Tim Filipina Mundur dari Asian Games 2018, Ini Tanggapan Bintang Basket Indonesia

Kamis, 2 Agustus 2018 22:01 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dimas Ramadhan/INDOSPORT
Kevin Yonas Sitorus dalam sesi latihan Timnas Basket jelang Asian Games 2018. Copyright: © Dimas Ramadhan/INDOSPORT
Kevin Yonas Sitorus dalam sesi latihan Timnas Basket jelang Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Tim basket Filipina secara mengejutkan memutuskan untuk mundur dari keikutsertaannya di Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta pada pertengahan Agustus mendatang.

Dengan mundurnya tim basket Filipina dari Asian Games 2018, itu berarti bisa menjadi sedikit keuntungan bagi Indonesia. Tim basket Filipina memang dikenal cukup kuat di kawasan Asia.

Namun nyatanya hal itu tak berpengaruh apapun buat pemain Timnas Basket Indonesia, Kevin Yonas Argadiba Sitorus. Pemain berposisi power forward itu lebih memilih fokus terhadap tim sendiri dibandingkan memikirkan tim lawan.

"Filipina absen di Asian Games gak berpengaruh apa-apa untuk kita, tetapi kita tetap fokus sama tim kita," ujar Kevin Yonas kepada INDOSPORT.

Hal itu ternyata juga diamini oleh sang pelatih, Fictor Roring. Pelatih yang sering dipanggil Coach Ito itu menilai masih ada tim-tim Asia lainnya yang lebih kuat dari Filipina.

"Saya rasa untuk persaingan enggak (berpengaruh), karena di Asian Games masih ada tim kuat seperti Iran, Taiwan, Jepang, Kazakhstan, dan India," tutur Ito.

Tim basket Indonesia memang tidak berada satu grup dengan Filipina. Indonesia berada di Grup A bersama Korea Selatan, Thailand, dan Mongolia, sementara Filipina berada di Grup B bersama Iran, Suriah, dan Uni Emirat Arab.

Untuk itu, Ito menambahkan absennya Filipina tidak sama sekali memberikan keuntungan bagi tim Indonesia. Ito merasa ketidakikutsertaan Filipina tak lebih dari sekadar kehilangan tontonan yang menarik.

"Keuntungan tidak ada karna berbeda grup. Kalaupun babak lanjutan, kemungkinan juga tidak bertemu karena beda seeded."

"Memang buat saya pribadi dengan absennya Filipina, jadi kehilangan tontonan. Karena Filipina itu tim yang menarik untuk ditonton," tutup Ito.

Penulis: Dimas Ramadhan

Pemain Myanmar U-16 Gelar Aksi Sujud ke Hadapan Suporter Indonesia

Terus ikuti berita terbaru tentang sepak bola dan olahraga lain di INDOSPORT