NBA Larang Pemain Cleveland Cavaliers Tampil di Asian Games 2018

Minggu, 12 Agustus 2018 15:08 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Jordan Clarkson, pemain Cleveland Cavaliers yang berdarah Filipina-AS, batal tampil di Asian Games 2018. Copyright: © Getty Images
Jordan Clarkson, pemain Cleveland Cavaliers yang berdarah Filipina-AS, batal tampil di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - NBA tidak memberi izin kepada Jordan Clarkson untuk berpartisipasi di Asian Games 2018, bahkan setelah pria berusia 26 tahun itu dianggap layak oleh pihak penyelenggara.

"Kesepakatan NBA dengan FIBA menetapkan bahwa pemain NBA dapat berpartisipasi dalam Olimpiade, Kejuaraan Dunia FIBA, Piala Kontinental, dan turnamen yang terkait," ujar juru bicara NBA Tim Frank dalam sebuah pernyataan.

"Asian Games tidak termasuk dalam kompetisi yang saya sebutkan di atas, sehingga pemain NBA tidak dapat berpartisipasi. Sesuai dengan perjanjian NBA dengan FIBA, Jordan dipersilakan untuk mewakili Filipina dalam kompetisi yang telah disepakati," tambahnya.

Dikutip dari ABS-CBN, Clarkson sebenarnya telah masuk dalam komposisi 12 pemain yang diatur oleh sang pelatih, Yeng Guiao untuk bertanding di Asian Games 2018.

Pemain Cleveland Cavaliers ini telah memenuhi syarat yang ditentukan Komite Penyelenggaraan Asian Games Indonesia dan Dewan Olimpiade Asia untuk berpartisipasi dalam pesta olahraga yang digelar empat tahun sekali itu.

Cavaliers sudah memberi lampu hijau pada Clarkson. Seperti diberitakan Rappler Filipina, Cavaliers takkan menghalangi keinginan Clarkson main di Asian Games 2018.

Di samping itu, Presiden Asosiasi Bola Basket Filipina (SBP) Al Panlilio sangat ingin Clarkson bisa membela negaranya di ajang multi event tersebut. SBP telah mengurus izin dari NBA.

"Kami bekerja sangat keras untuk bisa membawanya tapi bintang-bintang harus bersekutu - dia harus memenuhi syarat, NBA mengizinkan dan kami mencapai kesepakatan dengannya," ujar Presiden SBP Al Panlilio.

Sayangnya, tanpa izin NBA, Clarkson tak dapat berjuang untuk Filipina di Asian Games 2018.

Jadwal Timnas Indonesia di Asian Games 2018

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 dan Lainnya Hanya di INDOSPORT.