatkan semua pemain hingga ofisial kedua tim.

Seperti yang dilansir BBC, akibat hal itu, 9 pemain Filipina diusir dari lapangan dan hanya tiga pemain yang diperbolehkan untuk menyelesaikan pertandingan. Sementara dari kubu Australia, ada 4 pemain yang harus dikeluarkan dari pertandingan.

Kepala eksekutif Asosiasi Bola Basket Australia, Anthony Moore mengatakan sangat menyayangkan apa yang terjadi pada pertandingan itu.

"Basketball Australia sangat menyesalkan insiden dalam pertandingan malam ini antara Boomers (julukan Australia) dan Filipina di Manila. Kami sangat kecewa dengan apa yang terjadi dan peran kami di dalamnya," ungkap Moore.

"Ini bukanlah semangat di mana olahraga yang seharusnya dimainkan dan tentu saja bukan semangat di mana kami bertujuan untuk bermain bola basket. Kami meminta maaf kepada fans kami dan akan menunggu hukuman yang harus dijatuhkan," tambahnya.

Pertandingan itu sendiri akhirnya selesai dengan kemenangan milik Australia atas Filipina dengan skor 89-53.

Hasil tersebut membuat Australia kokoh berada di puncak Grup B kualifikasi Piala Dunia Basket 2019 zona Asia. Sementara Filipina menempati posisi kedua di grup yang sama.

Penulis: Dimas Ramadhan

Jadwal Pertandingan Babak 16 besar Piala Dunia 2018 Hari Ini, Selasa (03/07/18) dan Rabu (04/07/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA